Forum Ikatan Vespa Indonesia
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  Latest imagesLatest images  PendaftaranPendaftaran  Login  

 

 Busi lagi broo..

Go down 
+12
fahmi p150 sera
h3liax
telor_asin
fauzi
koenig blues
Nurdin R
Vinic & Vespa
marcel
Arifsugie08
tony prasetyo
thetopan
ashari_Scott.
16 posters
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
ashari_Scott.
Vespa Team Junior
ashari_Scott.


Jumlah posting : 597
Age : 74
Registration date : 13.10.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptyTue 11 Jan 2011 - 17:30

ass.wr.wb
ashari disini mau nnya nie....
gampang aja ...
"YANG MEMNYEBABKAN BUSI SERING MATI APA SAJA YAA"
makasih broo ... di tunggu sharing.a

(serius)
Kembali Ke Atas Go down
thetopan
Vespa Team Junior
thetopan


Jumlah posting : 604
Age : 44
Localisation : Bandung - Jakarta - Padang - Yogyakarta
Registration date : 02.11.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptyTue 11 Jan 2011 - 22:20

busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.

Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor ente kurang sempurna?

Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:

1. Karburator
Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco. Tapi karena karburator masih baru (karena sudah diganti) maka bisa jadi penyebabnya bukan bagian komponen ini. Coba periksa bagian yang lain.

2. Pengapian
Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? Kalau timing rasanya tidak berubah karena CDI masih original.

3. Kompresi
Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun dari spek normal bisa disebabkan karena ring piston lemah atau klep bocor.

4. Filter udara kotor
Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.

Semoga membantu
Kembali Ke Atas Go down
tony prasetyo
Bikers



Jumlah posting : 89
Localisation : Pakujaya-Tangerang
Registration date : 28.12.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptyWed 12 Jan 2011 - 0:14

thetopan wrote:
busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.

Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor ente kurang sempurna?

Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:

1. Karburator
Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco. Tapi karena karburator masih baru (karena sudah diganti) maka bisa jadi penyebabnya bukan bagian komponen ini. Coba periksa bagian yang lain.

2. Pengapian
Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? Kalau timing rasanya tidak berubah karena CDI masih original.

3. Kompresi
Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun dari spek normal bisa disebabkan karena ring piston lemah atau klep bocor.

4. Filter udara kotor
Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.

Semoga membantu

Ijin menyimak.....







" Kabut Salju....(kendaraan butut asal maju) "
Kembali Ke Atas Go down
Arifsugie08
Vespa Team Deluxe
Arifsugie08


Jumlah posting : 1279
Age : 37
Localisation : Tebet, kadang di jogja
Registration date : 12.01.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySat 15 Jan 2011 - 0:37

kok busi mati sih? kalo menurut anda busi udah mati jangan dibuang ya, asal keramiknya belum di pecahin kasih ke saya saja. lumayan buat serep.OK
Kembali Ke Atas Go down
marcel
Bikers
marcel


Jumlah posting : 90
Registration date : 10.12.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySat 15 Jan 2011 - 7:55

Arifsugie08 wrote:
kok busi mati sih? kalo menurut anda busi udah mati jangan dibuang ya, asal keramiknya belum di pecahin kasih ke saya saja. lumayan buat serep.OK

setuju dgn bro Arif

selama busi tidak "putus" kalo diukur dgn (multi) tester maka busi tsb blum mati
Kembali Ke Atas Go down
thetopan
Vespa Team Junior
thetopan


Jumlah posting : 604
Age : 44
Localisation : Bandung - Jakarta - Padang - Yogyakarta
Registration date : 02.11.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySat 15 Jan 2011 - 8:21

Arifsugie08 wrote:
kok busi mati sih? kalo menurut anda busi udah mati jangan dibuang ya, asal keramiknya belum di pecahin kasih ke saya saja. lumayan buat serep.OK

saya juga setuju kalo busi gak bisa mati,

hanya saja penggunaan kata "mati" secara umum sebenarnya adalah menggambarkan busi sudah tidak mampu memberikan percikan api pada ruang bakar,

sehingga mesin tidak bisa jalan, hal itu disebabkan adanya kotoran yang melekat di sekitar isolator elektroda tengah,

dan menyebabkan api langsung ke massa tanpa menimbulkan percikan api.

padahal solusinya tinggal membersihkan kotoran yang melekat di sekitar isolator elektroda tengah.

Jadi sebaiknya kata "Busi mati" diganti dengan "Busi Pingsan"




marcel wrote:

setuju dgn bro Arif

selama busi tidak "putus" kalo diukur dgn (multi) tester maka busi tsb blum mati

berarti kalo kalo diukur dgn (multi) tester "putus" anda anggap busi "sudah" mati ?

Kembali Ke Atas Go down
Vinic & Vespa
Vespa Team GOLD
Vinic & Vespa


Jumlah posting : 5937
Localisation : old trafford
Registration date : 28.06.08

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySat 15 Jan 2011 - 9:21

busi itu gak ada matinya, yang ada harus beli baru .. afro afro lol! lol!
Kembali Ke Atas Go down
Nurdin R
Vespa Team Deluxe
Nurdin R


Jumlah posting : 1188
Age : 42
Localisation : Malang - Jawa Timur
Registration date : 09.01.09

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySat 15 Jan 2011 - 9:40

Question Question confused Sleep
Kembali Ke Atas Go down
Vinic & Vespa
Vespa Team GOLD
Vinic & Vespa


Jumlah posting : 5937
Localisation : old trafford
Registration date : 28.06.08

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySat 15 Jan 2011 - 10:00

Nurdin R wrote:
Question Question confused Sleep
masih pagi dah begini, makan gaji buta neh
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySat 15 Jan 2011 - 12:07

selain kualitas bahan bakar dan proses pembakaran serta pengapian yang kurang bagus penyebab utama busi sering mati adalah cara bawa pengendara Sad karena kebiasaan memutar-mutar gas kala terjebak di kemacetan atau menaikkan dan menurunkan gas tiba-tiba bisa menimbulkan kerak di busi dan silinder head anda

biasakan menjaga irama mesin konstan untuk jeda yang lumayan lama pada jalan kosong yang lumayan panjang (dengan kecepatan sekitar 50km/jam) bila ada detonasi maka cobalah isi seliter pertamax ke dalam tangki anda yang isinya sudah sedikit lalu coba membawa vespa anda dengan irama konstan 50-60km/jam biasanya inilah cara yang saya pakai untuk membersihkan busi juga kerak knalpot dan memancing kinerja busi saya kembali normal Wink
Kembali Ke Atas Go down
fauzi
Bikers
fauzi


Jumlah posting : 114
Age : 33
Registration date : 04.06.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySat 15 Jan 2011 - 12:30

biasanya saya hanya membersihkan busi setiap mau berpergian,,, jika sudah ada kerak menempel di busi saya menyikat busi tersebut dengan sikat kawat... Smile Smile Smile
Kembali Ke Atas Go down
marcel
Bikers
marcel


Jumlah posting : 90
Registration date : 10.12.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySat 15 Jan 2011 - 13:17

[quote="thetopan"]
Arifsugie08 wrote:
elektroda tengah.

berarti kalo kalo diukur dgn (multi) tester "putus" anda anggap busi "sudah" mati ?


ya.
yg umum terjadi adalah sebelum putus adalah performa busi sdh menurun.
Kembali Ke Atas Go down
marcel
Bikers
marcel


Jumlah posting : 90
Registration date : 10.12.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySat 15 Jan 2011 - 13:22

fauzi wrote:
biasanya saya hanya membersihkan busi setiap mau berpergian,,, jika sudah ada kerak menempel di busi saya menyikat busi tersebut dengan sikat kawat... Smile Smile Smile

sebenarnya busi mempunyai kemampuan self-cleaning
(dgn pemakaian spek busi yg tepat dan ratio udara-BBM yg tepat).
hanya saja utk mesin 2tak, cenderung lebih banyak timbunan kerak dibanding mesin 4tak
Kembali Ke Atas Go down
fauzi
Bikers
fauzi


