| pembakaran yang baik | |
|
+5toea_gila koenig blues ridobrown ade_adjie Jemy 9 posters |
|
Pengirim | Message |
---|
Jemy Pemula
Jumlah posting : 15 Registration date : 18.04.10
| Subyek: pembakaran yang baik Mon 28 Jun 2010 - 0:41 | |
| masbro sekalian salam kenal ane jemy..
mau tanya kalo pembakaran yang bagus businya basah apa bagaimana? terus membuat pembakaran sempurna caranya bagaimanayah? maklum masih SMA.. | |
|
| |
ade_adjie Bikers
Jumlah posting : 126 Age : 41 Localisation : Setiabudhi - Bandung Registration date : 13.05.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Mon 28 Jun 2010 - 1:08 | |
| - Jemy wrote:
- masbro sekalian salam kenal ane jemy..
mau tanya kalo pembakaran yang bagus businya basah apa bagaimana? terus membuat pembakaran sempurna caranya bagaimanayah? maklum masih SMA.. lam kenal juga dikbro... pembakaran yg sempurna itu businya kering dan warnanya kecoklatan. membuat pembakaran sempurna itu dipengaruhi oleh pengapian dan kualitas bahan bakar dan oli samping, jadi menurut saya yang musti di cek mulai dari spul, koil, platina, kondensor "kalo pake" (klo pake CDI, ya di cek CDI nya), campuran oli sampingnya juga musti bagus (2%). mungkin yg lain bisa menambahkan.... | |
|
| |
ridobrown Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2490 Age : 52 Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com Registration date : 03.07.07
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Mon 28 Jun 2010 - 12:48 | |
| - ade_adjie wrote:
- Jemy wrote:
- masbro sekalian salam kenal ane jemy..
mau tanya kalo pembakaran yang bagus businya basah apa bagaimana? terus membuat pembakaran sempurna caranya bagaimanayah? maklum masih SMA..
lam kenal juga dikbro...
pembakaran yg sempurna itu businya kering dan warnanya kecoklatan.
membuat pembakaran sempurna itu dipengaruhi oleh pengapian dan kualitas bahan bakar dan oli samping, jadi menurut saya yang musti di cek mulai dari spul, koil, platina, kondensor "kalo pake" (klo pake CDI, ya di cek CDI nya), campuran oli sampingnya juga musti bagus (2%).
mungkin yg lain bisa menambahkan.... itu juga sudah lengkap jawabannya.... cuma untuk oli angka 2% itu = berapa ml oli /1 liter bensin.... tolong di lengkapi... he..he..he... | |
|
| |
Jemy Pemula
Jumlah posting : 15 Registration date : 18.04.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Mon 28 Jun 2010 - 13:30 | |
| terus masbro kalo pasang kondensor tambahan di vespa px ada ngaruhnya gak massbro? ngaruhnya apa masbro..kl bgs ane mau tambahin.. | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Wed 30 Jun 2010 - 13:29 | |
| saya akan coba jawab disini, pembakaran yang sempurna sudah disebut diatas akan tetapi terkadang pembakaran yang sempurnapun meninggalkan sedikit masalah yaitu tegangan listrik yang terlalu besar dan untuk saya pribadi dengan menambahkan kondensor bagus untuk menstabilkan aliran listrik yang menuju ke koil dan busi saya | |
|
| |
toea_gila Vespa Raiders
Jumlah posting : 315 Registration date : 13.07.07
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Wed 30 Jun 2010 - 18:55 | |
| tambahin, untuk pembakaran yang bagus... perlu juga dilirik tuch.. yang namanya magnet sama rotor nya, kalau gaya magnetnya udah berkurang akan menghasilkan aliran listrik yang kurang, sehingga pengapiannya kecil.... rotor juga berpengaruh pada kerenggangan platina... yang membuat aliran listrik besar dan kecil.. | |
|
| |
bungharno Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1136 Age : 46 Localisation : jogja Registration date : 16.07.09
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Thu 1 Jul 2010 - 0:00 | |
| | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Thu 1 Jul 2010 - 18:24 | |
