- ketombe wrote:
- thx bro...
yg bocor kemaren ban belakang bro... yg bikin sampe luka gara2 tukang tambalnya nyuruh gue ngangkat bokong si vespa dari belakang, trus dianya masang ban, nggak tau si semok malah maju kedepan.. yah gitu deh akhirnya...
O rupanya cara melepas roda dari vespanya.
Link yg saya berikan di atas adalah cara untuk membuka ban dari velg.
Sedangkan untuk membuka roda belakang, yang saya lakukan adalah sbb. :
1. Pasang standar vespa.
2. Dalam kondisi seperti itu, roda belakang masih menempel tanah,
baut-baut roda dikendorkan sedikit.
3. Ganjal bagian bawah mesin sehingga roda belakang tidak lagi menempel tanah.
Jika di rumah, saya mengganjalnya memakai bata dan balok kayu yang memang sudah disiapkan,
dan jika bocornya di jalanan, saya mencari sembarang batu yang tersedia.
4. Dalam kondisi roda tidak lagi menempel tanah,
baut-baut yang sudah dikendorkan tadi (point 2) dilepas, dan roda bisa dilepas.
5. Setelah ban bocor ditambal,
maka dipasang kembali dengan urutan terbalik dari waktu melepas.
Catatan tambahan :
1. Mengingat ketika melepas rodanya dalam kondisi kempes,
mungkin waktu memasang ulang, ganjalnya perlu ditambah,
supaya lebih tinggi, dan leluasa memasang rodanya.
2. Untuk keperluan ganjal mengganjal tsb, juga bisa memakai dongkrak.
Dongkraknya bisa membeli yang sudah jadi, atau membikin sendiri.
3. "Kemudahan" buka-pasang roda tsb sudah tentu khususnya bagi yang standar.
Bagi yang memakai ban ukuran lebih lebar dari standarnya,
juga bagi yang memakai knalpot dengan bentuk khusus,
mungkin perlu "sedikit ekstra teliti/langkah" untuk keperluan buka pasang tsb.