|
| pasangan yang bagus yang gimana yaa | |
|
+3Vinic & Vespa Laretha Tatto triyanto 7 posters | Pengirim | Message |
---|
Tatto triyanto Vespa Team Junior
Jumlah posting : 759 Age : 61 Localisation : bekasi Registration date : 02.03.10
| Subyek: pasangan yang bagus yang gimana yaa Fri 25 Jun 2010 - 23:33 | |
| Saya gak tau namanya apa ....katanya yang bgs pakai :120/90 ...terus yang kecil pakai 45 ,,,,,,terus 160/95 ...terus yng kecil pakai 48 ,,,,,,yang namanya main jet yg mana ,,,yang spuyer yang mana .trus klo setelan angin yg bags yang gimana ...masih ada lagi gak ukurannya,,,,,,maklum bro sy klo dikarburator kurang begitu paham ,,,,,,,,advisnya bro ....thanks sebelumnya. | |
| | | Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: pasangan yang bagus yang gimana yaa Sat 26 Jun 2010 - 9:01 | |
| Mengenai spuyer, sebagai acuan kita bisa melihat standarnya sebagaimana table berikut : | |
| | | Vinic & Vespa Vespa Team GOLD
Jumlah posting : 5937 Localisation : old trafford Registration date : 28.06.08
| Subyek: Re: pasangan yang bagus yang gimana yaa Sat 26 Jun 2010 - 9:28 | |
| | |
| | | Nurdin R Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1188 Age : 43 Localisation : Malang - Jawa Timur Registration date : 09.01.09
| Subyek: Re: pasangan yang bagus yang gimana yaa Sat 26 Jun 2010 - 10:33 | |
| - Vinic & Vespa wrote:
- Thanks tablenya
kok cuman trims aja..... cium dunk | |
| | | vespa_maker Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2228 Age : 53 Localisation : Kemang Timur 86 Registration date : 27.06.08
| Subyek: Re: pasangan yang bagus yang gimana yaa Sat 26 Jun 2010 - 12:44 | |
| - Tatto triyanto wrote:
- Saya gak tau namanya apa ....katanya yang bgs pakai :120/90 ...terus yang kecil pakai 45 ,,,,,,terus 160/95 ...terus yng kecil pakai 48 ,,,,,,yang namanya main jet yg mana ,,,yang spuyer yang mana .trus klo setelan angin yg bags yang gimana ...masih ada lagi gak ukurannya,,,,,,maklum bro sy klo dikarburator kurang begitu paham ,,,,,,,,advisnya bro ....thanks sebelumnya.
Pada tabel Laretha sudah jelas saya nambahin dikit, untuk stelan angin dimulai dari menutup stelan angin ke kanan sampai rapat kemudian buka kekiri sesuai 2,5 putaran (lihat gambar dibawah) | |
| | | kant Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2566 Age : 43 Localisation : kebumen Registration date : 16.04.09
| Subyek: pasangan yang bagus yang gimana yaa Sat 26 Jun 2010 - 13:54 | |
| | |
| | | Tatto triyanto Vespa Team Junior
Jumlah posting : 759 Age : 61 Localisation : bekasi Registration date : 02.03.10
| Subyek: Re: pasangan yang bagus yang gimana yaa Sat 26 Jun 2010 - 19:38 | |
| - Laretha wrote:
- Mengenai spuyer, sebagai acuan kita bisa melihat standarnya sebagaimana table berikut :
Thanks Bro Laretha ,,,,, Vespa sya sprint 77 ,setelah saya buka karbu ,,,,, yg gede ada tulisan 120 ....terus spuyer 82 .....yg kecil 42 ......mesin langsamnya bagus cuma pas ditarik gas ,,,rada berat larinya apakah ini pasangan tdk cocok ...mohon advisnya Bro ..... | |
| | | Tatto triyanto Vespa Team Junior
Jumlah posting : 759 Age : 61 Localisation : bekasi Registration date : 02.03.10
| Subyek: Re: pasangan yang bagus yang gimana yaa Sat 26 Jun 2010 - 19:47 | |
| - vespa_maker wrote:
- Tatto triyanto wrote:
- Saya gak tau namanya apa ....katanya yang bgs pakai :120/90 ...terus yang kecil pakai 45 ,,,,,,terus 160/95 ...terus yng kecil pakai 48 ,,,,,,yang namanya main jet yg mana ,,,yang spuyer yang mana .trus klo setelan angin yg bags yang gimana ...masih ada lagi gak ukurannya,,,,,,maklum bro sy klo dikarburator kurang begitu paham ,,,,,,,,advisnya bro ....thanks sebelumnya.
