| mohon infonya broder.. | |
|
+6kadal teler koenig blues ade_adjie Laretha vespa_maker vespaboy 10 posters |
Pengirim | Message |
---|
vespaboy Pemula
Jumlah posting : 19 Age : 41 Localisation : halim, jakarta timur Registration date : 25.06.10
| Subyek: mohon infonya broder.. Fri 2 Jul 2010 - 15:48 | |
| Ane pake vespa super th 76, kondisi mesin bloknya udah di korter smp M6, karbu pake spaco 24-24 tp spuyernya pake ukuran 85 (punya px).. biar ga boros2 amat, mengingat spuyer 24 -24 ukurannya 116. hahaha..
kondisi nya lumayan sehat plus enak tarikannya...
masalahnya sering nembak - nembak, busi udah di ganti, stelan karbu udah di seting..
setiap abis nembak pasti mati mesinnya..
platina, kondensor sm spulnya baru.
mohon wejangannya gan, supaya vespa ane ga batuk lagi..
thx | |
|
| |
vespa_maker Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2228 Age : 53 Localisation : Kemang Timur 86 Registration date : 27.06.08
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Fri 2 Jul 2010 - 16:10 | |
| bila paltina, condensor & spul sudah kondisi baru coba perhatikan nembaknya pada bagian karbu apa mesin..?? buka tutup karbu & gas naik (kenceng) bisa juga nembak karena tekor suplay bensin, mengingat pake karbu 24/24. jadi stelan spuyer harus disesuaikan.
| |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Fri 2 Jul 2010 - 16:59 | |
| - vespaboy wrote:
- Ane pake vespa super th 76, kondisi mesin bloknya udah di korter smp M6, karbu pake spaco 24-24 tp spuyernya pake ukuran 85 (punya px).. biar ga boros2 amat, mengingat spuyer 24 -24 ukurannya 116. hahaha..
Spuyer karbu 24-24 untuk PX 200 standarnya adalah 118/55. Spuyer karbu 24-24 untuk T5 standarnya adalah 110/50. Sedangkan PX 150, karbu 20-20, spuyer standarnya adalah 102/48. Jadi, jangankan untuk karbu 24-24, untuk karbu 20-20pun, main jet ukuran 85 tsb kesannya terlalu dipaksakan. Coba deh pake spuyer standarnya. Dengan pemakaian standar/normal, apakah betul spuyer kecil menjadi lebih hemat ?? Coba bandingkan; dan hasil ujicoba mungkin akan mengejutkan. | |
|
| |
ade_adjie Bikers
Jumlah posting : 126 Age : 41 Localisation : Setiabudhi - Bandung Registration date : 13.05.10
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Fri 2 Jul 2010 - 19:13 | |
| - Laretha wrote:
- vespaboy wrote:
- Ane pake vespa super th 76, kondisi mesin bloknya udah di korter smp M6, karbu pake spaco 24-24 tp spuyernya pake ukuran 85 (punya px).. biar ga boros2 amat, mengingat spuyer 24 -24 ukurannya 116. hahaha..
Spuyer karbu 24-24 untuk PX 200 standarnya adalah 118/55. Spuyer karbu 24-24 untuk T5 standarnya adalah 110/50. Sedangkan PX 150, karbu 20-20, spuyer standarnya adalah 102/48.
Jadi, jangankan untuk karbu 24-24, untuk karbu 20-20pun, main jet ukuran 85 tsb kesannya terlalu dipaksakan.
Coba deh pake spuyer standarnya. Dengan pemakaian standar/normal, apakah betul spuyer kecil menjadi lebih hemat ?? Coba bandingkan; dan hasil ujicoba mungkin akan mengejutkan. Betul..... spuyer kecil ga menjamin jadi irit, malah jadi lebih boros, karena gas sering ditarik lantaran pengin lari tapi malah jadi mlempem, alhasil gas ditarik sekenceng2nya tp ga lari2, sedangkan bensin terus ngalir..... dan akhirnya boros juga kan?! lebih baik standard aja.... lebih enak dan aman..... ibarat lari maraton 50 KM cuman dikasih minum segelas..... bukan begitu brader2?! maap klo salah... hhehehehe | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Sat 3 Jul 2010 - 12:00 | |
| spuyer diatas 100 sepertinya tidak berlaku disaya..
