Forum Ikatan Vespa Indonesia
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  Latest imagesLatest images  PendaftaranPendaftaran  Login  

 

 Rekomendasi Terbaik . . .

Go down 
+15
Nurdin R
Ocy
boim_bgr
fattan
tole
WAWAN
OpaY
moa_tampan
Vinic & Vespa
b4qi
tNix
aciel & wawa
vesfa
manggala
Sanuya
19 posters
Pilih halaman : Previous  1, 2
PengirimMessage
tNix
Vespa Team Bronze
tNix


Jumlah posting : 2283
Localisation : Sidoarjooooooooooooooooo.................
Registration date : 08.04.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySat 29 Nov 2008 - 17:04

boim_bgr wrote:
binggung mau ngepost apa Very Happy
tapi saya mau tanya aja deh untuk semua abang² , klo oli mesin nya ama oli samping nya di ganti ke merk laen ngaruh ga ke mesin nya? maklum neh msh newbie, Razz
tidak boz...............
Kembali Ke Atas Go down
Ocy
Vespa Team Bronze
Ocy


Jumlah posting : 2336
Localisation : Medan
Registration date : 09.08.07

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySun 30 Nov 2008 - 9:16

tNix wrote:
boim_bgr wrote:
binggung mau ngepost apa Very Happy
tapi saya mau tanya aja deh untuk semua abang² , klo oli mesin nya ama oli samping nya di ganti ke merk laen ngaruh ga ke mesin nya? maklum neh msh newbie, Razz
tidak boz...............

Semua Oli sama aja *sama-sama Oli* jadi ga ada masalah lah bro study
Kembali Ke Atas Go down
tNix
Vespa Team Bronze
tNix


Jumlah posting : 2283
Localisation : Sidoarjooooooooooooooooo.................
Registration date : 08.04.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySun 30 Nov 2008 - 10:45

boz coy BOZ
gambar diavatar, dapat warisan dari mana ?
Kembali Ke Atas Go down
Ocy
Vespa Team Bronze
Ocy


Jumlah posting : 2336
Localisation : Medan
Registration date : 09.08.07

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySun 30 Nov 2008 - 10:49

tNix wrote:
boz coy BOZ
gambar diavatar, dapat warisan dari mana ?

Dari kampung seberang ... Payakumbuh hehehe tapi mesin dah ganti bro
Kembali Ke Atas Go down
tNix
Vespa Team Bronze
tNix


Jumlah posting : 2283
Localisation : Sidoarjooooooooooooooooo.................
Registration date : 08.04.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySun 30 Nov 2008 - 11:23

Ocy wrote:
tNix wrote:
boz coy BOZ
gambar diavatar, dapat warisan dari mana ?

Dari kampung seberang ... Payakumbuh hehehe tapi mesin dah ganti bro
mmg mesin orinya mana ?
surat2nya ada ?
Kembali Ke Atas Go down
Ocy
Vespa Team Bronze
Ocy


Jumlah posting : 2336
Localisation : Medan
Registration date : 09.08.07

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySun 30 Nov 2008 - 11:28

tNix wrote:
Ocy wrote:
tNix wrote:
boz coy BOZ
gambar diavatar, dapat warisan dari mana ?

Dari kampung seberang ... Payakumbuh hehehe tapi mesin dah ganti bro
mmg mesin orinya mana ?
surat2nya ada ?

Dipajangkan bro... Surat Kabar hehe
Kembali Ke Atas Go down
tNix
Vespa Team Bronze
tNix


Jumlah posting : 2283
Localisation : Sidoarjooooooooooooooooo.................
Registration date : 08.04.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySun 30 Nov 2008 - 12:39

halah, kriru kabih...............
Kembali Ke Atas Go down
Sanuya
Pemula
Sanuya


Jumlah posting : 18
Age : 38
Registration date : 22.11.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySun 30 Nov 2008 - 12:51

misi kakak2 senior, numpang nanya Very Happy

takaran oli samping untuk seliter bahan bakar kan sekitar 2%

nah, kalo pakai tutup botol oli shell advance sx2, kira2 berapa tutup botol ya? Smile

terus, yang lebih pengaruh ke mesin itu oli samping apa oli mesin? Smile

trims before
Kembali Ke Atas Go down
tNix
Vespa Team Bronze
tNix


Jumlah posting : 2283
Localisation : Sidoarjooooooooooooooooo.................
Registration date : 08.04.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySun 30 Nov 2008 - 13:07

