| Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin | |
|
|
Pengirim | Message |
---|
Bung-Pandu Pemula
Jumlah posting : 21 Registration date : 17.06.09
| Subyek: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Thu 23 Jul 2009 - 13:50 | |
| pak bos, saya ada masalah tentang stel karbu.. vespa saya VBC1'73 menggunakan dellorto 20/15D
nah ini stel-an masih di borosin karena seher baru, ini yang namanya boros beneran ga kira2 spuyer angin 42 spuyer bensin 88 putaran tinggi mberebet
karena dirasa udah beres in-reyn nya sy ganti spuyer bensin lebih kecil dari 88 jadi 85
tanpa stel angin eh ternyata bisa lari di puteran tinggi, tapi pas saya rapetin stelan angin (yg skrup lancip ada pernya di belakang) menjadi tinggal 1/2 x putaran dari rapet nya si skrup penyetel (searah jarum jam) RPM mesin jadi nambah alhasil stel-an langsam bisa lebih di kecilin lagi dgn harapan saya konsumsi bensin akan lebih irit dari sebelumnya,
karena ini x pertama saya stel karbu saya ada ketakutan si mesin kepanasan, bahkan seher macet karena miskin campuran..
kira2 bagi mas brader yg ada pengalaman, mohon tanggepannya yah... makasih | |
|
| |
Ocy Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2336 Localisation : Medan Registration date : 09.08.07
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Thu 23 Jul 2009 - 18:05 | |
| - Bung-Pandu wrote:
- pak bos, saya ada masalah tentang stel karbu..
vespa saya VBC1'73 menggunakan dellorto 20/15D
nah ini stel-an masih di borosin karena seher baru, ini yang namanya boros beneran ga kira2 spuyer angin 42 spuyer bensin 88 putaran tinggi mberebet
karena dirasa udah beres in-reyn nya sy ganti spuyer bensin lebih kecil dari 88 jadi 85
tanpa stel angin eh ternyata bisa lari di puteran tinggi, tapi pas saya rapetin stelan angin (yg skrup lancip ada pernya di belakang) menjadi tinggal 1/2 x putaran dari rapet nya si skrup penyetel (searah jarum jam) RPM mesin jadi nambah alhasil stel-an langsam bisa lebih di kecilin lagi dgn harapan saya konsumsi bensin akan lebih irit dari sebelumnya,
karena ini x pertama saya stel karbu saya ada ketakutan si mesin kepanasan, bahkan seher macet karena miskin campuran..
kira2 bagi mas brader yg ada pengalaman, mohon tanggepannya yah... makasih Klo bisa diganti aja pake 20/20 ato Excel Carb nya... Masalah stelan tergantung permintaan mesin nya gimana? Jadi jgn terlalu dipaksain irit klo ngempos tenaganya bro... sayang dana bongkar nya | |
|
| |
Bung-Pandu Pemula
Jumlah posting : 21 Registration date : 17.06.09
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Thu 23 Jul 2009 - 18:20 | |
| ko di ganti bro? bukannya lobang venturi 20/20 lebih besar? boros dong jadinya? nah kalo masalah tenaga ngempos sih ngga yah.. cuman kalo diselah ko mesin lebih susah nyala dari sebelomnya.. dan kick stater ga nendak balik lagi kalo di selah, ga kaya sebelum di stel.. bisa bikin kaki ke pelintir
btw thx bro advisenya... | |
|
| |
Ocy Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2336 Localisation : Medan Registration date : 09.08.07
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Thu 23 Jul 2009 - 18:27 | |
| - Bung-Pandu wrote:
- ko di ganti bro? bukannya lobang venturi 20/20 lebih besar? boros dong jadinya? nah kalo masalah tenaga ngempos sih ngga yah.. cuman kalo diselah ko mesin lebih susah nyala dari sebelomnya.. dan kick stater ga nendak balik lagi kalo di selah, ga kaya sebelum di stel.. bisa bikin kaki ke pelintir
btw thx bro advisenya... Kebiasaan saya mah klo dah turun mesin ga pake yang bawaan lagi krn kurang distribusi nya *tergantung settingan* jadi saya pake part thn tinggi buat carb dan pengapian biar jos buat stelan jalan jauh... Kalo masalah boros sampe sekarang 3 Vespa saya msh standar ukuran minyaknya 1 : 30 buat jalan jauh | |
|
| |
ridobrown Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2490 Age : 52 Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com Registration date : 03.07.07
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Mon 27 Jul 2009 - 9:31 | |
| saya sarankan.. ukuran karbu tetap 15/20, tapi stelan angin, 3 putaran ( 1 putaran 360 derajat) untuk spuyer tidak usah di ganti... itu sudah standarnya...