untuk vespaboy ada baiknya anda mengganti karbu anda ke ukuran 20-20 bawaan vespa anda dengan spuyer 90 ini sudah cukup irit selama ada jangan terlalu sering berlari diatas 80kmh, sedang masalah pada mesin anda disebabkan spuyer terlalu kecil atau setelan platina anda tidak pas
ps: spaco 24-24 adalah produk imitasi yang paling gagal, karena sangat sulit menyetelnya untuk irit tetapi masih bisa berlari kencang kecuali anda bisa mendapatkan karbu 24-24 px 200/spartan ini akan membuat hidup anda lebih mudah
ps2: spuyer dengan ukuran 90 bila dipakai untuk kebut-kebutan memang menuntut kita untuk sangat halus dan rapi dalam mengurut bukaan gas tetapi efek positif terbesar yang saya rasakan adalah umur mesin saya lebih awet dan getaran mesin saya tidak terlampau besar ketimbang saya menanamkan spuyer ukuran lebih besar dengan harapan respon gas lebih agresif
ps3: kelihaian tangan kiri lebih diperlukan pada waktu anda kebut-kebutan liar ataupun pada sirkuit resmi dengan vespa dibanding kelihaian tangan kanan | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Sat 3 Jul 2010 - 13:42 | |
| - ade_adjie wrote:
Betul..... spuyer kecil ga menjamin jadi irit, malah jadi lebih boros, karena gas sering ditarik lantaran pengin lari tapi malah jadi mlempem, alhasil gas ditarik sekenceng2nya tp ga lari2, sedangkan bensin terus ngalir..... dan akhirnya boros juga kan?!
lebih baik standard aja.... lebih enak dan aman.....
ibarat lari maraton 50 KM cuman dikasih minum segelas.....
bukan begitu brader2?!
maap klo salah... hhehehehe Secara umum memang lebih baik yang standar, karena insinyur-insinyur jenius yang menciptakan vespa sudah memperhitungkannnya, yaitu mencapai balans yang terbaik antara kinerja dan nilai ekonomisnya. Memang demi lebih ekonomis ada yang tidak menyukai yang standar, sehingga misalnya memakai spuyer yang lebih kecil; bahkan lebih kecil beberapa tahap. Namun pada umumnya, selain memperkecil spuyer, biasanya menuntut penyesuaian juga pada bagian tertentu, misalnya dengan menipiskan kop silinder. Jadi memang kembali kepada selera masing-masing, senang yang mana. Ada orang yang kalo ngomong pemakaian oli, ngotot mengatakan harus yang sesuai dengan buku panduan (yang standar), tapi pada saat yang bersamaan ketika bicara soal karburator, say no to buku panduan (yang standar). Jadi ya emang begitulah, kembali kepada selera dan kebutuhan kita masing-masing. Hanya saja, yang standar (sesuai buku panduan) adalah kompromi terbaik antara nilai ekonomis, kinerja, dan usia pemakaian. Just my two cents. | |
|
| |
kadal teler Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1214 Registration date : 01.04.09
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Sat 3 Jul 2010 - 18:42 | |
| - koenig blues wrote:
ps: spaco 24-24 adalah produk imitasi yang paling gagal, karena sangat sulit menyetelnya untuk irit tetapi masih bisa berlari kencang kecuali anda bisa mendapatkan karbu 24-24 px 200/spartan ini akan membuat hidup anda lebih mudah
maap bos, memang karbu spaco yang beredar di indonesia banyak sekali macamnya.. kebetulan saya juga pake karb spaco yang 24-24 (asli spaco) sama yang 26-26(asli spaco) yang saya dapatkan adalah, seting lebih mudah dari karbu merk lain atau spaco yang KW. kalo sama dellorto ya hampir mirip. selain itu parbedaan antara karbu spaco yang asli sama yang KW sangatlah tipis.. tapi bila disejajarkan akan kelihatan dari jenis bahan, berat dan model spuyernya. VESPABOY.. sebenarnya semua tergantung sama mekaniknya om.. biasanya penggantian karbu yang lebih besar disesuaikan sama kondisi atau permintaan dari ruang bakar atau lebih enaknya tergantung kondisi mesin. kalaoupun kondisi mesin biasa( maaf.bukan korekan) meskipun di ganti karbu yang lebih besar hanya mengefek pada keborosan bensin dan susah setingnya. bisa-bisa malah gak lari om.. coba cek dari karbunya aja om.... mungkin gak sebanding antara suplay bensin sama kebutuhan mesinnya... (mohon di luruskan jika kurang bener atau salah, maklum pengalaman pribadi saja) heheheheee piiiissss | |
|
| |
pepen Vespa Team GOLD
Jumlah posting : 8989 Age : 41 Registration date : 03.05.08
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Sat 3 Jul 2010 - 19:05 | |
| lha yg betul perbandingan suply bensin ama setelan angin dikarbu itu bgm.. jika kondisi seher udah korekan bro fai...? gmn tuh cara nyetingnya...? monggo..... | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Sat 3 Jul 2010 - 21:56 | |
| Sekalian numpang nanya.
Vespa sy mesinnya standar abizz. Kalo karbunya yang 20-20 sy ganti dengan 24-24 kualitas bagus, apakah betul efeknya cenderung ke boros bensin (negatif) ? Apakah tidak bisa dibuat menjadi lebih mumpuni dengan penggantian karbu tsb ?
Sy tanyakan hal tsb karena T5 kan dikenal sakti sekalipun cc-nya standar ajah. Nah, saktinya T5 tsb apakah karena pemasangan karbu 24-24, ataukah memang karena memiliki konstruksi mesin yang berbeda ?
Ditunggu pencerahannya. | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Mon 5 Jul 2010 - 12:11 | |
| - Laretha wrote:
- Sekalian numpang nanya.
