|
| perbedaan 90cc ama 100 | |
| | Pengirim | Message |
---|
ibnoe scooter ijo Bikers
Jumlah posting : 62 Age : 36 Localisation : jogja Registration date : 30.03.10
| Subyek: perbedaan 90cc ama 100 Mon 12 Jul 2010 - 10:55 | |
| apa aja perbedaan 90cc ama 100cc. ciri cirinya gimana selain dari stnk. kalo mau di modif buat toring/jalan jauh enakan yang mana,trus apa aja yang perlu dirubah dari sisi mesinnya. | |
| | | ridobrown Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2490 Age : 52 Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com Registration date : 03.07.07
| Subyek: Re: perbedaan 90cc ama 100 Tue 13 Jul 2010 - 9:49 | |
| - ibnoe scooter ijo wrote:
- apa aja perbedaan 90cc ama 100cc.
ciri cirinya gimana selain dari stnk. kalo mau di modif buat toring/jalan jauh enakan yang mana,trus apa aja yang perlu dirubah dari sisi mesinnya. itu bisa di lihat di scooterhelp.com | |
| | | toea_gila Vespa Raiders
Jumlah posting : 315 Registration date : 13.07.07
| Subyek: Re: perbedaan 90cc ama 100 Tue 13 Jul 2010 - 19:14 | |
| wah.. klo masalah vespa yang PTS gua nggak tau persis, tapi teorinya (semua motor) sama.
cc itu dilihat dari volume cylindernya (satuannya adalah centimeter cubic).
Volume silinder adalah volume ruang dari ruang bakar mesin yang dihitung saat piston berada di TMB (titik mati bawah, piston mentok dibawah) sampai posisi TMA (titik mati atas, piston mentok diatas). Jadi yang dihitung adalah volume pergerakkan piston dari TMB ke TMA. Sedangkan volume ruang di atas piston saat di posisi TMA disebut volume ruang bakar atau combustion chamber.
Volume silinder biasa disimbolkan dengan V2,
V2 = 0,785 x D x D x S x n.
Dimana : V2 : volume silinder (cc ato cm3) D : diameter silinder atau piston (cm) S : panjang langkah piston (cm) ato jarak antara TMA ke TMB. n : jumlah silinder.
Oke, kalau udah tahu rumus nya, kita bahas masing2 variable... •0,785 adalah konstanta, sebenarnya didapat dari penyederhanaan rumus phi/4. Karena rumus volume silinder sama dengan rumus volume tabung. •D adalah bore atau diameter dari silinder dalam yang diukur dengan alat bore gauge (atau pake' jangka sorong/ mistar geser jika tak memiliki bore gauge) atau juga diameter piston dengan micro meter. •S adalah stroke atau panjang langkah piston adalah jarak antara TMA sampai TMB. •n adalah banyak nya silinder. Contoh: mesin CBR 1000cc 4silinder, berarti n=4. Mesin Yamaha Scorpio 225cc 1silinder, n=1.
Nah, jika sudah memahami variable rumus diatas, kita coba menghitung volume silinder. Coba lihat data atau spesifikasi teknis mesin yang ada di brosur penjualan motor atau mobil. Biasanya tertulis bore x stroke = 50 x 49,5mm (Honda supra fit satu silinder). Maka, rubah satuan mm menjadi cm.
D = 50mm= 5cm, S = 49,5mm= 4,95cm.
Maka, volume silinder V = 0,785 x 5 x 5 x 4,95 x 1 V = 97,14375 cc.
Contoh lain, mesin Honda Blade D = 50mm, S = 55,2 mm Maka, volume silinder V = 0,785 x 5 x 5 x 5,52 V = 108,3 cc (sumber rumus : http://racingtechnology.blogspot.com/2009/05/menghitung-volume-silinder.html)
nah.. klo vespa.. ya.. tinggal kita search lewat situs yang udah dikasih ama brother diatas gua.
kalo buat touring tentu lebih enak dengan CC yang besar, kenapa...? karena : 1. Mesin lebih lama panasnya 2. tenaga lumayan | |
| | | ino.ss90 Bikers
Jumlah posting : 140 Age : 45 Localisation : bekasi-barat Registration date : 09.11.09
| Subyek: Re: perbedaan 90cc ama 100 Tue 13 Jul 2010 - 21:14 | |
| | |
| | | ibnoe scooter ijo Bikers
Jumlah posting : 62 Age : 36 Localisation : jogja Registration date : 30.03.10
| Subyek: Re: perbedaan 90cc ama 100 Wed 14 Jul 2010 - 11:41 | |
| - toea_gila wrote:
- wah.. klo masalah vespa yang PTS gua nggak tau persis, tapi teorinya (semua motor) sama.
cc itu dilihat dari volume cylindernya (satuannya adalah centimeter cubic).
Volume silinder adalah volume ruang dari ruang bakar mesin yang dihitung saat piston berada di TMB (titik mati bawah, piston mentok dibawah) sampai posisi TMA (titik mati atas, piston mentok diatas). Jadi yang dihitung adalah volume pergerakkan piston dari TMB ke TMA. Sedangkan volume ruang di atas piston saat di posisi TMA disebut volume ruang bakar atau combustion chamber.
Volume silinder biasa disimbolkan dengan V2,
V2 = 0,785 x D x D x S x n.
Dimana : V2 : volume silinder (cc ato cm3) D : diameter silinder atau piston (cm) S : panjang langkah piston (cm) ato jarak antara TMA ke TMB. n : jumlah silinder.
Oke, kalau udah tahu rumus nya, kita bahas masing2 variable... •0,785 adalah konstanta, sebenarnya didapat dari penyederhanaan rumus phi/4. Karena rumus volume silinder sama dengan rumus volume tabung. •D adalah bore atau diameter dari silinder dalam yang diukur dengan alat bore gauge (atau pake' jangka sorong/ mistar geser jika tak memiliki bore gauge) atau juga diameter piston dengan micro meter. •S adalah stroke atau panjang langkah piston adalah jarak antara TMA sampai TMB. •n adalah banyak nya silinder. Contoh: mesin CBR 1000cc 4silinder, berarti n=4. Mesin Yamaha Scorpio 225cc 1silinder, n=1.
Nah, jika sudah memahami variable rumus diatas, kita coba menghitung volume silinder. Coba lihat data atau spesifikasi teknis mesin yang ada di brosur penjualan motor atau mobil. Biasanya tertulis bore x stroke = 50 x 49,5mm (Honda supra fit satu silinder). Maka, rubah satuan mm menjadi cm.
D = 50mm= 5cm, S = 49,5mm= 4,95cm.
Maka, volume silinder V = 0,785 x 5 x 5 x 4,95 x 1 V = 97,14375 cc.
Contoh lain, mesin Honda Blade D = 50mm, S = 55,2 mm Maka, volume silinder V = 0,785 x 5 x 5 x 5,52 V = 108,3 cc (sumber rumus : http://racingtechnology.blogspot.com/2009/05/menghitung-volume-silinder.html)
nah.. klo vespa.. ya.. tinggal kita search lewat situs yang udah dikasih ama brother diatas gua.
kalo buat touring tentu lebih enak dengan CC yang besar, kenapa...? karena : 1. Mesin lebih lama panasnya 2. tenaga lumayan makasih bos... atas infonya... | |
| | | Sponsored content
| Subyek: Re: perbedaan 90cc ama 100 | |
| |
| | | | perbedaan 90cc ama 100 | |
|
Similar topics | |
|
| Permissions in this forum: | Anda tidak dapat menjawab topik
| |
| |
| |