saya dulu pake karbu 15/20 dari bogor ke jakarta Monas cuma abis 2 liter.
jarak tempuh dari bogor ke Monas adalah 100 KM | |
|
| |
Bung-Pandu Pemula
Jumlah posting : 21 Registration date : 17.06.09
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Wed 29 Jul 2009 - 9:08 | |
| wah iya bro ridobrown, makasih sarannya.. memang jadi lebih irit setelah di stel 3x360derajat.. sekilas info aja stelan awal bengkel 3.5x360derajat, jadi puteran tinggi dirasa mberebet..
cuman sekarang yang bikin was was pas bagian belakang mesin deket sokbreker keadaannya becek, dan bukan dari paking..
saya takut kalo ternyata bocor dari isapan.. atau rembesan dari karbu karena sering banjir... nah menurut bro gimana tuh? | |
|
| |
ridobrown Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2490 Age : 52 Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com Registration date : 03.07.07
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Wed 29 Jul 2009 - 10:36 | |
| - Bung-Pandu wrote:
- wah iya bro ridobrown, makasih sarannya.. memang jadi lebih irit setelah di stel 3x360derajat.. sekilas info aja stelan awal bengkel 3.5x360derajat, jadi puteran tinggi dirasa mberebet..
cuman sekarang yang bikin was was pas bagian belakang mesin deket sokbreker keadaannya becek, dan bukan dari paking..
saya takut kalo ternyata bocor dari isapan.. atau rembesan dari karbu karena sering banjir... nah menurut bro gimana tuh? coba di cek dulu dexel pelampungnya... apakah jarumnya masih bagus..?? trus apa pake saringan udara? atau bisa juga lihat paking karbunya...apa bocor atau tidak di lem? | |
|
| |
Bung-Pandu Pemula
Jumlah posting : 21 Registration date : 17.06.09
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Fri 31 Jul 2009 - 7:57 | |
| bro ridobrown. pelampung, saya liat sih ga ada cacat gugus, lecet, bolong, atau semacemnya. tp dexel merk spaco sepaket jarumnya baru saya beli 1bln kmaren.. oya, jarum juga udah saya ganjel make kertas amplas..
sy,pake saringan udara yang umurnya udah belasan taun dan belum di ganti
nah kalo masalah paking karbu, emang ngga di lem, tapi di dobel (apa emang ada 2 itu paking karbu?) jaminan rembes itu paking kalo ga di lem?
dan kalau di gas, dari lubang napas karbu tersembur ke atas kabut bensin. saya denger montir punya opini itu tandanya pengisapan ga normal. masa iya begitu sih bro? | |
|
| |
ridobrown Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2490 Age : 52 Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com Registration date : 03.07.07
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Fri 31 Jul 2009 - 9:03 | |
| kabut bensinnya itu apakah ada bensin yang nyembur, atau hanya kabut saja... kalau ada bensin nya... maka benar apa yang di katakan oleh montir.. jadi perlu di tambal, atau di las ulang (istilahnya tambah daging...)
paking karbu.. idealnya 1 lapis saja... dan kalo bisa di lem.. untuk mencegah rembesan bensin. sehingga jarak karbu ke lubang masukan jadi lebih dekat ---> berpengaruh terhadap asupan bensin --> meningkatkan performance...
