| Posisi Busi Vespa | |
|
|
Pengirim | Message |
---|
tjo'63 Pemula
Jumlah posting : 28 Localisation : BANDUNG TEA Registration date : 16.08.08
| Subyek: Posisi Busi Vespa Sun 17 Oct 2010 - 22:25 | |
| SALAM SEJAHTERA to ALL....... Td siang pas lagi ngelap2 mesin c Gboy..... Tiba2 kepikiran kenapa ya posisi busi di vespa ga sejajar dengan piston nya??? Coba ngebrows sana sini nggak dapet clue nya. Nah kira2 ada yang bs kasih tau ga kenapa nya? Lumayan buat pengetahuan rekan2 yang lain jg. Terima Kasih sebelum n sesudah nya..... | |
|
| |
Arifsugie08 Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1279 Age : 38 Localisation : Tebet, kadang di jogja Registration date : 12.01.10
| Subyek: Re: Posisi Busi Vespa Mon 18 Oct 2010 - 6:17 | |
| - tjo'63 wrote:
- SALAM SEJAHTERA to ALL.......
Td siang pas lagi ngelap2 mesin c Gboy..... Tiba2 kepikiran kenapa ya posisi busi di vespa ga sejajar dengan piston nya??? Coba ngebrows sana sini nggak dapet clue nya. Nah kira2 ada yang bs kasih tau ga kenapa nya? Lumayan buat pengetahuan rekan2 yang lain jg. Terima Kasih sebelum n sesudah nya..... maksudnya nggak pas didepannya?mungkin karena kurang pantes aja kali,.. hehehe,...mungkin dibawah bisa njelasin.. | |
|
| |
tjo'63 Pemula
Jumlah posting : 28 Localisation : BANDUNG TEA Registration date : 16.08.08
| Subyek: Re: Posisi Busi Vespa Mon 18 Oct 2010 - 8:44 | |
| - Arifsugie08 wrote:
- tjo'63 wrote:
- SALAM SEJAHTERA to ALL.......
Td siang pas lagi ngelap2 mesin c Gboy..... Tiba2 kepikiran kenapa ya posisi busi di vespa ga sejajar dengan piston nya??? Coba ngebrows sana sini nggak dapet clue nya. Nah kira2 ada yang bs kasih tau ga kenapa nya? Lumayan buat pengetahuan rekan2 yang lain jg. Terima Kasih sebelum n sesudah nya..... maksudnya nggak pas didepannya?mungkin karena kurang pantes aja kali,.. hehehe,...mungkin dibawah bisa njelasin.. Wkwkwkw.....bener maksudnya kenapa ga di head kop yg pas di depan piston nya gt???? Kalo disebut kurang pantes pastinya dl menurut Abah Enrico Piaggio ada sebab musabab nya.... Tentunya ada hubungan dengan performa mesin duuuuooonnnggg.... N jg ada itung2an sendiri berapa % derajat kemiringan businya. Trims Bro Arif,salam.... | |
|
| |
Nurdin R Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1188 Age : 43 Localisation : Malang - Jawa Timur Registration date : 09.01.09
| Subyek: Re: Posisi Busi Vespa Mon 18 Oct 2010 - 8:50 | |
| melihat kubah tempat pembakaran kan juga gak pas tengah tapi keatas | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: Posisi Busi Vespa Mon 18 Oct 2010 - 14:48 | |
| perhatikan alur pistonnya dan head cylinder vespa, selain itu pemasangan busi diatas digunakan untuk memaksimalkan pendinginan blok mesin dan efisiensi ruang mesin yang sempit pada era 1960 keatas, pada era sebelumnya busi tidak berada di atas blok (karena diatas blok menempel intake karbu | |
|
| |
toea_gila Vespa Raiders
Jumlah posting : 315 Registration date : 13.07.07
| Subyek: Re: Posisi Busi Vespa Tue 19 Oct 2010 - 9:23 | |
| - tjo'63 wrote:
- SALAM SEJAHTERA to ALL.......
