|
| Rekomendasi Terbaik . . . | |
|
+15Nurdin R Ocy boim_bgr fattan tole WAWAN OpaY moa_tampan Vinic & Vespa b4qi tNix aciel & wawa vesfa manggala Sanuya 19 posters | |
Pengirim | Message |
---|
tNix Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2283 Localisation : Sidoarjooooooooooooooooo................. Registration date : 08.04.08
| | | | Ocy Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2336 Localisation : Medan Registration date : 09.08.07
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Sun 30 Nov 2008 - 9:16 | |
| | |
| | | tNix Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2283 Localisation : Sidoarjooooooooooooooooo................. Registration date : 08.04.08
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Sun 30 Nov 2008 - 10:45 | |
| boz coy BOZ gambar diavatar, dapat warisan dari mana ? | |
| | | Ocy Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2336 Localisation : Medan Registration date : 09.08.07
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Sun 30 Nov 2008 - 10:49 | |
| - tNix wrote:
- boz coy BOZ
gambar diavatar, dapat warisan dari mana ? Dari kampung seberang ... Payakumbuh hehehe tapi mesin dah ganti bro | |
| | | tNix Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2283 Localisation : Sidoarjooooooooooooooooo................. Registration date : 08.04.08
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Sun 30 Nov 2008 - 11:23 | |
| - Ocy wrote:
- tNix wrote:
- boz coy BOZ
gambar diavatar, dapat warisan dari mana ? Dari kampung seberang ... Payakumbuh hehehe tapi mesin dah ganti bro mmg mesin orinya mana ? surat2nya ada ? | |
| | | Ocy Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2336 Localisation : Medan Registration date : 09.08.07
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Sun 30 Nov 2008 - 11:28 | |
| - tNix wrote:
- Ocy wrote:
- tNix wrote:
- boz coy BOZ
gambar diavatar, dapat warisan dari mana ? Dari kampung seberang ... Payakumbuh hehehe tapi mesin dah ganti bro mmg mesin orinya mana ? surat2nya ada ? Dipajangkan bro... Surat Kabar hehe | |
| | | tNix Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2283 Localisation : Sidoarjooooooooooooooooo................. Registration date : 08.04.08
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Sun 30 Nov 2008 - 12:39 | |
| halah, kriru kabih............... | |
| | | Sanuya Pemula
Jumlah posting : 18 Age : 38 Registration date : 22.11.08
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Sun 30 Nov 2008 - 12:51 | |
| misi kakak2 senior, numpang nanya takaran oli samping untuk seliter bahan bakar kan sekitar 2% nah, kalo pakai tutup botol oli shell advance sx2, kira2 berapa tutup botol ya? terus, yang lebih pengaruh ke mesin itu oli samping apa oli mesin? trims before | |
| | | tNix Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2283 Localisation : Sidoarjooooooooooooooooo................. Registration date : 08.04.08
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Sun 30 Nov 2008 - 13:07 | |
| - Sanuya wrote:
- misi kakak2 senior, numpang nanya
takaran oli samping untuk seliter bahan bakar kan sekitar 2%
nah, kalo pakai tutup botol oli shell advance sx2, kira2 berapa tutup botol ya?
terus, yang lebih pengaruh ke mesin itu oli samping apa oli mesin?
trims before coba bro sanuya ketoko vespa, tanyakan jual gelas takaran oli samping gak. vespa itu mesin 2 tak mz, bukan 4 tak. kecuali yg baru yang mana oli samping berfungsi melumasi dinding selinder saat bergesekan dengan piston smtr oli mesin berfungsi melumasi permukaan gigi2/metal yg ada didalam mesin saja. berbeda dgn mesin 4 tak, oli mesin selain berfungsi sebagai pelumas gigi2/metal, dia juga berfungsi sebagai pelumas dinding selinder. semoga membantu.............. | |
| | | Sanuya Pemula
Jumlah posting : 18 Age : 38 Registration date : 22.11.08
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Sun 30 Nov 2008 - 13:27 | |
| @tNix o0o, berarti prioritas utama ada di oli samping ya thank's ya kakak senior oh ya, kakak2 ada yang tau alamat bengkel khusus vespa yg bagus di daerah ciputat - pamulang nda? saya takut masuk bengkel vespa "abal-abal",takut diusilin montir bandel | |
| | | Ocy Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2336 Localisation : Medan Registration date : 09.08.07
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Sun 30 Nov 2008 - 16:17 | |
| | |
| | | tNix Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2283 Localisation : Sidoarjooooooooooooooooo................. Registration date : 08.04.08
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Sun 30 Nov 2008 - 21:32 | |
| - Sanuya wrote:
- @tNix
o0o, berarti prioritas utama ada di oli samping ya thank's ya kakak senior
oh ya, kakak2 ada yang tau alamat bengkel khusus vespa yg bagus di daerah ciputat - pamulang nda?