| usahakan mencari rotor yang orisinil memang harganya bisa mencapai diatas 100 ribu akan tetapi setidaknya umur platina anda bisa mencapai 10 tahun lebih | |
|
| |
Jemy Pemula
Jumlah posting : 15 Registration date : 18.04.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Sun 4 Jul 2010 - 1:15 | |
| kalo apinya gede.. tapi busi masih item terus basah itu gimana yah brothers sekalian? ap harus di tambahin sesuatu? | |
|
| |
ino.ss90 Bikers
Jumlah posting : 140 Age : 45 Localisation : bekasi-barat Registration date : 09.11.09
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Sun 4 Jul 2010 - 21:51 | |
| | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Mon 5 Jul 2010 - 11:30 | |
| sepertinya bensin anda terlalu banyak yang masuk kedalam ruang bakar, coba kurangi ukuran spuyer anda dan setel kembali setelan angin karbu anda | |
|
| |
Jemy Pemula
Jumlah posting : 15 Registration date : 18.04.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Wed 7 Jul 2010 - 1:55 | |
| tapi saya bru aja ganti pake spuyer 90 kadang kalo abis di pake terus mau dinyalain lagi harus tarik chook biar bensin cepet turunnya logikanya kan spuyernya kekecilan om karena selalu tarik chook.. | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Wed 7 Jul 2010 - 11:21 | |
| spuyer sudah ukuran 90 dan api sudah besar tetapi busi masih hitam dan kala dinyalakan memerlukan choke.. sepertinya itu (pendapat terburuk) sil anda bocor, atau anda hanya menggunakan oli samping terlalu banyak.. apakah asap knalpot anda putih atau sedikit ke abu-abuan (hampir mendekati biru)? | |
|
| |
toea_gila Vespa Raiders
Jumlah posting : 315 Registration date : 13.07.07
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Wed 7 Jul 2010 - 14:59 | |
| klo dari gejala-gejala diatas.... kemungkinan kompresinya bro.. yang udah mulai berkurang.... coba di cek lagi ring seher nya... dan jangan lupa... knalpot nya juga di bersihin.....
| |
|
| |
Vinic & Vespa Vespa Team GOLD
Jumlah posting : 5937 Localisation : old trafford Registration date : 28.06.08
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Wed 7 Jul 2010 - 15:08 | |
| - toea_gila wrote:
- klo dari gejala-gejala diatas.... kemungkinan kompresinya bro.. yang udah mulai berkurang.... coba di cek lagi ring seher nya... dan jangan lupa... knalpot nya juga di bersihin.....
betul juga, tapi saya pernah alami kasus di atas begitu tukar karburator langsung stabil busi gak hitam dan basah lagi kalo ring seher auh bisa didengar suara getarannya kalo seal kruk as robek, indikasi susah di hidupkan dan tenaga berkurang, asap knalpot pun khas semoga membantu, maaf kalo salah info maklum bukan mekanik | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Wed 7 Jul 2010 - 16:51 | |
| - Vinic & Vespa wrote:
- betul juga, tapi saya pernah alami kasus di atas
begitu tukar karburator langsung stabil busi gak hitam dan basah lagi
Setelah jalan normal, apakah karburatornya tetap memakai yg baru, atau kembali yang lama lagi ? Dan jika memang benar masalahnya ada di sana, apakah kita perlu mengganti karbunya, atau cukup diganti jeroan(kit)- nya saja ? Tq. | |
|
| |
Vinic & Vespa Vespa Team GOLD
Jumlah posting : 5937 Localisation : old trafford Registration date : 28.06.08
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Wed 7 Jul 2010 - 17:23 | |
| - Laretha wrote:
- Vinic & Vespa wrote:
- betul juga, tapi saya pernah alami kasus di atas
begitu tukar karburator langsung stabil busi gak hitam dan basah lagi
Setelah jalan normal, apakah karburatornya tetap memakai yg baru, atau kembali yang lama lagi ?
Dan jika memang benar masalahnya ada di sana, apakah kita perlu mengganti karbunya, atau cukup diganti jeroan(kit)- nya saja ?