oke bro...? | |
|
| |
Bung-Pandu Pemula
Jumlah posting : 21 Registration date : 17.06.09
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Fri 31 Jul 2009 - 17:05 | |
| bro ocy, bro ridobrown... sangat informatif banget nih masukanny.. sekali lagi makasih ya | |
|
| |
WAWAN Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1508 Localisation : VESKADA - TANGERANG - BANTEN Registration date : 19.11.07
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Wed 5 Aug 2009 - 22:43 | |
| - ridobrown wrote:
- kabut bensinnya itu apakah ada bensin yang nyembur, atau hanya kabut saja... kalau ada bensin nya... maka benar apa yang di katakan oleh montir.. jadi perlu di tambal, atau di las ulang (istilahnya tambah daging...)
paking karbu.. idealnya 1 lapis saja... dan kalo bisa di lem.. untuk mencegah rembesan bensin. sehingga jarak karbu ke lubang masukan jadi lebih dekat ---> berpengaruh terhadap asupan bensin --> meningkatkan performance...
oke bro...? Mantaaaaaaaaaab.........!!! | |
|
| |
Bung-Pandu Pemula
Jumlah posting : 21 Registration date : 17.06.09
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Fri 7 Aug 2009 - 21:24 | |
| mantab... make B... ngobrol - ngobrol soal nge lem paking. kmaren baru sempet saya lem. nah terus hari ini iseng2 no ong dari lobang venturi karbu.. ternyata mengembang, jadi takut kesedot masuk mesin itu lem packing. dan seandainya iya kejadian, bisa bikin dampak yang fatal kah itu? | |
|
| |
ronniehusain Bikers
Jumlah posting : 200 Age : 38 Localisation : semarang-temanggung-jogja-jakarta Registration date : 25.02.09
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Sat 8 Aug 2009 - 12:42 | |
| - Bung-Pandu wrote:
- bro ocy, bro ridobrown... sangat informatif banget nih masukanny.. sekali lagi makasih ya
bro pandu,,masalah anda sama seperti saya (miriP).... lubang di belakang karbu banjir ma bensin (rembesan) dah gitu busi basah terus...susah ngehidupin mesinnya... apa bener ya isepannya yang kena?? masalahnya kemaren sempat tu mogok di jalan gara2 knalpot kebanjiran bensin...n tenaganya ngempos mohon bantuannya bro rido,bro ocy, dll...tengkyu maturnuwun | |
|
| |
Bung-Pandu Pemula
Jumlah posting : 21 Registration date : 17.06.09
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Sat 8 Aug 2009 - 13:32 | |
| - ronniehusain wrote:
- Bung-Pandu wrote:
- bro ocy, bro ridobrown... sangat informatif banget nih masukanny.. sekali lagi makasih ya
bro pandu,,masalah anda sama seperti saya (miriP).... lubang di belakang karbu banjir ma bensin (rembesan)
dah gitu busi basah terus...susah ngehidupin mesinnya... apa bener ya isepannya yang kena?? masalahnya kemaren sempat tu mogok di jalan gara2 knalpot kebanjiran bensin...n tenaganya ngempos
mohon bantuannya bro rido,bro ocy, dll...tengkyu maturnuwun waduh, kalo gitu salam senasib saepenanggungan deh kita. minggu kmarin pun saya begitu, malam hari motor di parkir di rumah dengan kondisi tidak miring ke kiri taupun ke kanan. tapi menanjak dengan sudut kemiringan sekitar 30 derajat. paginya terlihat bensin sudah keluar dari knalpot.. busi dibuka dan bensin di kluarkan, alhasil bensin segar muncrat sampai ke kaca spion... setelah dirasa cukup.. busi di pasang kembali dan mesinpun langsung nyala. dan tenaga pun normal.. untuk jaga2 saya mengganjal jarum bensin dengan menggunakan kertas amplas nomer 400, sebanyak 2 lapis nah yg mau saya tanyakan. sewaktu kejadian bro ronnie dalam keadaan mau dinyalakan setelah di parkir. atau disaat motor sedang melaju tiba2 tenaga ngempos dan disusul dengan knalpot yang penuh bensin? | |
|
| |
sudrun Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1069 Localisation : VESKADA - TANGERANG - BANTEN Registration date : 18.02.09
| |
| |
Dhandi Wimbo Vespa Team Junior
Jumlah posting : 621 Localisation : Jl. Kol. Sugiono 38 Panjunan, Waru Sidoarjo - Surabaya Jawa Timur HP 081 217 04147 Registration date : 13.12.08
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Tue 11 Aug 2009 - 0:22 | |
| INI YANG NAMANYA FORUM DISKUSI BENERAN POKOK' E =====>>> I LAP U PUL DEH | |
|
| |
ronniehusain Bikers
Jumlah posting : 200 Age : 38 Localisation : semarang-temanggung-jogja-jakarta Registration date : 25.02.09
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Tue 11 Aug 2009 - 13:23 | |
| @bro pandu jd gini bro,wkt jalan mau berangkat kerja,lagi kenceng2ny(jalan menurun),tiba2 selepas turunan,vespaq tiba2 ngempos.di gas juga gak mau lari.waktu berhenti untk saya bongkar,,nyalain mesin susah bgt.giliran udah hdup,yg keluar dr knalpot cuma asap yg ga nyampur sama angin.jadiny cuma kayak asap rokok gt bro...dpt saran kalo kayak gtu,knalpot hrus cpt2 dibobok,n dibersihin dalamnya bro
salam ngempos ya,hahaha | |
|
| |
Bung-Pandu Pemula
Jumlah posting : 21 Registration date : 17.06.09
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Sat 15 Aug 2009 - 15:50 | |
| iya nih bro dhandi ikut shering jg dong..
bro ronnie pas waktu hidupin mesin lagi sampe lepas busi kaga?? bisa jadi itu hanya karena spuyer2 udah mulai kotor, jadi campurannya si karbu udah ga bagus lagi, bisa banget tuh bikin mendadak mogok, ilang langsam, ndut2an, bahkan banjir ampe becek kemana2 (klo susah nyala), ...
kalo soal knalpot mampet, jadi inget curhatan babe gue.. vespa beliau dulu jalannya ngeden, tenaga kaga ada an, suara mendem. suatu hari di jalan itu knalpot vespa copot, alhasil suara berubah mirip suara senapan.. di susul vespa mendadak kenceng larinya, seperti yang di tiup angin dari belakang..
udahnya di bobok deh ke tukang las karbit abis 25rb (klo sekarang sih) alhasil tenaga menjadi berkali2 lipat, dari sebelumnya
cat; knalpot baru tp lokal 50rb (harus di ganjel + iket kawat, karena gampang copot).. knalpot dan motor 150rb (mantep dan kuat) | |
|
| |
Dhandi Wimbo Vespa Team Junior
Jumlah posting : 621 Localisation : Jl. Kol. Sugiono 38 Panjunan, Waru Sidoarjo - Surabaya Jawa Timur HP 081 217 04147 Registration date : 13.12.08
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Sat 15 Aug 2009 - 17:36 | |
| Halo Bro Pandu........... Bicara tentang ngempos atau tenaga menurun bisa juga karena bensin turun dengan tidak lancar. Jujur aja kita ini sudah terlena akan enaknya naik Vespa sehingga kadang 2 melupakan hal yang sepele. Yaitu membersihkan tangki bensin , kran dan memberi filter. 3 hal penyebab itu kalau sudah dilakukan insyaallah bensin turun ke karbu lancar, selanjutnya cek kesehatan karbunya.
Pengalaman ini saya peroleh dari Bro.... Lucky (team RSJ) , feeling saya bro........Pandu kenal deh | |
|
| |
Bung-Pandu Pemula
Jumlah posting : 21 Registration date : 17.06.09
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Sat 15 Aug 2009 - 18:24 | |
| - Dhandi Wimbo wrote:
- Halo Bro Pandu...........
Bicara tentang ngempos atau tenaga menurun bisa juga karena bensin turun dengan tidak lancar. Jujur aja kita ini sudah terlena akan enaknya naik Vespa sehingga kadang 2 melupakan hal yang sepele. Yaitu membersihkan tangki bensin , kran dan memberi filter. 3 hal penyebab itu kalau sudah dilakukan insyaallah bensin turun ke karbu lancar, selanjutnya cek kesehatan karbunya.
Pengalaman ini saya peroleh dari Bro.... Lucky (team RSJ) , feeling saya bro........Pandu kenal deh oooo... iya bener banget itu bro, tengki bersih + keran oke itu mutlak, apalagi ditambahin filter lagi, makin siiibh dah pkny.. bro Lucky (team RSJ = Realino Scooter Jogja)?? ajak2 kopdar y kapan2 | |
|
| |
Dhandi Wimbo Vespa Team Junior
Jumlah posting : 621 Localisation : Jl. Kol. Sugiono 38 Panjunan, Waru Sidoarjo - Surabaya Jawa Timur HP 081 217 04147 Registration date : 13.12.08
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Sat 15 Aug 2009 - 20:07 | |
| Kalau domisili Bro Pandu sekitar Surabaya Selatan kan bisa mampir ke alamat yang ada di Avatar , Lucky and team nya ada disitu tu Bisa konsultasi gratis lagi he...he...he... | |
|
| |
ronniehusain Bikers
Jumlah posting : 200 Age : 38 Localisation : semarang-temanggung-jogja-jakarta Registration date : 25.02.09
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Sat 15 Aug 2009 - 20:53 | |
| @ bro pandu,bro dhandi,bro2 yg lain jadi kemaren wktu mogok,udah sampe bongkar karbu segala,deksel jg.padahal deksel baru,tapi te2p aja bensin ngocor ke bawah,jadi mesin becek kaya m*m*k,hehe,becanda dah gitu busi cepet mati perlu diketahui,selama ini filter terpasang,tapi ju2r saya sering ga nutup kran bensin kalo malam waktu ditarik ma Pak UUT dgn tali dari bro Topo (makasih buat p.uut POEL smg&bro topo batang,yg pinjemin tali),dibawa ke bengkel teman beliau,,ternyata benar..knalpot mampet,solusinya disogok pake kawat tebal.hbs itu udah normal lagi.. | |
|
| |
Bung-Pandu Pemula
Jumlah posting : 21 Registration date : 17.06.09
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin Sun 16 Aug 2009 - 18:26 | |
| - ronniehusain wrote:
- @ bro pandu,bro dhandi,bro2 yg lain
jadi kemaren wktu mogok,udah sampe bongkar karbu segala,deksel jg.padahal deksel baru,tapi te2p aja bensin ngocor ke bawah,jadi mesin becek kaya m*m*k,hehe,becanda dah gitu busi cepet mati perlu diketahui,selama ini filter terpasang,tapi ju2r saya sering ga nutup kran bensin kalo malam waktu ditarik ma Pak UUT dgn tali dari bro Topo (makasih buat p.uut POEL smg&bro topo batang,yg pinjemin tali),dibawa ke bengkel teman beliau,,ternyata benar..knalpot mampet,solusinya disogok pake kawat tebal.hbs itu udah normal lagi.. WAH, syukur deh kalo masalahnya sudah beres.. gimana bro, sehabis di bersihkan knalpotnya, kerasa ada perbaikan performa mesin?? sama saya juga begitu, malah sengaja keran bensin tdk di tutup, sambil nantangin mesin "masih berani banjir lagi ga nih".. @bro Dhandi, wah padahal kmaren babe baru beres dines dari surabaya, daerah darmo..hehehe | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin | |
| |
|
| |
| Mohon Bimbingan Sehabis Turun Mesin | |
|