saya takut masuk bengkel vespa "abal-abal",takut diusilin montir bandel bro Sanuya di forum IVI, qt bergabung untuk berbagi pengalaman kok. gak lebih. namanya juga scooterist, saling berbagi dan membantu baiknya, oli mesimpun juga diganti secara periodik klo bengkel, didaerah itu aq gak tau ( mahap, aq dibali ) | |
| | | Sanuya Pemula
Jumlah posting : 18 Age : 38 Registration date : 22.11.08
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Mon 1 Dec 2008 - 6:19 | |
| oli mesin lebih baiknya yang kualitas bagus atau yang interval pergantiannya yang dekat?
maksud saya mendingan oli kualitas baik diganti 1 bulan sekali
atau oli standar diganti 2 minggu sekali, lebih baik yang mana ^^ | |
| | | manggala Bikers
Jumlah posting : 76 Age : 39 Localisation : jakarta pusat Registration date : 13.09.08
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Mon 1 Dec 2008 - 12:26 | |
| Motoplus: Pertamax Vs Premium Pilih Sesuai Kompresi
dikutip dari www.motorplus-online.com
Pertamax Vs Premium
Pilih Sesuai Kompresi Harga Pertamax dan Pertamax Plus melangit. Bagaimana pengguna motor Pertamax. Soalnya, sebelum kenaikan ini banyak lho pengendara pakai Pertamax. Perlu nggak ya… 'turun derajat' nenggak Premium? Apa sih kelebihan dan kekurangannya?Turun pangkat pakai Premium, tenaga pasti berkurang. Wajar, angka oktan keduanya beda. Pertamax dipatok 92-95. Sedang Premium di angka 82. Angka oktan menyatakan kandungan molekul iso oktan di bensin. Molekul ini yang menahan terjadinya ngelitik atau detonasi. Sehingga makin tinggi oktan, kuat terhadap kompresi tinggi. "Kompresi berbanding lurus dengan angka oktan. Kompresi wajib diimbangi oktan tinggi," jelas Colin Latung, konsultan perminyakan dari URS Indonesia. Kesesuaian angka oktan dengan kompresi akan memperkecil kemungkinan terjadi gejala nggelitik
"Kalau tetap memaksakan motor dengan kompresi tinggi menggunakan oktan rendah, piston akan jebol. Biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar," jelas alumnus Lancaster University, Inggris ini.
Artinya, mengubah penggunaan Premium tergantung kompresi motor. Dalam kondisi estede, lihat saja spesifikasi teknis kendaraan yang dibikin pabrikan. Motor 4-tak lokal umumnya punya kompresi kisaran antara 9:1 sampai 9,3:1. Bahkan, motor 4-tak impor seperti Suzuki Satria F150 berkompresi 10,2:1.
"Kalau ingin tidak mengalami detonasi, turunkan kompresi. Ganjal head silinder dengan paking yang lebih tebal," tambah pria beralamat di Jl. Dr. Kusumaatmaja, Jakarta Selatan.
Konsekuensinya, tenaga motor akan melorot. Menurut Colin, tidak masalah. "Ini untuk penggunaan harian bukan balap," tambahnya.
Tapi, bagaimana dengan mengoplos aditif octane booster. "Penambahan itu tidak signifikan. Sebab, kandungan kimia octane seperti Metil Cyclo Pentan Dienyl Manganis Tricarbonil (MMT) tidak akan besar mendongkrak angka oktan," ungkap Colin.
Bagaimana dengan motor 2-tak. Umumnya, perbandingan kompresi lebih rendah. Jadi, pindah pemakaian Pertamax ke Premium nggak masalah. Kebutuhan motor 2-tak terhadap kriteria bahan bakar dianjurkan menggunakan Premium.
Misal, kompresi Kawasaki Ninja-RR 7,2:1. Data Premium beroktan 82-92. "Cukup menyuplai kebutuhan motor berkompresi 7:1-9:1," jelas Freddyanto Basuki, assistant manager service division, PT Kawasaki Motor Indonesia.
Memang, penggunaan Premium perlu diwaspadai. Soalnya, bahan bakar itu belum bebas timbel (luar Jabotabek).
OKTAN INDONESIA LEBIH RENDAH
Angka oktan bensin yang beredar di Indonesia menurut Colin Latung lebih rendah dibanding dengan sejenis di negara lain. Sebab, kita menganut Research Octane Number (RON). Sedangkan di negara lain, misal, Malaysia menganut Pump Octane Number (POM). "Angka POM didapat dari penjumlahan RON dan MON (Motor Octane Number). Hasilnya dibagi dua," jelas Colin.
Dengan demikian, kalau angka RON Pertamax dikonversikan ke POM sudah pasti angkanya turun. "Jadi kualitas bahan bakar kita memang tidak baik," tambah Colin.
Kurtubi, pengamat bahan bakar yang juga bekerja di PT Pertamina ngasih solusi. Kompetisi penyuplai bahan bakar minyak harus dibuka. "Pemerintah harus membuka keran pemain baru. Di sisi lain, rakyat harus tetap dilindungi. Harga tidak diserahkan ke pasar, tapi ditentukan oleh pemerintah," jelas Staf Pengajar Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonsia ini.
TES PREMIUM DAN PERTAMAX
Rasio kompresi motor, sangat menentukan dalam pemilihan bahan bakar. Em-Plus coba ngetes motor kompresi tinggi diberi perlakuan beda. Seperti Suzuki Satria F150 kompresinya 10,2 : 1. Pertama tes diisi Pertamax. Kemudian digeber keliling Jakarta pas jam macet. Dari pukul 15:50-16:30.
Kondisi berboncengan. Pengendara 70 kg dan boncenger 60 kg. Hasilnya mencapai jarak tempuh 64 km. Menghabiskan Pertamax 2.100 cc, atau 2 liter lebih 100 cc. Berarti bisa dicari pemakaian BBM-nya. Sekitar 30,5 km/liter.
Perlakuan kedua diisi Premium. Tentu setelah tangki dikuras. Dites sendirian alias tanpa boncenger. Berat pengendara 65 kg. Dites di Jakarta sekitar jam 10 pagi
Kesimpulanya, Pertamax lebih irit meski dengan beban berat. Sebab tidak ada detonasi dan menghasilkan tenaga gede. Beda dengan pakai Premium. Gas harus dipelintir abis mulu. Sehingga boros.
Tabel Perbandingan Angka Oktan dan Kompresi
Pertamax Plus……….95……10:1 - 11:1 Pertamax…………….92…….9:1 - 10:1 Premium………………82……7:1 - 9:1
| |
| | | Nurdin R Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1188 Age : 43 Localisation : Malang - Jawa Timur Registration date : 09.01.09
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Tue 24 Feb 2009 - 10:25 | |
| - manggala wrote:
- Motoplus: Pertamax Vs Premium Pilih Sesuai Kompresi
dikutip dari www.motorplus-online.com
Pertamax Vs Premium
Pilih Sesuai Kompresi Harga Pertamax dan Pertamax Plus melangit. Bagaimana pengguna motor Pertamax. Soalnya, sebelum kenaikan ini banyak lho pengendara pakai Pertamax. Perlu nggak ya… 'turun derajat' nenggak Premium? Apa sih kelebihan dan kekurangannya?Turun pangkat pakai Premium, tenaga pasti berkurang. Wajar, angka oktan keduanya beda. Pertamax dipatok 92-95. Sedang Premium di angka 82. Angka oktan menyatakan kandungan molekul iso oktan di bensin. Molekul ini yang menahan terjadinya ngelitik atau detonasi. Sehingga makin tinggi oktan, kuat terhadap kompresi tinggi. "Kompresi berbanding lurus dengan angka oktan. Kompresi wajib diimbangi oktan tinggi," jelas Colin Latung, konsultan perminyakan dari URS Indonesia. Kesesuaian angka oktan dengan kompresi akan memperkecil kemungkinan terjadi gejala nggelitik
"Kalau tetap memaksakan motor dengan kompresi tinggi menggunakan oktan rendah, piston akan jebol. Biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar," jelas alumnus Lancaster University, Inggris ini.
Artinya, mengubah penggunaan Premium tergantung kompresi motor. Dalam kondisi estede, lihat saja spesifikasi teknis kendaraan yang dibikin pabrikan. Motor 4-tak lokal umumnya punya kompresi kisaran antara 9:1 sampai 9,3:1. Bahkan, motor 4-tak impor seperti Suzuki Satria F150 berkompresi 10,2:1.
"Kalau ingin tidak mengalami detonasi, turunkan kompresi. Ganjal head silinder dengan paking yang lebih tebal," tambah pria beralamat di Jl. Dr. Kusumaatmaja, Jakarta Selatan.
Konsekuensinya, tenaga motor akan melorot. Menurut Colin, tidak masalah. "Ini untuk penggunaan harian bukan balap," tambahnya.
Tapi, bagaimana dengan mengoplos aditif octane booster. "Penambahan itu tidak signifikan. Sebab, kandungan kimia octane seperti Metil Cyclo Pentan Dienyl Manganis Tricarbonil (MMT) tidak akan besar mendongkrak angka oktan," ungkap Colin.
Bagaimana dengan motor 2-tak. Umumnya, perbandingan kompresi lebih rendah. Jadi, pindah pemakaian Pertamax ke Premium nggak masalah. Kebutuhan motor 2-tak terhadap kriteria bahan bakar dianjurkan menggunakan Premium.
Misal, kompresi Kawasaki Ninja-RR 7,2:1. Data Premium beroktan 82-92. "Cukup menyuplai kebutuhan motor berkompresi 7:1-9:1," jelas Freddyanto Basuki, assistant manager service division, PT Kawasaki Motor Indonesia.
Memang, penggunaan Premium perlu diwaspadai. Soalnya, bahan bakar itu belum bebas timbel (luar Jabotabek).
OKTAN INDONESIA LEBIH RENDAH
Angka oktan bensin yang beredar di Indonesia menurut Colin Latung lebih rendah dibanding dengan sejenis di negara lain. Sebab, kita menganut Research Octane Number (RON). Sedangkan di negara lain, misal, Malaysia menganut Pump Octane Number (POM). "Angka POM didapat dari penjumlahan RON dan MON (Motor Octane Number). Hasilnya dibagi dua," jelas Colin.
Dengan demikian, kalau angka RON Pertamax dikonversikan ke POM sudah pasti angkanya turun. "Jadi kualitas bahan bakar kita memang tidak baik," tambah Colin.
Kurtubi, pengamat bahan bakar yang juga bekerja di PT Pertamina ngasih solusi. Kompetisi penyuplai bahan bakar minyak harus dibuka. "Pemerintah harus membuka keran pemain baru. Di sisi lain, rakyat harus tetap dilindungi. Harga tidak diserahkan ke pasar, tapi ditentukan oleh pemerintah," jelas Staf Pengajar Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonsia ini.
TES PREMIUM DAN PERTAMAX
Rasio kompresi motor, sangat menentukan dalam pemilihan bahan bakar. Em-Plus coba ngetes motor kompresi tinggi diberi perlakuan beda. Seperti Suzuki Satria F150 kompresinya 10,2 : 1. Pertama tes diisi Pertamax. Kemudian digeber keliling Jakarta pas jam macet. Dari pukul 15:50-16:30.
Kondisi berboncengan. Pengendara 70 kg dan boncenger 60 kg. Hasilnya mencapai jarak tempuh 64 km. Menghabiskan Pertamax 2.100 cc, atau 2 liter lebih 100 cc. Berarti bisa dicari pemakaian BBM-nya. Sekitar 30,5 km/liter.
Perlakuan kedua diisi Premium. Tentu setelah tangki dikuras. Dites sendirian alias tanpa boncenger. Berat pengendara 65 kg. Dites di Jakarta sekitar jam 10 pagi
Kesimpulanya, Pertamax lebih irit meski dengan beban berat. Sebab tidak ada detonasi dan menghasilkan tenaga gede. Beda dengan pakai Premium. Gas harus dipelintir abis mulu. Sehingga boros.
Tabel Perbandingan Angka Oktan dan Kompresi
Pertamax Plus……….95……10:1 - 11:1 Pertamax…………….92…….9:1 - 10:1 Premium………………82……7:1 - 9:1
HEBAT ................BISA TERBANG | |
| | | Sanuya Pemula
Jumlah posting : 18 Age : 38 Registration date : 22.11.08
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Fri 27 Feb 2009 - 18:33 | |
| sekarang udah ketemu yang cucok ma vespaku pertamax + ggi + shell advance sx2 = full nyaman banget tarikan enteng bahan bakar irit suara mesin udah kalem, ga cempreng karburator ga kotor lagi pengapian sempurna, ga pernah nyikat busi lagi thx for all ya bwat para senior2 | |
| | | Awan Bikers
Jumlah posting : 141 Localisation : Perum Pd Gede Permai Blok C9 no 16 Jati Asih Bekasi 17424 021- 9976 5776 Registration date : 24.12.08
| | | | robbyrivai Pemula
Jumlah posting : 21 Registration date : 24.11.08
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Thu 12 Mar 2009 - 12:27 | |
| sekedar menyambungkan. gw beli excel seken, dan gw ga dapet manual book, jadi gw ga tau rekomendasi dr DANMOTOR/VESPA utk oli gear. selama ini gw make GGI SAE 20W (benerkan mereknya GGI? pokonya botol bulet ujung lancip. lupa euy), kemaren gw coba2 iseng make SHELL 15w-50, emang lebih halus sih, ya banding aja 10rb/500ml VS 160rb?4liter, harga ga boong lah. tp gw coba diskusi kan ke forum bule "MV". ternyata oli yg di rekomendasi kan adalah SAE 30w non detergen utk engine oil (bukan OLI samping). atau SAE 80w utk gear oil, ada catatan khusus utk gear oil, gear oil harus GL-4 jangan GL-5 krn GL-5 sifatnya kasar dan korosif pada logam2 lembut spt tembaga dll. (gw sendiri ga ngerti itu GL-4 dan GL-5 apaan? bisa bantu saya?). stelah di cross check ke scooter help memang benar rekomendasinya adalah SAE 30w non detergent.. pertanyaannya adalah sudah jelas gw make oli yg tidak direkomendasikan, apa efeknya kalo gw ga make oli yg dianjurkan? krn kalo mau ganti lagi sayang baru di ganti kmaren. krn banyak oli2 palsu beredar gw ga mau ambil resiko beli oli di toko2 biasa, makanya gw milih shell beli di pombensin shell masa iya distu palsu, adakah oli shell dgn SAE30? krn kmaren liat2 ko ga ada ya? ada saran merek oli gear yg bagus? thanks all! bahasannya saya pindahin aja kesini ya https://forum-ivi.indonesianforum.net/mesin-f7/mohon-bantuan-penjelasannya-ttg-oli-gear-t1860.htm
Terakhir diubah oleh robbyrivai tanggal Thu 12 Mar 2009 - 16:06, total 1 kali diubah | |
| | | obeth Bikers
Jumlah posting : 98 Localisation : LONDO HIGHTECH YOGYAKARTA - Kota Depok Registration date : 17.11.08
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Thu 12 Mar 2009 - 15:51 | |
| Oli mesin Pertamina aja Om yg aman, Oli sampingnya CALTEX REVTEX 2T asep dikit wangi pula, kalau untuk dalam kota pakai pertamax aman2 saja Om( tergantung kompresi motor mu juga). Tapi klo untuk jarak jauh atau turing lebih baik premium. | |
| | | thetopan Vespa Team Junior
Jumlah posting : 604 Age : 45 Localisation : Bandung - Jakarta - Padang - Yogyakarta Registration date : 02.11.10
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . Sat 18 Dec 2010 - 9:53 | |
| Yg mahal belom tentu lebih baek..
pake yg standar aja... | |
| | | Sponsored content
| Subyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . . | |
| |
| | | | Rekomendasi Terbaik . . . | |
|
Similar topics | |
|
| Permissions in this forum: | Anda tidak dapat menjawab topik
| |
| |
| |