Sanuya wrote:
misi kakak2 senior, numpang nanya Very Happy

takaran oli samping untuk seliter bahan bakar kan sekitar 2%

nah, kalo pakai tutup botol oli shell advance sx2, kira2 berapa tutup botol ya? Smile

terus, yang lebih pengaruh ke mesin itu oli samping apa oli mesin? Smile

trims before
coba bro sanuya ketoko vespa, tanyakan jual gelas takaran oli samping gak.
vespa itu mesin 2 tak mz, bukan 4 tak. kecuali yg baru
yang mana oli samping berfungsi melumasi dinding selinder saat bergesekan dengan piston smtr oli mesin berfungsi melumasi permukaan gigi2/metal yg ada didalam mesin saja.
berbeda dgn mesin 4 tak, oli mesin selain berfungsi sebagai pelumas gigi2/metal, dia juga berfungsi sebagai pelumas dinding selinder.
semoga membantu..............
Kembali Ke Atas Go down
Sanuya
Pemula
Sanuya


Jumlah posting : 18
Age : 38
Registration date : 22.11.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySun 30 Nov 2008 - 13:27

@tNix

o0o, berarti prioritas utama ada di oli samping ya affraid
thank's ya kakak senior Very Happy

oh ya, kakak2 ada yang tau alamat bengkel khusus vespa yg bagus di daerah ciputat - pamulang nda?

saya takut masuk bengkel vespa "abal-abal",takut diusilin montir bandel Sad
Kembali Ke Atas Go down
Ocy
Vespa Team Bronze
Ocy


Jumlah posting : 2336
Localisation : Medan
Registration date : 09.08.07

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySun 30 Nov 2008 - 16:17

tNix wrote:
Sanuya wrote:
misi kakak2 senior, numpang nanya Very Happy

takaran oli samping untuk seliter bahan bakar kan sekitar 2%

nah, kalo pakai tutup botol oli shell advance sx2, kira2 berapa tutup botol ya? Smile

terus, yang lebih pengaruh ke mesin itu oli samping apa oli mesin? Smile

trims before
coba bro sanuya ketoko vespa, tanyakan jual gelas takaran oli samping gak.
vespa itu mesin 2 tak mz, bukan 4 tak. kecuali yg baru
yang mana oli samping berfungsi melumasi dinding selinder saat bergesekan dengan piston smtr oli mesin berfungsi melumasi permukaan gigi2/metal yg ada didalam mesin saja.
berbeda dgn mesin 4 tak, oli mesin selain berfungsi sebagai pelumas gigi2/metal, dia juga berfungsi sebagai pelumas dinding selinder.
semoga membantu..............

BENAR BANGET...
Kembali Ke Atas Go down
tNix
Vespa Team Bronze
tNix


Jumlah posting : 2283
Localisation : Sidoarjooooooooooooooooo.................
Registration date : 08.04.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySun 30 Nov 2008 - 21:32

Sanuya wrote:
@tNix

o0o, berarti prioritas utama ada di oli samping ya affraid
thank's ya kakak senior Very Happy

oh ya, kakak2 ada yang tau alamat bengkel khusus vespa yg bagus di daerah ciputat - pamulang nda?

saya takut masuk bengkel vespa "abal-abal",takut diusilin montir bandel Sad
bro Sanuya di forum IVI, qt bergabung untuk berbagi pengalaman kok.
gak lebih. namanya juga scooterist, saling berbagi dan membantu
baiknya, oli mesimpun juga diganti secara periodik

klo bengkel, didaerah itu aq gak tau ( mahap, aq dibali )
Kembali Ke Atas Go down
Sanuya
Pemula
Sanuya


Jumlah posting : 18
Age : 38
Registration date : 22.11.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptyMon 1 Dec 2008 - 6:19

oli mesin lebih baiknya yang kualitas bagus atau yang interval pergantiannya yang dekat?

maksud saya mendingan oli kualitas baik diganti 1 bulan sekali

atau oli standar diganti 2 minggu sekali, lebih baik yang mana ^^
Kembali Ke Atas Go down
manggala
Bikers
manggala