Td siang pas lagi ngelap2 mesin c Gboy..... Tiba2 kepikiran kenapa ya posisi busi di vespa ga sejajar dengan piston nya??? Coba ngebrows sana sini nggak dapet clue nya. Nah kira2 ada yang bs kasih tau ga kenapa nya? Lumayan buat pengetahuan rekan2 yang lain jg. Terima Kasih sebelum n sesudah nya..... mmhh.. kalau kita bandingkan dengan mesin-mesin yang jenis sama (2 tak), emang vespa rada nyeleneh. Coba kita perhatikan mesin RX-King, Force 1 atau TR 100. mesin-mesin tersebut mempunyai cc yang hampir sama dan posisi busi pas diatas piston. tapi sekarang coba kita perhatikan suara mesin-mesin tersebut dan bandingkan dengan suara mesin vespa. Suara mesin vespa khas, dan kalau kita jeli, hampir sama dengan suara motor 4 tak. kenapa...?? vespa mempunya langkah yang panjang dan ini akan menghasilkan torsi yang besar pula. sedangkan mesin-mesin 2 tak lainnya, langkah nya pendek namunn mampu menghasilkan akselerasi yang tinggi. kesimpulan : - posisi busi miring digunakan pada mesin-mesin yang mempunyai langkah yang besar (tidak peduli 4 tak atau 2 tak) coba perhatikan mesin motor seperti astrea, GL, mega pro, vega (rata-rata 4 tak). tetapi pada mesin-mesin yang mempunyai langkah yang kecil, posisi busi diatas, perhatikan Ninja, CBR, Vixion (4 tak juga). - posisi busi diatas biasanya digunakan pada motor - motor yang menginginkan akselerasi yang tinggi, seperti motor2 sport. - vespa adalah salah-satu mesin 2 tak yang mempunyai langkah yang panjang dan menghasilkan torsi yang besar, sehingga diperlukan busi miring. - untuk percobaan mengenai torsi : angkut beras sebanyak 50 kg dengan menggunakan vespa dan RX-King dan coba di tanjakan. Bandingkan....??? lebih kuat mana...??? | |
|
| |
tjo'63 Pemula
Jumlah posting : 28 Localisation : BANDUNG TEA Registration date : 16.08.08
| Subyek: Re: Posisi Busi Vespa Tue 19 Oct 2010 - 10:16 | |
| - koenig blues wrote:
- perhatikan alur pistonnya dan head cylinder vespa, selain itu pemasangan busi diatas digunakan untuk memaksimalkan pendinginan blok mesin dan efisiensi ruang mesin yang sempit pada era 1960 keatas, pada era sebelumnya busi tidak berada di atas blok (karena diatas blok menempel intake karbu
Mmmmhhh....memaksimalkan pendinginan?????? Bisa jadi "ada hubungan" dengan jalur udara yang dihasilkan dari kipas ya Oom??? Biar Busi ngga cepet panas gt??? Kan kl posisi busi tepat di depan piston ada gt butuh "waktu" lebih buat udara pendingin sampe ke busi. Trims Oom Koenig_blues buat input nya.... Ditunggu input selanjutnya.. | |
|
| |
tjo'63 Pemula
Jumlah posting : 28 Localisation : BANDUNG TEA Registration date : 16.08.08
| Subyek: Re: Posisi Busi Vespa Tue 19 Oct 2010 - 10:32 | |
| - toea_gila wrote:
- tjo'63 wrote:
- SALAM SEJAHTERA to ALL.......
Td siang pas lagi ngelap2 mesin c Gboy..... Tiba2 kepikiran kenapa ya posisi busi di vespa ga sejajar dengan piston nya??? Coba ngebrows sana sini nggak dapet clue nya. Nah kira2 ada yang bs kasih tau ga kenapa nya? Lumayan buat pengetahuan rekan2 yang lain jg. Terima Kasih sebelum n sesudah nya..... mmhh.. kalau kita bandingkan dengan mesin-mesin yang jenis sama (2 tak), emang vespa rada nyeleneh. Coba kita perhatikan mesin RX-King, Force 1 atau TR 100. mesin-mesin tersebut mempunyai cc yang hampir sama dan posisi busi pas diatas piston.
tapi sekarang coba kita perhatikan suara mesin-mesin tersebut dan bandingkan dengan suara mesin vespa. Suara mesin vespa khas, dan kalau kita jeli, hampir sama dengan suara motor 4 tak. kenapa...??
vespa mempunya langkah yang panjang dan ini akan menghasilkan torsi yang besar pula. sedangkan mesin-mesin 2 tak lainnya, langkah nya pendek namunn mampu menghasilkan akselerasi yang tinggi.
kesimpulan : - posisi busi miring digunakan pada mesin-mesin yang mempunyai langkah yang besar (tidak peduli 4 tak atau 2 tak) coba perhatikan mesin motor seperti astrea, GL, mega pro, vega (rata-rata 4 tak). tetapi pada mesin-mesin yang mempunyai langkah yang kecil, posisi busi diatas, perhatikan Ninja, CBR, Vixion (4 tak juga).
- posisi busi diatas biasanya digunakan pada motor - motor yang menginginkan akselerasi yang tinggi, seperti motor2 sport.
- vespa adalah salah-satu mesin 2 tak yang mempunyai langkah yang panjang dan menghasilkan torsi yang besar, sehingga diperlukan busi miring.
- untuk percobaan mengenai torsi : angkut beras sebanyak 50 kg dengan menggunakan vespa dan RX-King dan coba di tanjakan. Bandingkan....??? lebih kuat mana...???
Wahh Oom Toe_gila pemikiran nya hampir sama dengan Oom Enrico Piaggio waktu mo nyiptain "The Legend Vespa". TOP.....!!!! Kl soal torsi besar Vespa, mungkin karena roda Vespa langsung digerakan ama Gearbox ya Oom?? Jadi ngga ada "Power" yg kebuang,gt. BTW, Trims Oom Toea_Gila buat pencerahan nya... | |
|
| |
toea_gila Vespa Raiders
Jumlah posting : 315 Registration date : 13.07.07
| Subyek: Re: Posisi Busi Vespa Tue 19 Oct 2010 - 11:54 | |
| - tjo'63 wrote:
Kl soal torsi besar Vespa, mungkin karena roda Vespa langsung digerakan ama Gearbox ya Oom?? Jadi ngga ada "Power" yg kebuang,gt. BTW, Trims Oom Toea_Gila buat pencerahan nya... kalau masalah penggerak roda, ada beberap type, ada yang menggunakan rantai, gardan (BMW), maupun v-belt (matic). namun dari semua penggerak tersebut perbedaannya torsinya hanya sedikit sekali atau bisa dibilang hampir tidak ada. kelebihan ada pada masing-masing desain saja. misalkan kalau untuk matic akan lebih cocok menggunakan v-belt, tapi kenyataannya.... pada motor besar pun ada yang menggunakan v-belt. namun, dari sekian banyak penggerak, yang paling cocok adalah rantai... jadi torsi hanya sebagian kecil dipengaruhi oleh penggerak. | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: Posisi Busi Vespa | |
| |
|
| |
| Posisi Busi Vespa | |
|