Tq. ya ditukar semuanya kecuali bak karbu aja .. | |
|
| |
ridobrown Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2490 Age : 52 Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com Registration date : 03.07.07
| Subyek: karburator Thu 8 Jul 2010 - 9:34 | |
| mengenai karburator.. memang banyak versi... secara teoritis... saya belum pernah dengar karburator bisa rusak secara fisik.
biasanya.. kalo permasalahan adalah di karbu, separah-parahnya paling yang di ganti adalah dexsel, ataupun spuyer-spuyer saja... serta membersihkan karbu dengan menggunakan semprotan angin yang ada di tukang tambal ban..
teknik pemasangan karbu ke rangka mesin harus sejajar, dalam arti mengencangkan baut harus seimbang.. depan - belakang secara bergantian. sehingga karbu tidak melengkung bawahnya...
untuk pembuktian, taruh karburator di atas kaca, perhatikan, apakah ada gap atau tidak, bila ada, maka gunakan amplas halus duco no 1000, lalu gesek karbu tersebut di atas kaca... hingga merata kembali
mungkin ada tambahan dari yang lain..? | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Thu 8 Jul 2010 - 12:17 | |
| saya setuju dengan pendapat bung ridho diatas, sayapun tidak pernah percaya karbu bisa soak seperti analisa para mekanik bengkel, kecuali karbu itu retak atau ada lengkungan dibagian bawah dan untuk saya selama belum retak masih bisa dipergunakan. kadang beberapa mekanik memang enggan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan bila dirasa vespa konsumen sulit untuk disetel maka vonis karbu soak langsung mencuat, inilah salah satu alasan saya terpaksa memeriksa dan memperbaiki vespa saya sendiri semampu saya dirumah untuk efisiensi biaya | |
|
| |
Vinic & Vespa Vespa Team GOLD
Jumlah posting : 5937 Localisation : old trafford Registration date : 28.06.08
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Thu 8 Jul 2010 - 12:22 | |
| yg dimaksud kang r1d0 betul tapi saya tukar karbu ini bukan ama yg baru melainkan dari vespa 1 ke vespa laen karena saya kurang paham penyetelan pada spuyer, pilot jet dkk tapi hasilnya ok, busi kembali normal (merah bata) dan vespa lebih mudah dihidupkan walau dipagi hari saya pikir kalo diganti salah satu kit juga bisa karena karbu yg lama tetap fungsi dgn baik di vespa lainnya 4 vespa yg saya gunakan penyakitnya pun beda disetiap vespanya | |
|
| |
ridobrown Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2490 Age : 52 Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com Registration date : 03.07.07
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Thu 8 Jul 2010 - 12:36 | |
| itulah bro fenoma dari jaman Purba...... akal-akalan mekanik kebanyakan seperti itu.... ilmu-nya ilmu SPANYOL... (SPAro NYOLong), kalo bisa karbu bekasnya disimpen sama dia...ntar kalo ada pasien datang dengan penyakit yang sama, dia tinggal kasih jurus ampuhnya... "coba pake yang saya dulu, kali aja ada perubahan..."
ada lagi nih... bak perseneleng.. dibilang rusak, musti diganti.. padahal, cuma bongkar pin aja ganti dengan yang lain, sudah normal lagi... atau tinggal ganti per -nya doang ... | |
|
| |
Jemy Pemula
Jumlah posting : 15 Registration date : 18.04.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Thu 8 Jul 2010 - 12:48 | |
| tapi om koenig asep dari knalpot biasa..putih aja ga ada warna lain.. terus tarikan dan yang lain semua masih oke banget.. cuma kalo buka busi, businya basah.. | |
|
| |
Jemy Pemula
Jumlah posting : 15 Registration date : 18.04.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Thu 8 Jul 2010 - 12:52 | |
| - toea_gila wrote:
- klo dari gejala-gejala diatas.... kemungkinan kompresinya bro.. yang udah mulai berkurang.... coba di cek lagi ring seher nya... dan jangan lupa... knalpot nya juga di bersihin.....
bukannya kalo masalah seher serta stang seher dan ring seher itu kalo rusak bunyi ya om? punya saya ga bunyi2.. | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Thu 8 Jul 2010 - 12:54 | |
| tarikan oke dan asap hanya sedikit, juga spuyer sudah 90.. anda memakai busi panjang atau pendek dan apakah basahnya menyeluruh hingga ke ujung busi atau hanya di drat? | |
|
| |
Jemy Pemula
Jumlah posting : 15 Registration date : 18.04.10
| Subyek: Re: pembakaran yang baik Thu 8 Jul 2010 - 19:43 | |
| - koenig blues wrote:
- tarikan oke dan asap hanya sedikit, juga spuyer sudah 90.. anda memakai busi panjang atau pendek dan apakah basahnya menyeluruh hingga ke ujung busi atau hanya di drat?
kalo asep mah tergantung sama oli om... busi pendek om..basahnya semuanya om.. | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: pembakaran yang baik | |
| |
|
| |
| pembakaran yang baik | |
|