Jumlah posting : 76
Age : 39
Localisation : jakarta pusat
Registration date : 13.09.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptyMon 1 Dec 2008 - 12:26

Motoplus: Pertamax Vs Premium Pilih Sesuai Kompresi

dikutip dari www.motorplus-online.com

Pertamax Vs Premium

Pilih Sesuai Kompresi Harga Pertamax dan Pertamax Plus melangit.
Bagaimana pengguna motor Pertamax. Soalnya, sebelum kenaikan ini banyak
lho pengendara pakai Pertamax. Perlu nggak ya… 'turun derajat' nenggak
Premium? Apa sih kelebihan dan kekurangannya?Turun pangkat pakai
Premium, tenaga pasti berkurang. Wajar, angka oktan keduanya beda. Pertamax dipatok 92-95. Sedang Premium di angka 82. Angka oktan
menyatakan kandungan molekul iso oktan di bensin. Molekul ini yang
menahan terjadinya ngelitik atau detonasi. Sehingga makin tinggi oktan,
kuat terhadap kompresi tinggi. "Kompresi berbanding lurus dengan angka
oktan. Kompresi wajib diimbangi oktan tinggi,
" jelas Colin Latung,
konsultan perminyakan dari URS Indonesia. Kesesuaian angka oktan dengan
kompresi akan memperkecil kemungkinan terjadi gejala nggelitik

"Kalau tetap memaksakan motor dengan kompresi tinggi menggunakan
oktan rendah, piston akan jebol. Biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih
besar,"
jelas alumnus Lancaster University, Inggris ini.

Artinya, mengubah penggunaan Premium tergantung kompresi motor. Dalam
kondisi estede, lihat saja spesifikasi teknis kendaraan yang dibikin
pabrikan. Motor
4-tak lokal umumnya punya kompresi kisaran antara 9:1 sampai 9,3:1.
Bahkan, motor 4-tak impor seperti Suzuki Satria F150 berkompresi 10,2:1.


"Kalau ingin tidak mengalami detonasi, turunkan kompresi. Ganjal head
silinder dengan paking yang lebih tebal," tambah pria beralamat di Jl.
Dr. Kusumaatmaja, Jakarta Selatan.

Konsekuensinya, tenaga motor akan melorot. Menurut Colin, tidak masalah. "Ini untuk penggunaan harian bukan balap," tambahnya.

Tapi, bagaimana dengan mengoplos aditif octane booster. "Penambahan itu
tidak signifikan. Sebab, kandungan kimia octane seperti Metil Cyclo
Pentan Dienyl Manganis Tricarbonil (MMT) tidak akan besar mendongkrak
angka oktan," ungkap Colin.

Bagaimana dengan motor 2-tak. Umumnya, perbandingan kompresi lebih
rendah. Jadi, pindah pemakaian Pertamax ke Premium nggak masalah.
Kebutuhan motor 2-tak terhadap kriteria bahan bakar dianjurkan
menggunakan Premium.

Misal, kompresi Kawasaki Ninja-RR 7,2:1. Data Premium beroktan 82-92.
"Cukup menyuplai kebutuhan motor berkompresi 7:1-9:1," jelas Freddyanto
Basuki, assistant manager service division, PT Kawasaki Motor Indonesia.

Memang, penggunaan Premium perlu diwaspadai. Soalnya, bahan bakar itu belum bebas timbel (luar Jabotabek).

OKTAN INDONESIA LEBIH RENDAH

Angka oktan bensin yang beredar di Indonesia menurut Colin Latung lebih
rendah dibanding dengan sejenis di negara lain. Sebab, kita menganut
Research Octane Number (RON). Sedangkan di negara lain, misal, Malaysia
menganut Pump Octane Number (POM). "Angka POM didapat dari penjumlahan
RON dan MON (Motor Octane Number). Hasilnya dibagi dua," jelas Colin.

Dengan demikian, kalau angka RON Pertamax dikonversikan ke POM sudah
pasti angkanya turun. "Jadi kualitas bahan bakar kita memang tidak
baik," tambah Colin.

Kurtubi, pengamat bahan bakar yang juga bekerja di PT Pertamina ngasih
solusi. Kompetisi penyuplai bahan bakar minyak harus dibuka.
"Pemerintah harus membuka keran pemain baru. Di sisi lain, rakyat harus
tetap dilindungi. Harga tidak diserahkan ke pasar, tapi ditentukan oleh
pemerintah," jelas Staf Pengajar Pascasarjana Fakultas Ekonomi
Universitas Indonsia ini.