Pada tabel Laretha sudah jelas saya nambahin dikit, untuk stelan angin dimulai dari menutup stelan angin ke kanan sampai rapat kemudian buka kekiri sesuai 2,5 putaran (lihat gambar dibawah)
Thanks .....Vespa Maker ......atas advisnya ....Klo 2,5 putaran apakah bensin akan Boros .........atau tidak | |
| | | Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: pasangan yang bagus yang gimana yaa Sat 26 Jun 2010 - 20:14 | |
| - Tatto triyanto wrote:
Thanks Bro Laretha ,,,,, Vespa sya sprint 77 ,setelah saya buka karbu ,,,,, yg gede ada tulisan 120 ....terus spuyer 82 .....yg kecil 42 ......mesin langsamnya bagus cuma pas ditarik gas ,,,rada berat larinya apakah ini pasangan tdk cocok ...mohon advisnya Bro ..... Sambil menunggu pencerahan lebih lanjut dari yang lebih mengerti hal ini, pemahaman sy adalah sbb. Yang pertama adalah karburatornya, apakah masih memakai yang ori/bawaan dengan ukuran 20/17, ataukah sudah ganti dengan karb PX/Excel ukuran 20/20. Jika masih memakai yang ori/bawaan, maka spuyer yang dianjurkan adalah 42 - 102 -140. Sedangkan yang saat ini sedang dipakai adalah 42 - 82 - 120, sehingga tidak terlalu mengherankan jika langsamnya bagus, sedangkan untuk akselerasi dan putaran tinggi agak berat, karena memang suplai bensin kurang. [Memang hal tsb mungkin saja disebabkan oleh sistem pengapian atau hal lainnya, tetapi untuk sementara kita lihat dari sisi settingan karburator saja]. Mungkin ada baiknya dicoba dulu spuyer ukuran standar. Yang pilot sudah pas 42. Jadi tinggal mengganti main jet dari 82 menjadi 102, dan "angin" dari 120 menjadi 140. Dan setelah mengganti spuyer, jangan lupa menyetting ulang setelan anginnya. Kemudian, jika memang memakai yang standar bisa berjalan dengan normal, maka bisa kita ganti sesuai dengan selera : naik atau turun, tetapi dianjurkan jangan terlalu besar loncat angkanya; cukup 1 atau 4 step saja. Just my two cents. | |
| | | Tatto triyanto Vespa Team Junior
Jumlah posting : 759 Age : 61 Localisation : bekasi Registration date : 02.03.10
| Subyek: Re: pasangan yang bagus yang gimana yaa Sat 26 Jun 2010 - 20:23 | |
| - Laretha wrote:
- Tatto triyanto wrote:
Thanks Bro Laretha ,,,,, Vespa sya sprint 77 ,setelah saya buka karbu ,,,,, yg gede ada tulisan 120 ....terus spuyer 82 .....yg kecil 42 ......mesin langsamnya bagus cuma pas ditarik gas ,,,rada berat larinya apakah ini pasangan tdk cocok ...mohon advisnya Bro ..... Sambil menunggu pencerahan lebih lanjut dari yang lebih mengerti hal ini, pemahaman sy adalah sbb.
Yang pertama adalah karburatornya, apakah masih memakai yang ori/bawaan dengan ukuran 20/17, ataukah sudah ganti dengan karb PX/Excel ukuran 20/20.
Jika masih memakai yang ori/bawaan, maka spuyer yang dianjurkan adalah 42 - 102 -140. Sedangkan yang saat ini sedang dipakai adalah 42 - 82 - 120, sehingga tidak terlalu mengherankan jika langsamnya bagus, sedangkan untuk akselerasi dan putaran tinggi agak berat, karena memang suplai bensin kurang. [Memang hal tsb mungkin saja disebabkan oleh sistem pengapian atau hal lainnya, tetapi untuk sementara kita lihat dari sisi settingan karburator saja].
Mungkin ada baiknya dicoba dulu spuyer ukuran standar. Yang pilot sudah pas 42. Jadi tinggal mengganti main jet dari 82 menjadi 102, dan "angin" dari 120 menjadi 140. Dan setelah mengganti spuyer, jangan lupa menyetting ulang setelan anginnya.
Kemudian, jika memang memakai yang standar bisa berjalan dengan normal, maka bisa kita ganti sesuai dengan selera : naik atau turun, tetapi dianjurkan jangan terlalu besar loncat angkanya; cukup 1 atau 4 step saja. kalau 102 ...apa gak terlalu boros ,,,,,,,,,,,Bro .....
Just my two cents. | |
| | | Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: pasangan yang bagus yang gimana yaa Sat 26 Jun 2010 - 22:18 | |
| - Tatto triyanto wrote:
kalau 102 ...apa gak terlalu boros ,,,,,,,,,,,Bro .....
102 adalah ukuran standar pabrik, jadi nggak bisa kita kategorikan boros atau irit. PX 85 Grey yg sy pakai, dg memakai ukuran karb/spuyer standar, dg style mengendarai bebas, kadang pelan kalo pas macet, dan kadang cepet, per liternya bisa mencapai 40 km. Jika menjalankan vespa dengan kecepatan konstan di bawah 55, maka per liter sy perhitungkan bisa menempuh sekitar 43-47 km. [Vespa kita kan 150 cc, jadi 1:40 itu masuk kategori irit lho]. Kemudian, sebagai bahan pertimbangan, jika spuyer kita ganti misalnya dengan ukuran 90, untuk mencapai kecepatan 75 km/jam mungkin kita sudah harus membuka gas 90%, padahal dengan spuyer 102 untuk mencapai kecepatan 75 km/jam tsb mungkin kita cukup membuka gas 80% saja, sehingga tingkat "hemat/boros"-nya mirip-mirp saja. Demikian pula jika kita ingin mempertahankan kecepatan hanya di kisaran 45-50 km/jam, jika memakai jet 90 mungkin harus membuka gas 70 %, padahal dengan memakai jet 102 cukup membuka gas 60 %, sehingga tingkat "hemat/boros"-nya tidak berbeda jauh juga. Bedanya adalah dengan 102 (sesuai dengan standar pabrik) mau diajak cepet oke, diajak pelan juga oke-oke saja. Jadi, sekalipun ukuran 102 tidak bisa dikategorikan boros atau irit, karena itu adalah standar pabrik, imho 1:40 itu termasuk kategori irit, mengingat vespa kita adalah 150 cc. Ini bisa kita bandingkan dengan motor-motor lain pada umumnya. Sudah tentu kita bisa menyesuaikannya dengan selera kita; bisa dibikin sedikit lebih boros untuk lebih enak digeber, bisa dibikin sedikit lebih irit, tetapi akselerasi dan putaran tinggi agak berat. Juga bisa dibikin tetap irit dengan tenaga bagus, tetapi ada bagian mesin yang harus dimodif. [hehehe, udah malam ngkali ya, sy ngomongnya jadi ngalor ngidul .... ] | |
| | | ino.ss90 Bikers
Jumlah posting : 140 Age : 45 Localisation : bekasi-barat Registration date : 09.11.09
| Subyek: Re: pasangan yang bagus yang gimana yaa Sat 26 Jun 2010 - 22:27 | |
| mantap tambah lg ni ilmu ane. | |
| | | Tatto triyanto Vespa Team Junior
Jumlah posting : 759 Age : 61 Localisation : bekasi Registration date : 02.03.10
| Subyek: Re: pasangan yang bagus yang gimana yaa Sat 26 Jun 2010 - 22:28 | |
| - Laretha wrote:
- Tatto triyanto wrote:
kalau 102 ...apa gak terlalu boros ,,,,,,,,,,,Bro .....
102 adalah ukuran standar pabrik, jadi nggak bisa kita kategorikan boros atau irit.
PX 85 Grey yg sy pakai, dg memakai ukuran karb/spuyer standar, dg style mengendarai bebas, kadang pelan kalo pas macet, dan kadang cepet, per liternya bisa mencapai 40 km. Jika menjalankan vespa dengan kecepatan konstan di bawah 55, maka per liter sy perhitungkan bisa menempuh sekitar 43-47 km. [Vespa kita kan 150 cc, jadi 1 itu masuk kategori irit lho].
Kemudian, sebagai bahan pertimbangan, jika spuyer kita ganti misalnya dengan ukuran 90, untuk mencapai kecepatan 75 km/jam mungkin kita sudah harus membuka gas 90%, padahal dengan spuyer 102 untuk mencapai kecepatan 75 km/jam tsb mungkin kita cukup membuka gas 80% saja, sehingga tingkat "hemat/boros"-nya mirip-mirp saja.
Demikian pula jika kita ingin mempertahankan kecepatan hanya di kisaran 45-50 km/jam, jika memakai jet 90 mungkin harus membuka gas 70 %, padahal dengan memakai jet 102 cukup membuka gas 60 %, sehingga tingkat "hemat/boros"-nya tidak berbeda jauh juga.
Bedanya adalah dengan 102 (sesuai dengan standar pabrik) mau diajak cepet oke, diajak pelan juga oke-oke saja.
Jadi, sekalipun ukuran 102 tidak bisa dikategorikan boros atau irit, karena itu adalah standar pabrik, imho 1:40 itu termasuk kategori irit, mengingat vespa kita adalah 150 cc. Ini bisa kita bandingkan dengan motor-motor lain pada umumnya.
Sudah tentu kita bisa menyesuaikannya dengan selera kita; bisa dibikin sedikit lebih boros untuk lebih enak digeber, bisa dibikin sedikit lebih irit, tetapi akselerasi dan putaran tinggi agak berat. Juga bisa dibikin tetap irit dengan tenaga bagus, tetapi ada bagian mesin yang harus dimodif.
[hehehe, udah malam ngkali ya, sy ngomongnya jadi ngalor ngidul .... ] Trims berat nih atas advisnya bro ..semoga juga bisa bermanfaat bagi yang lain ....... | |
| | | Sponsored content
| Subyek: Re: pasangan yang bagus yang gimana yaa | |
| |
| | | | pasangan yang bagus yang gimana yaa | |
|
Similar topics | |
|
| Permissions in this forum: | Anda tidak dapat menjawab topik
| |
| |
| |