Vespa sy mesinnya standar abizz. Kalo karbunya yang 20-20 sy ganti dengan 24-24 kualitas bagus, apakah betul efeknya cenderung ke boros bensin (negatif) ? Apakah tidak bisa dibuat menjadi lebih mumpuni dengan penggantian karbu tsb ?
Sy tanyakan hal tsb karena T5 kan dikenal sakti sekalipun cc-nya standar ajah. Nah, saktinya T5 tsb apakah karena pemasangan karbu 24-24, ataukah memang karena memiliki konstruksi mesin yang berbeda ?
Ditunggu pencerahannya. T5 melegenda karena walaupun hanya 125 cc tapi berkemampuan sama dengan 200cc, semuanya dikarenakan pada blok mesinnya ada 5 buah lubang bilas karena itu dinamakan T5 karena ada 5 port bukannya 3 seperti pada px 150/ sprint atau spartan 200 cc / px 200/ excel 200 ps: hati-hati membeli karbu aftermarket karena andaipun ada yang bagus seperti yang dikatakan bung kadal teler tetapi kalau anda tidak tahu perbedaan antara yang bagus seperti dikatakan bung kadal teler dengan kw maka usahakan mencari karbu 24-24 dell orto copotan dari vespa p200 atau excel 200 | |
|
| |
ridobrown Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2490 Age : 52 Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com Registration date : 03.07.07
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Mon 5 Jul 2010 - 12:37 | |
| apakah ini yang asli..?? del orto nya..? atau kombinasi..?? tampak atas | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Mon 5 Jul 2010 - 12:57 | |
| | |
|
| |
ridobrown Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2490 Age : 52 Localisation : http://hotel-forsale.blogspot.com Registration date : 03.07.07
| |
| |
bungharno Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1136 Age : 46 Localisation : jogja Registration date : 16.07.09
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Mon 5 Jul 2010 - 14:43 | |
| - ridobrown wrote:
- gini bro... ada pemahaman di dunia nyata... bahwa karbu yang asli itu adalah yang.. ..... sebagai gambaran ini saya berikan yang menjadi ciri-ciri karbu asli atau tidaknya...
jawaban ini bisa menjadi referensi untuk teman-teman dalam membeli karburator 24/24 del orto yang asli... dengan mengacu kepada manual book vespa atau danmotor, bisa juga dari bukti bawaan asli dari vespa yang menggunakan karbu bawaan asli 24/24 jadi binung neh yang asli yang mana ya, kalo merasa asli tolong keluar dong. | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Mon 5 Jul 2010 - 15:05 | |
| - koenig blues wrote:
T5 melegenda karena walaupun hanya 125 cc tapi berkemampuan sama dengan 200cc, semuanya dikarenakan pada blok mesinnya ada 5 buah lubang bilas karena itu dinamakan T5 karena ada 5 port bukannya 3 seperti pada px 150/ sprint atau spartan 200 cc / px 200/ excel 200
ps: hati-hati membeli karbu aftermarket karena andaipun ada yang bagus seperti yang dikatakan bung kadal teler tetapi kalau anda tidak tahu perbedaan antara yang bagus seperti dikatakan bung kadal teler dengan kw maka usahakan mencari karbu 24-24 dell orto copotan dari vespa p200 atau excel 200
O, jadi faktor utamanya bukan di karburator, melainkan di konstruksi mesin. Tengs buat penjelasannya. | |
|
| |
vespaboy Pemula
Jumlah posting : 19 Age : 41 Localisation : halim, jakarta timur Registration date : 25.06.10
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Mon 5 Jul 2010 - 15:18 | |
| oke agan - agan saya setubuh dengan masukannya.. thx bradar langsung laksanakan ganti karbu 20-20 sama spuyernya... smoga vespa wasiat saya ga batuk lagi.. uhuk.. uhuuk... maap gan itu saya yng batuk.. utk kang koenig and the bradar lain thx kang pencerahannya, sungguh menggugah bathin saya hahahaa... utk kang onix vespa maker, thx kang utk malem minggunya hahahaaa. salam, Vespaboy | |
|
| |
vespa_maker Vespa Team Bronze
Jumlah posting : 2228 Age : 53 Localisation : Kemang Timur 86 Registration date : 27.06.08
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Mon 5 Jul 2010 - 16:04 | |
| Ok bro, kapan-kapan mampir lagi Salam | |
|
| |
vespaboy Pemula
Jumlah posting : 19 Age : 41 Localisation : halim, jakarta timur Registration date : 25.06.10
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Mon 5 Jul 2010 - 16:37 | |
| - vespa_maker wrote:
- Ok bro, kapan-kapan mampir lagi
Salam Pasti kang onix.... nanti saya bawa pasukan kang.. hahaha | |
|
| |
axeldead Vespa Raiders
Jumlah posting : 296 Age : 34 Localisation : Jakarta Selatan tepatnya Cipete Utara Registration date : 27.12.07
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. Tue 6 Jul 2010 - 15:21 | |
| wah info bagussssss jadi tau dan dapat ilmu | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: mohon infonya broder.. | |
| |
|
| |
| mohon infonya broder.. | |
|