TES PREMIUM DAN PERTAMAX

Rasio kompresi motor, sangat menentukan dalam pemilihan bahan bakar.
Em-Plus coba ngetes motor kompresi tinggi diberi perlakuan beda.
Seperti Suzuki Satria F150 kompresinya 10,2 : 1. Pertama tes diisi
Pertamax. Kemudian digeber keliling Jakarta pas jam macet. Dari pukul
15:50-16:30.

Kondisi berboncengan. Pengendara 70 kg dan boncenger 60 kg. Hasilnya
mencapai jarak tempuh 64 km. Menghabiskan Pertamax 2.100 cc, atau 2
liter lebih 100 cc. Berarti bisa dicari pemakaian BBM-nya. Sekitar 30,5
km/liter.


Perlakuan kedua diisi Premium. Tentu setelah tangki dikuras. Dites
sendirian alias tanpa boncenger. Berat pengendara 65 kg. Dites di
Jakarta sekitar jam 10 pagi

Kesimpulanya, Pertamax lebih irit meski dengan beban berat.
Sebab tidak ada detonasi dan menghasilkan tenaga gede. Beda dengan
pakai Premium. Gas harus dipelintir abis mulu. Sehingga boros
.

Tabel Perbandingan Angka Oktan dan Kompresi

Pertamax Plus……….95……10:1 - 11:1
Pertamax…………….92…….9:1 - 10:1
Premium………………82……7:1 - 9:1


Kembali Ke Atas Go down
Nurdin R
Vespa Team Deluxe
Nurdin R


Jumlah posting : 1188
Age : 43
Localisation : Malang - Jawa Timur
Registration date : 09.01.09

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptyTue 24 Feb 2009 - 10:25

manggala wrote:
Motoplus: Pertamax Vs Premium Pilih Sesuai Kompresi

dikutip dari www.motorplus-online.com

Pertamax Vs Premium

Pilih Sesuai Kompresi Harga Pertamax dan Pertamax Plus melangit.
Bagaimana pengguna motor Pertamax. Soalnya, sebelum kenaikan ini banyak
lho pengendara pakai Pertamax. Perlu nggak ya… 'turun derajat' nenggak
Premium? Apa sih kelebihan dan kekurangannya?Turun pangkat pakai
Premium, tenaga pasti berkurang. Wajar, angka oktan keduanya beda. Pertamax dipatok 92-95. Sedang Premium di angka 82. Angka oktan
menyatakan kandungan molekul iso oktan di bensin. Molekul ini yang
menahan terjadinya ngelitik atau detonasi. Sehingga makin tinggi oktan,
kuat terhadap kompresi tinggi. "Kompresi berbanding lurus dengan angka
oktan. Kompresi wajib diimbangi oktan tinggi,
" jelas Colin Latung,
konsultan perminyakan dari URS Indonesia. Kesesuaian angka oktan dengan
kompresi akan memperkecil kemungkinan terjadi gejala nggelitik

"Kalau tetap memaksakan motor dengan kompresi tinggi menggunakan
oktan rendah, piston akan jebol. Biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih
besar,"
jelas alumnus Lancaster University, Inggris ini.

Artinya, mengubah penggunaan Premium tergantung kompresi motor. Dalam
kondisi estede, lihat saja spesifikasi teknis kendaraan yang dibikin
pabrikan. Motor
4-tak lokal umumnya punya kompresi kisaran antara 9:1 sampai 9,3:1.
Bahkan, motor 4-tak impor seperti Suzuki Satria F150 berkompresi 10,2:1.


"Kalau ingin tidak mengalami detonasi, turunkan kompresi. Ganjal head
silinder dengan paking yang lebih tebal," tambah pria beralamat di Jl.
Dr. Kusumaatmaja, Jakarta Selatan.

Konsekuensinya, tenaga motor akan melorot. Menurut Colin, tidak masalah. "Ini untuk penggunaan harian bukan balap," tambahnya.

Tapi, bagaimana dengan mengoplos aditif octane booster. "Penambahan itu
tidak signifikan. Sebab, kandungan kimia octane seperti Metil Cyclo
Pentan Dienyl Manganis Tricarbonil (MMT) tidak akan besar mendongkrak
angka oktan," ungkap Colin.