Jumlah posting : 114
Age : 33
Registration date : 04.06.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySat 15 Jan 2011 - 13:35

marcel wrote:
fauzi wrote:
biasanya saya hanya membersihkan busi setiap mau berpergian,,, jika sudah ada kerak menempel di busi saya menyikat busi tersebut dengan sikat kawat... Smile Smile Smile

sebenarnya busi mempunyai kemampuan self-cleaning
(dgn pemakaian spek busi yg tepat dan ratio udara-BBM yg tepat).
hanya saja utk mesin 2tak, cenderung lebih banyak timbunan kerak dibanding mesin 4tak

ooohhh begitu yaa...

utk perawatan busi saya menggunakan cara seperti itu ,, dan masa pakai busi saya pun terhitung cukup lama..
Kembali Ke Atas Go down
telor_asin
Bikers
telor_asin


Jumlah posting : 133
Registration date : 30.04.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptyMon 17 Jan 2011 - 16:39

Ada pengaruhnya g pala busi/kramik patah...
Kembali Ke Atas Go down
marcel
Bikers
marcel


Jumlah posting : 90
Registration date : 10.12.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptyMon 17 Jan 2011 - 18:51

telor_asin wrote:
Ada pengaruhnya g pala busi/kramik patah...

dr pengalaman sy, 99.99 % berpengaruh Laughing
Kembali Ke Atas Go down
h3liax
Bikers
h3liax


Jumlah posting : 106
Age : 47
Localisation : Kembangan,Jakarta Barat
Registration date : 03.12.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptyTue 18 Jan 2011 - 2:32

koenig blues wrote:
selain kualitas bahan bakar dan proses pembakaran serta pengapian yang kurang bagus penyebab utama busi sering mati adalah cara bawa pengendara Sad karena kebiasaan memutar-mutar gas kala terjebak di kemacetan atau menaikkan dan menurunkan gas tiba-tiba bisa menimbulkan kerak di busi dan silinder head anda

biasakan menjaga irama mesin konstan untuk jeda yang lumayan lama pada jalan kosong yang lumayan panjang (dengan kecepatan sekitar 50km/jam) bila ada detonasi maka cobalah isi seliter pertamax ke dalam tangki anda yang isinya sudah sedikit lalu coba membawa vespa anda dengan irama konstan 50-60km/jam biasanya inilah cara yang saya pakai untuk membersihkan busi juga kerak knalpot dan memancing kinerja busi saya kembali normal Wink

study

Izin menyimaxs ... Rolling Eyes
Kembali Ke Atas Go down
telor_asin
Bikers
telor_asin


Jumlah posting : 133
Registration date : 30.04.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySat 22 Jan 2011 - 7:56

Sedulurku semua...pernah saya baca..baik busi baru atau lama akan lebih awet kalau digodok dulu,ini benar atau tidak?
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior
ashari_Scott.


Jumlah posting : 597
Age : 74
Registration date : 13.10.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySun 23 Jan 2011 - 9:52

busi awet apabila tegangan listrik stabil dan bunga api lemah...
saya pernah mengodok busi... hasu percuma aja busi awet hanya 50km aja
lebih baik busi beli baru trus sebelum di pasang ratain antara cungkil.a dengan tiang tengah.a
Kembali Ke Atas Go down
fahmi p150 sera
Pemula
fahmi p150 sera


Jumlah posting : 23
Localisation : cibinong
Registration date : 06.11.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptySun 23 Jan 2011 - 10:05

memang dalam ilmu perbengkelan tidak ada cara merebus/menggodok busi , tetapi saya juga pernah mencobanya , busi lama dan busi baru saya godok sampai air hampir habis. alhmdulillah sekitar hmpir 1 thun saya tidak pernah mengganti busi . hanya dengan rajin memebersihkannya . untuk pemakaian jarak jauh , bersihkan busi 3 hari sekali dan untuk pemakaian jarak dekat sampai sedang bersihkan busi 1 minggu sekali . dan catatan jangan tunggu sampai busi mati , da jangan mncuci busi dalam keadaan panas karena akan memperpendek umur busi
sumber : membaca salah satu artikel
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior
ashari_Scott.


Jumlah posting : 597
Age : 74
Registration date : 13.10.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptyMon 24 Jan 2011 - 7:14

ashari_Scott. wrote:
busi awet apabila tegangan listrik stabil dan bunga api besar...
saya pernah mengodok busi... hasu percuma aja busi awet hanya 50km aja
lebih baik busi beli baru trus sebelum di pasang ratain antara cungkil.a dengan tiang tengah.a,
dan jangan mengamplas busi...

Kembali Ke Atas Go down
marcel
Bikers
marcel


Jumlah posting : 90
Registration date : 10.12.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptyMon 24 Jan 2011 - 19:38

ashari_Scott. wrote:
busi awet apabila tegangan listrik stabil dan bunga api lemah...
saya pernah mengodok busi... hasu percuma aja busi awet hanya 50km aja
lebih baik busi beli baru trus sebelum di pasang ratain antara cungkil.a dengan tiang tengah.a

dulu pernah mencoba metode ini (bukan di vespa)
hasilnya hanya enak buat di RPM tinggi Embarassed

Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior
ashari_Scott.


Jumlah posting : 597
Age : 74
Registration date : 13.10.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptyTue 25 Jan 2011 - 6:35

marcel wrote:
ashari_Scott. wrote:
busi awet apabila tegangan listrik stabil dan bunga api lemah...
saya pernah mengodok busi... hasu percuma aja busi awet hanya 50km aja
lebih baik busi beli baru trus sebelum di pasang ratain antara cungkil.a dengan tiang tengah.a

dulu pernah mencoba metode ini (bukan di vespa)
hasilnya hanya enak buat di RPM tinggi Embarassed

maka dari itu.. cukup di ratakan saja ,bukan di otak atik kerengganganya
Basketball Basketball Basketball ... terbukti busi saya awet
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior
ashari_Scott.


Jumlah posting : 597
Age : 74
Registration date : 13.10.10

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptyTue 25 Jan 2011 - 6:36

fahmi p150 sera wrote:
memang dalam ilmu perbengkelan tidak ada cara merebus/menggodok busi , tetapi saya juga pernah mencobanya , busi lama dan busi baru saya godok sampai air hampir habis. alhmdulillah sekitar hmpir 1 thun saya tidak pernah mengganti busi . hanya dengan rajin memebersihkannya . untuk pemakaian jarak jauh , bersihkan busi 3 hari sekali dan untuk pemakaian jarak dekat sampai sedang bersihkan busi 1 minggu sekali . dan catatan jangan tunggu sampai busi mati , da jangan mncuci busi dalam keadaan panas karena akan memperpendek umur busi
sumber : membaca salah satu artikel
terlalu sering membuka busi dari head.. apalagi 3hari sekali .. ada kemungkinan besar . drat head cepat aus...
Kembali Ke Atas Go down
KB 6058 A
Pemula
KB 6058 A


Jumlah posting : 39
Registration date : 06.11.08

Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. EmptyTue 25 Jan 2011 - 9:05

he..he..sama ky punyaku,busi cpt mati, stelan karbu jg ga bs ramsang ato stabil..
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





Busi lagi broo.. Empty
PostSubyek: Re: Busi lagi broo..   Busi lagi broo.. Empty

Kembali Ke Atas Go down
 
Busi lagi broo..
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» ban blkang ogut miring
» Please... Tolong Info Alamat Bengkel di Salatiga
» [ASK] seputar busi
» koil dan busi yang bgs
» SHARE OLI & BUSI

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia :: Otomotif :: Mesin-
Navigasi: