| Busi lagi broo.. | |
|
+12fahmi p150 sera h3liax telor_asin fauzi koenig blues Nurdin R Vinic & Vespa marcel Arifsugie08 tony prasetyo thetopan ashari_Scott. 16 posters |
|
Pengirim | Message |
---|
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| Subyek: Busi lagi broo.. Tue 11 Jan 2011 - 17:30 | |
| ass.wr.wb ashari disini mau nnya nie.... gampang aja ... "YANG MEMNYEBABKAN BUSI SERING MATI APA SAJA YAA" makasih broo ... di tunggu sharing.a
(serius) | |
|
| |
thetopan Vespa Team Junior
Jumlah posting : 604 Age : 44 Localisation : Bandung - Jakarta - Padang - Yogyakarta Registration date : 02.11.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Tue 11 Jan 2011 - 22:20 | |
| busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.
Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor ente kurang sempurna?
Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:
1. Karburator Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco. Tapi karena karburator masih baru (karena sudah diganti) maka bisa jadi penyebabnya bukan bagian komponen ini. Coba periksa bagian yang lain.
2. Pengapian Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? Kalau timing rasanya tidak berubah karena CDI masih original.
3. Kompresi Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun dari spek normal bisa disebabkan karena ring piston lemah atau klep bocor.
4. Filter udara kotor Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.
Semoga membantu | |
|
| |
tony prasetyo Bikers
Jumlah posting : 89 Localisation : Pakujaya-Tangerang Registration date : 28.12.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Wed 12 Jan 2011 - 0:14 | |
| - thetopan wrote:
- busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.
Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor ente kurang sempurna?
Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:
1. Karburator Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco. Tapi karena karburator masih baru (karena sudah diganti) maka bisa jadi penyebabnya bukan bagian komponen ini. Coba periksa bagian yang lain.
2. Pengapian Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? Kalau timing rasanya tidak berubah karena CDI masih original.
3. Kompresi Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun dari spek normal bisa disebabkan karena ring piston lemah atau klep bocor.
4. Filter udara kotor Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.
Semoga membantu Ijin menyimak....." Kabut Salju....(kendaraan butut asal maju) " | |
|
| |
Arifsugie08 Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1279 Age : 37 Localisation : Tebet, kadang di jogja Registration date : 12.01.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sat 15 Jan 2011 - 0:37 | |
| kok busi mati sih? kalo menurut anda busi udah mati jangan dibuang ya, asal keramiknya belum di pecahin kasih ke saya saja. lumayan buat serep.OK | |
|
| |
marcel Bikers
Jumlah posting : 90 Registration date : 10.12.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sat 15 Jan 2011 - 7:55 | |
| - Arifsugie08 wrote:
- kok busi mati sih? kalo menurut anda busi udah mati jangan dibuang ya, asal keramiknya belum di pecahin kasih ke saya saja. lumayan buat serep.OK
setuju dgn bro Arif selama busi tidak "putus" kalo diukur dgn (multi) tester maka busi tsb blum mati | |
|
| |
thetopan Vespa Team Junior
Jumlah posting : 604 Age : 44 Localisation : Bandung - Jakarta - Padang - Yogyakarta Registration date : 02.11.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sat 15 Jan 2011 - 8:21 | |
| - Arifsugie08 wrote:
- kok busi mati sih? kalo menurut anda busi udah mati jangan dibuang ya, asal keramiknya belum di pecahin kasih ke saya saja. lumayan buat serep.OK
saya juga setuju kalo busi gak bisa mati,
hanya saja penggunaan kata "mati" secara umum sebenarnya adalah menggambarkan busi sudah tidak mampu memberikan percikan api pada ruang bakar,
sehingga mesin tidak bisa jalan, hal itu disebabkan adanya kotoran yang melekat di sekitar isolator elektroda tengah,
dan menyebabkan api langsung ke massa tanpa menimbulkan percikan api.
padahal solusinya tinggal membersihkan kotoran yang melekat di sekitar isolator elektroda tengah.
Jadi sebaiknya kata "Busi mati" diganti dengan "Busi Pingsan"
- marcel wrote:
setuju dgn bro Arif
selama busi tidak "putus" kalo diukur dgn (multi) tester maka busi tsb blum mati
berarti kalo kalo diukur dgn (multi) tester "putus" anda anggap busi "sudah" mati ?
| |
|
| |
Vinic & Vespa Vespa Team GOLD
Jumlah posting : 5937 Localisation : old trafford Registration date : 28.06.08
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sat 15 Jan 2011 - 9:21 | |
| | |
|
| |
Nurdin R Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1188 Age : 42 Localisation : Malang - Jawa Timur Registration date : 09.01.09
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sat 15 Jan 2011 - 9:40 | |
| | |
|
| |
Vinic & Vespa Vespa Team GOLD
Jumlah posting : 5937 Localisation : old trafford Registration date : 28.06.08
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sat 15 Jan 2011 - 10:00 | |
| | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sat 15 Jan 2011 - 12:07 | |
| selain kualitas bahan bakar dan proses pembakaran serta pengapian yang kurang bagus penyebab utama busi sering mati adalah cara bawa pengendara karena kebiasaan memutar-mutar gas kala terjebak di kemacetan atau menaikkan dan menurunkan gas tiba-tiba bisa menimbulkan kerak di busi dan silinder head anda biasakan menjaga irama mesin konstan untuk jeda yang lumayan lama pada jalan kosong yang lumayan panjang (dengan kecepatan sekitar 50km/jam) bila ada detonasi maka cobalah isi seliter pertamax ke dalam tangki anda yang isinya sudah sedikit lalu coba membawa vespa anda dengan irama konstan 50-60km/jam biasanya inilah cara yang saya pakai untuk membersihkan busi juga kerak knalpot dan memancing kinerja busi saya kembali normal | |
|
| |
fauzi Bikers
Jumlah posting : 114 Age : 33 Registration date : 04.06.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sat 15 Jan 2011 - 12:30 | |
| | |
|
| |
marcel Bikers
Jumlah posting : 90 Registration date : 10.12.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sat 15 Jan 2011 - 13:17 | |
| [quote="thetopan"] - Arifsugie08 wrote:
- elektroda tengah.
berarti kalo kalo diukur dgn (multi) tester "putus" anda anggap busi "sudah" mati ?
ya. yg umum terjadi adalah sebelum putus adalah performa busi sdh menurun. | |
|
| |
marcel Bikers
Jumlah posting : 90 Registration date : 10.12.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sat 15 Jan 2011 - 13:22 | |
| - fauzi wrote:
- biasanya saya hanya membersihkan busi setiap mau berpergian,,, jika sudah ada kerak menempel di busi saya menyikat busi tersebut dengan sikat kawat...
sebenarnya busi mempunyai kemampuan self-cleaning (dgn pemakaian spek busi yg tepat dan ratio udara-BBM yg tepat). hanya saja utk mesin 2tak, cenderung lebih banyak timbunan kerak dibanding mesin 4tak | |
|
| |
fauzi Bikers
Jumlah posting : 114 Age : 33 Registration date : 04.06.10
| |
| |
telor_asin Bikers
Jumlah posting : 133 Registration date : 30.04.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Mon 17 Jan 2011 - 16:39 | |
| Ada pengaruhnya g pala busi/kramik patah... | |
|
| |
marcel Bikers
Jumlah posting : 90 Registration date : 10.12.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Mon 17 Jan 2011 - 18:51 | |
| - telor_asin wrote:
- Ada pengaruhnya g pala busi/kramik patah...
dr pengalaman sy, 99.99 % berpengaruh | |
|
| |
h3liax Bikers
Jumlah posting : 106 Age : 47 Localisation : Kembangan,Jakarta Barat Registration date : 03.12.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Tue 18 Jan 2011 - 2:32 | |
| | |
|
| |
telor_asin Bikers
Jumlah posting : 133 Registration date : 30.04.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sat 22 Jan 2011 - 7:56 | |
| Sedulurku semua...pernah saya baca..baik busi baru atau lama akan lebih awet kalau digodok dulu,ini benar atau tidak? | |
|
| |
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sun 23 Jan 2011 - 9:52 | |
| busi awet apabila tegangan listrik stabil dan bunga api lemah... saya pernah mengodok busi... hasu percuma aja busi awet hanya 50km aja lebih baik busi beli baru trus sebelum di pasang ratain antara cungkil.a dengan tiang tengah.a
| |
|
| |
fahmi p150 sera Pemula
Jumlah posting : 23 Localisation : cibinong Registration date : 06.11.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Sun 23 Jan 2011 - 10:05 | |
| memang dalam ilmu perbengkelan tidak ada cara merebus/menggodok busi , tetapi saya juga pernah mencobanya , busi lama dan busi baru saya godok sampai air hampir habis. alhmdulillah sekitar hmpir 1 thun saya tidak pernah mengganti busi . hanya dengan rajin memebersihkannya . untuk pemakaian jarak jauh , bersihkan busi 3 hari sekali dan untuk pemakaian jarak dekat sampai sedang bersihkan busi 1 minggu sekali . dan catatan jangan tunggu sampai busi mati , da jangan mncuci busi dalam keadaan panas karena akan memperpendek umur busi sumber : membaca salah satu artikel | |
|
| |
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Mon 24 Jan 2011 - 7:14 | |
| - ashari_Scott. wrote:
- busi awet apabila tegangan listrik stabil dan bunga api besar...
saya pernah mengodok busi... hasu percuma aja busi awet hanya 50km aja lebih baik busi beli baru trus sebelum di pasang ratain antara cungkil.a dengan tiang tengah.a, dan jangan mengamplas busi...
| |
|
| |
marcel Bikers
Jumlah posting : 90 Registration date : 10.12.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Mon 24 Jan 2011 - 19:38 | |
| - ashari_Scott. wrote:
- busi awet apabila tegangan listrik stabil dan bunga api lemah...
saya pernah mengodok busi... hasu percuma aja busi awet hanya 50km aja lebih baik busi beli baru trus sebelum di pasang ratain antara cungkil.a dengan tiang tengah.a
dulu pernah mencoba metode ini (bukan di vespa) hasilnya hanya enak buat di RPM tinggi | |
|
| |
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Tue 25 Jan 2011 - 6:35 | |
| | |
|
| |
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Tue 25 Jan 2011 - 6:36 | |
| - fahmi p150 sera wrote:
- memang dalam ilmu perbengkelan tidak ada cara merebus/menggodok busi , tetapi saya juga pernah mencobanya , busi lama dan busi baru saya godok sampai air hampir habis. alhmdulillah sekitar hmpir 1 thun saya tidak pernah mengganti busi . hanya dengan rajin memebersihkannya . untuk pemakaian jarak jauh , bersihkan busi 3 hari sekali dan untuk pemakaian jarak dekat sampai sedang bersihkan busi 1 minggu sekali . dan catatan jangan tunggu sampai busi mati , da jangan mncuci busi dalam keadaan panas karena akan memperpendek umur busi
sumber : membaca salah satu artikel terlalu sering membuka busi dari head.. apalagi 3hari sekali .. ada kemungkinan besar . drat head cepat aus... | |
|
| |
KB 6058 A Pemula
Jumlah posting : 39 Registration date : 06.11.08
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. Tue 25 Jan 2011 - 9:05 | |
| he..he..sama ky punyaku,busi cpt mati, stelan karbu jg ga bs ramsang ato stabil..
| |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: Busi lagi broo.. | |
| |
|
| |
| Busi lagi broo.. | |
|