Bagaimana dengan motor 2-tak. Umumnya, perbandingan kompresi lebih
rendah. Jadi, pindah pemakaian Pertamax ke Premium nggak masalah.
Kebutuhan motor 2-tak terhadap kriteria bahan bakar dianjurkan
menggunakan Premium.

Misal, kompresi Kawasaki Ninja-RR 7,2:1. Data Premium beroktan 82-92.
"Cukup menyuplai kebutuhan motor berkompresi 7:1-9:1," jelas Freddyanto
Basuki, assistant manager service division, PT Kawasaki Motor Indonesia.

Memang, penggunaan Premium perlu diwaspadai. Soalnya, bahan bakar itu belum bebas timbel (luar Jabotabek).

OKTAN INDONESIA LEBIH RENDAH

Angka oktan bensin yang beredar di Indonesia menurut Colin Latung lebih
rendah dibanding dengan sejenis di negara lain. Sebab, kita menganut
Research Octane Number (RON). Sedangkan di negara lain, misal, Malaysia
menganut Pump Octane Number (POM). "Angka POM didapat dari penjumlahan
RON dan MON (Motor Octane Number). Hasilnya dibagi dua," jelas Colin.

Dengan demikian, kalau angka RON Pertamax dikonversikan ke POM sudah
pasti angkanya turun. "Jadi kualitas bahan bakar kita memang tidak
baik," tambah Colin.

Kurtubi, pengamat bahan bakar yang juga bekerja di PT Pertamina ngasih
solusi. Kompetisi penyuplai bahan bakar minyak harus dibuka.
"Pemerintah harus membuka keran pemain baru. Di sisi lain, rakyat harus
tetap dilindungi. Harga tidak diserahkan ke pasar, tapi ditentukan oleh
pemerintah," jelas Staf Pengajar Pascasarjana Fakultas Ekonomi
Universitas Indonsia ini.

TES PREMIUM DAN PERTAMAX

Rasio kompresi motor, sangat menentukan dalam pemilihan bahan bakar.
Em-Plus coba ngetes motor kompresi tinggi diberi perlakuan beda.
Seperti Suzuki Satria F150 kompresinya 10,2 : 1. Pertama tes diisi
Pertamax. Kemudian digeber keliling Jakarta pas jam macet. Dari pukul
15:50-16:30.

Kondisi berboncengan. Pengendara 70 kg dan boncenger 60 kg. Hasilnya
mencapai jarak tempuh 64 km. Menghabiskan Pertamax 2.100 cc, atau 2
liter lebih 100 cc. Berarti bisa dicari pemakaian BBM-nya. Sekitar 30,5
km/liter.


Perlakuan kedua diisi Premium. Tentu setelah tangki dikuras. Dites
sendirian alias tanpa boncenger. Berat pengendara 65 kg. Dites di
Jakarta sekitar jam 10 pagi

Kesimpulanya, Pertamax lebih irit meski dengan beban berat.
Sebab tidak ada detonasi dan menghasilkan tenaga gede. Beda dengan
pakai Premium. Gas harus dipelintir abis mulu. Sehingga boros
.

Tabel Perbandingan Angka Oktan dan Kompresi

Pertamax Plus……….95……10:1 - 11:1
Pertamax…………….92…….9:1 - 10:1
Premium………………82……7:1 - 9:1




HEBAT ................BISA TERBANG
Kembali Ke Atas Go down
Sanuya
Pemula
Sanuya


Jumlah posting : 18
Age : 38
Registration date : 22.11.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptyFri 27 Feb 2009 - 18:33

sekarang udah ketemu yang cucok ma vespaku cheers

pertamax + ggi + shell advance sx2 = full nyaman banget Cool

tarikan enteng Arrow

bahan bakar irit

suara mesin udah kalem, ga cempreng Neutral

karburator ga kotor lagi

pengapian sempurna, ga pernah nyikat busi lagi Smile

thx for all ya bwat para senior2 Wink
Kembali Ke Atas Go down
Awan
Bikers



Jumlah posting : 141
Localisation : Perum Pd Gede Permai Blok C9 no 16 Jati Asih Bekasi 17424 021- 9976 5776
Registration date : 24.12.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptyTue 10 Mar 2009 - 21:13

Sanuya wrote:
sekarang udah ketemu yang cucok ma vespaku cheers

pertamax + ggi + shell advance sx2 = full nyaman banget Cool

tarikan enteng Arrow

bahan bakar irit

suara mesin udah kalem, ga cempreng Neutral

karburator ga kotor lagi

pengapian sempurna, ga pernah nyikat busi lagi Smile

thx for all ya bwat para senior2 Wink

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sep...siap meluncur k'luar Kota dunks Bro...congratz ya bounce

Brigade.Anak.Scooter

Spirit Of Brotherhood

No.R.F-IVI :059

Jati Asih Bekasi

Wa_tra@yahoo.com
awan@giordano.co.id
http://friendster.com/pandaaaa
(021)9976-5776
Kembali Ke Atas Go down
robbyrivai
Pemula
robbyrivai


Jumlah posting : 21
Registration date : 24.11.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptyThu 12 Mar 2009 - 12:27

sekedar menyambungkan. gw beli excel seken, dan gw ga dapet manual book, jadi gw ga tau rekomendasi dr DANMOTOR/VESPA utk oli gear. selama ini gw make GGI SAE 20W (benerkan mereknya GGI? pokonya botol bulet ujung lancip. lupa euy), kemaren gw coba2 iseng make SHELL 15w-50, emang lebih halus sih, ya banding aja 10rb/500ml VS 160rb?4liter, harga ga boong lah. tp gw coba diskusi kan ke forum bule "MV". ternyata oli yg di rekomendasi kan adalah SAE 30w non detergen utk engine oil (bukan OLI samping). atau SAE 80w utk gear oil, ada catatan khusus utk gear oil, gear oil harus GL-4 jangan GL-5 krn GL-5 sifatnya kasar dan korosif pada logam2 lembut spt tembaga dll. (gw sendiri ga ngerti itu GL-4 dan GL-5 apaan? bisa bantu saya?). stelah di cross check ke scooter help memang benar rekomendasinya adalah SAE 30w non detergent.. pertanyaannya adalah sudah jelas gw make oli yg tidak direkomendasikan, apa efeknya kalo gw ga make oli yg dianjurkan? krn kalo mau ganti lagi sayang baru di ganti kmaren. krn banyak oli2 palsu beredar gw ga mau ambil resiko beli oli di toko2 biasa, makanya gw milih shell beli di pombensin shell masa iya distu palsu, adakah oli shell dgn SAE30? krn kmaren liat2 ko ga ada ya? ada saran merek oli gear yg bagus?

thanks all!

bahasannya saya pindahin aja kesini ya
https://forum-ivi.indonesianforum.net/mesin-f7/mohon-bantuan-penjelasannya-ttg-oli-gear-t1860.htm


Terakhir diubah oleh robbyrivai tanggal Thu 12 Mar 2009 - 16:06, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
obeth
Bikers
obeth


Jumlah posting : 98
Localisation : LONDO HIGHTECH YOGYAKARTA - Kota Depok
Registration date : 17.11.08

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptyThu 12 Mar 2009 - 15:51

Oli mesin Pertamina aja Om yg aman, Oli sampingnya CALTEX REVTEX 2T asep dikit wangi pula, kalau untuk dalam kota pakai pertamax aman2 saja Om( tergantung kompresi motor mu juga). Tapi klo untuk jarak jauh atau turing lebih baik premium.
Kembali Ke Atas Go down
thetopan
Vespa Team Junior
thetopan


Jumlah posting : 604
Age : 45
Localisation : Bandung - Jakarta - Padang - Yogyakarta
Registration date : 02.11.10

Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 EmptySat 18 Dec 2010 - 9:53

Yg mahal belom tentu lebih baek..


pake yg standar aja...
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: Rekomendasi Terbaik . . .   Rekomendasi Terbaik . . . - Page 2 Empty

Kembali Ke Atas Go down
 
Rekomendasi Terbaik . . .
Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 2Pilih halaman : Previous  1, 2
 Similar topics
-
» bengkel terbaik
» Mau bangun 64', di Jogja mohon rekomendasi Bengkel
» rekomendasi biro jasa perpanjangan STNK
» bengkel rekomendasi ganti rotor kipas magnet
» [ask]Merk-merk spare parts terbaik,berkualitas&bagus

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia :: Otomotif :: Mesin-
Navigasi: