Forum Ikatan Vespa Indonesia
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  Latest imagesLatest images  PendaftaranPendaftaran  Login  

 

 koil dan busi yang bgs

Go down 
+16
kakakarab
paradise2307
ad6636bb
ronniehusain
noeril
Nurdin R
toea_gila
0600661160
zavra
liusgunawan
si bontet
ebenmhs
WAWAN
ari abednego
koenig blues
akaza
20 posters
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
akaza

akaza


Jumlah posting : 3
Age : 39
Localisation : Padang
Registration date : 25.02.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyMon 1 Mar 2010 - 12:56

nanya lagi abg2 smua..............

koil dan busi yang bgs kira2....apa y.......??????

trus....gmn cara liat koil m busi
yang dah g layak pakai......

makasih y bang Question Question Question Question Question Question
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyMon 1 Mar 2010 - 14:48

untuk koil yang bagus ya danmotor Razz dan untuk busi itu selera, untuk saya berhubung semua vespa saya kompresinya sedikit tinggi saya memakai busi NGK T5
Kembali Ke Atas Go down
ari abednego
Pemula
ari abednego


Jumlah posting : 25
Age : 32
Localisation : depok...deket kuburan, pohon bambu...
Registration date : 09.02.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyThu 4 Mar 2010 - 11:25

koenig blues wrote:
untuk koil yang bagus ya danmotor Razz dan untuk busi itu selera, untuk saya berhubung semua vespa saya kompresinya sedikit tinggi saya memakai busi NGK T5

bro, busi NGK T5 brp duit? dipasaran msh byk beredar ga?
Kembali Ke Atas Go down
WAWAN
Vespa Team Deluxe
WAWAN


Jumlah posting : 1508
Localisation : VESKADA - TANGERANG - BANTEN
Registration date : 19.11.07

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyThu 4 Mar 2010 - 23:25

Setuju... Daan Motor bagus.

Untuk Busi, mungkin bisa di sesuaikan dengan spesifikasi mesinnya. Setting Racing, turing atau harian.
Karna masing2 type mempunyai porsi masing2, ada busi yang tahan panas, ada yang tidak. Ada yang kuat dengan campuran olie banyak, ada yang tidak. Setahu saya, busi racing hanya sekali pakai dan tidak boleh kebanyakan oli sampingnya.

Ada baiknya di sesuiakan dengan stelan platina ( jika pakai) dan juga setingan karbu. Busi bagus jika stelan karbunya dan platina tidak sehat, juga hasilnya tidak maksimal.

Kriteria dan spesifikasi secara teori saya tidak tahu persis, tapi pengalaman saya, saya menggunakan NKG dengan tulisan warna hijau, bungkus gambar vespa, cukup awet untuk jenis vespa harian saya.

Selama menggunakan busi itu, belum pernah mengalami busi mati..

Mungkin teman2 yang lain bisa menambahkan...

tk
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyFri 5 Mar 2010 - 13:57

ari abednego wrote:
koenig blues wrote:
untuk koil yang bagus ya danmotor Razz dan untuk busi itu selera, untuk saya berhubung semua vespa saya kompresinya sedikit tinggi saya memakai busi NGK T5

bro, busi NGK T5 brp duit? dipasaran msh byk beredar ga?
NGK T5229 busi kepala pendek lho (untuk motor standar pakai yang kepala panjang bisa NGK bisa denso), harganya10 ribu dan masih banyak yang jual (recommended toko spare part yang bisa dipercaya karena akhir2 ini mulai oli hingga busi banyak yang palsu)
Kembali Ke Atas Go down
ari abednego
Pemula
ari abednego


Jumlah posting : 25
Age : 32
Localisation : depok...deket kuburan, pohon bambu...
Registration date : 09.02.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyThu 11 Mar 2010 - 9:38

koenig blues wrote:
ari abednego wrote:
koenig blues wrote:
untuk koil yang bagus ya danmotor Razz dan untuk busi itu selera, untuk saya berhubung semua vespa saya kompresinya sedikit tinggi saya memakai busi NGK T5

bro, busi NGK T5 brp duit? dipasaran msh byk beredar ga?
NGK T5229 busi kepala pendek lho (untuk motor standar pakai yang kepala panjang bisa NGK bisa denso), harganya10 ribu dan masih banyak yang jual (recommended toko spare part yang bisa dipercaya karena akhir2 ini mulai oli hingga busi banyak yang palsu)

Sekarang yg byk beredar NGK T5999 bro...bagus ga ne? soalnya minggu kemaren ke otista nanya NGK T5 dikasihnya NGK T5999 trus...harganya jg 10rb...
Kembali Ke Atas Go down
ebenmhs
Vespa Team Deluxe
ebenmhs


Jumlah posting : 1588
Localisation : Cibinong Bogor
Registration date : 24.07.08

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyThu 11 Mar 2010 - 10:11

pake NGK T5999 aja bro , vespa ane pake busi itu mpe skg masih mantep
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyThu 11 Mar 2010 - 10:21

ari abednego wrote:
koenig blues wrote:
ari abednego wrote:
koenig blues wrote:
untuk koil yang bagus ya danmotor Razz dan untuk busi itu selera, untuk saya berhubung semua vespa saya kompresinya sedikit tinggi saya memakai busi NGK T5

bro, busi NGK T5 brp duit? dipasaran msh byk beredar ga?
NGK T5229 busi kepala pendek lho (untuk motor standar pakai yang kepala panjang bisa NGK bisa denso), harganya10 ribu dan masih banyak yang jual (recommended toko spare part yang bisa dipercaya karena akhir2 ini mulai oli hingga busi banyak yang palsu)

Sekarang yg byk beredar NGK T5999 bro...bagus ga ne? soalnya minggu kemaren ke otista nanya NGK T5 dikasihnya NGK T5999 trus...harganya jg 10rb...
maaf maaf kesalahan ada pada saya yang telah tahunan selalu menyebut T5 kepada toko langganan dan mereka langsung paham, yang betul adalah yang bung ari beli NGK T5999.

ps: saya pakai busi itu tahunan dan tidak ada masalah
Kembali Ke Atas Go down
ari abednego
Pemula
ari abednego


Jumlah posting : 25
Age : 32
Localisation : depok...deket kuburan, pohon bambu...
Registration date : 09.02.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyThu 11 Mar 2010 - 11:36

koenig blues wrote:
ari abednego wrote:
koenig blues wrote:
ari abednego wrote:
koenig blues wrote:
untuk koil yang bagus ya danmotor Razz dan untuk busi itu selera, untuk saya berhubung semua vespa saya kompresinya sedikit tinggi saya memakai busi NGK T5

bro, busi NGK T5 brp duit? dipasaran msh byk beredar ga?
NGK T5229 busi kepala pendek lho (untuk motor standar pakai yang kepala panjang bisa NGK bisa denso), harganya10 ribu dan masih banyak yang jual (recommended toko spare part yang bisa dipercaya karena akhir2 ini mulai oli hingga busi banyak yang palsu)

Sekarang yg byk beredar NGK T5999 bro...bagus ga ne? soalnya minggu kemaren ke otista nanya NGK T5 dikasihnya NGK T5999 trus...harganya jg 10rb...
maaf maaf kesalahan ada pada saya yang telah tahunan selalu menyebut T5 kepada toko langganan dan mereka langsung paham, yang betul adalah yang bung ari beli NGK T5999.

ps: saya pakai busi itu tahunan dan tidak ada masalah

Horee...berarti bener donk yg saya beli...tp kan masalah awet tergantung dr pengapian jg y bro...bagus ato tidak pengapiannya...bener g om?
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyThu 11 Mar 2010 - 12:06

ari abednego wrote:
koenig blues wrote:
ari abednego wrote:
koenig blues wrote:
ari abednego wrote:
koenig blues wrote:
untuk koil yang bagus ya danmotor Razz dan untuk busi itu selera, untuk saya berhubung semua vespa saya kompresinya sedikit tinggi saya memakai busi NGK T5

bro, busi NGK T5 brp duit? dipasaran msh byk beredar ga?
NGK T5229 busi kepala pendek lho (untuk motor standar pakai yang kepala panjang bisa NGK bisa denso), harganya10 ribu dan masih banyak yang jual (recommended toko spare part yang bisa dipercaya karena akhir2 ini mulai oli hingga busi banyak yang palsu)

Sekarang yg byk beredar NGK T5999 bro...bagus ga ne? soalnya minggu kemaren ke otista nanya NGK T5 dikasihnya NGK T5999 trus...harganya jg 10rb...
maaf maaf kesalahan ada pada saya yang telah tahunan selalu menyebut T5 kepada toko langganan dan mereka langsung paham, yang betul adalah yang bung ari beli NGK T5999.

ps: saya pakai busi itu tahunan dan tidak ada masalah

Horee...berarti bener donk yg saya beli...tp kan masalah awet tergantung dr pengapian jg y bro...bagus ato tidak pengapiannya...bener g om?
betul, selama koil, kondensor anda dan platina terjaga dengan baik maka busi bisa tahunan (juga setelan pembakaran yang tepat)

ps: yang terpenting jangan suka ngebut dengan vespa (sesekali saja) maka keseluruhan mesin anda pasti awet Smile
Kembali Ke Atas Go down
si bontet
Bikers
si bontet


Jumlah posting : 154
Age : 38
Localisation : bengkulu
Registration date : 11.02.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: ......   koil dan busi yang bgs EmptyMon 22 Mar 2010 - 10:47

wah kalo menurut ane pamain batu yang bagus koilnya ya dan motor,,,kalo busi tetap ane percayakan ma ngk yang tulisannya ijo,,,,tapi iini buat standar harianya....tapi kalo buat racing ane ngak ngerti deh,,,,,,, Razz
Kembali Ke Atas Go down
liusgunawan
Bikers
liusgunawan


Jumlah posting : 202
Age : 40
Localisation : jakarta barat
Registration date : 28.02.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyTue 23 Mar 2010 - 10:43

terima kasih infonya ^^
Kembali Ke Atas Go down
zavra
Pemula



Jumlah posting : 17
Age : 35
Localisation : kuningan jabar
Registration date : 15.07.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: campion   koil dan busi yang bgs EmptySun 29 Aug 2010 - 10:51

oy bro ane pernah liat ,ktanya busi rekomendasi dari vendor ntu champion ,pa bener
Kembali Ke Atas Go down
0600661160
Pemula



Jumlah posting : 21
Registration date : 25.06.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyMon 30 Aug 2010 - 12:49

oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru..
jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..

ada yang perlu di periksa gak ya oom?
Kembali Ke Atas Go down
toea_gila
Vespa Raiders
toea_gila


Jumlah posting : 315
Registration date : 13.07.07

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyMon 30 Aug 2010 - 13:11

0600661160 wrote:
oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru..
jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..

ada yang perlu di periksa gak ya oom?

busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.

Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor kurang sempurna?

Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:

1. Karburator

Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco.

2. Pengapian

Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? kalau timing, periksa dech platina nya udah pas pa belum

3. Kompresi

Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun bisa disebabkan karena ring piston lemah.

4. Filter udara kotor

Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.

Semoga membantu
Kembali Ke Atas Go down
Nurdin R
Vespa Team Deluxe
Nurdin R


Jumlah posting : 1188
Age : 43
Localisation : Malang - Jawa Timur
Registration date : 09.01.09

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyMon 30 Aug 2010 - 13:27

nice info
Kembali Ke Atas Go down
noeril
Bikers
noeril


Jumlah posting : 85
Age : 46
Localisation : Pati - Jombang - Pati PP
Registration date : 15.08.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyMon 30 Aug 2010 - 14:09

kalo vespa PX saya pakai spuyer standar 102 businya jadi hitam legam dan kering, tp kalo pake spuyer 92 busi jd basah mesin cpt mati. Pdhl mesin yg normal businya warna merah bata, trs kalo kayak gini setelan apanya yg salah ya? Apa yg harus saya benahi? Trima kasih..
Kembali Ke Atas Go down
0600661160
Pemula



Jumlah posting : 21
Registration date : 25.06.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyMon 30 Aug 2010 - 14:13

wah terima kasih ney oom atas pencerahannya.
mungkin yang penyebab yang nomer 1 sama 2 perlu saya telusuri ulang de..
kalo nomer 3 dan 4 uda di cek ternyata bersih2 aja tu..
Kembali Ke Atas Go down
toea_gila
Vespa Raiders
toea_gila


Jumlah posting : 315
Registration date : 13.07.07

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyMon 30 Aug 2010 - 14:25

noeril wrote:
kalo vespa PX saya pakai spuyer standar 102 businya jadi hitam legam dan kering, tp kalo pake spuyer 92 busi jd basah mesin cpt mati. Pdhl mesin yg normal businya warna merah bata, trs kalo kayak gini setelan apanya yg salah ya? Apa yg harus saya benahi? Trima kasih..

campuran oli nya terlalu banyak... bro...
Kembali Ke Atas Go down
noeril
Bikers
noeril


Jumlah posting : 85
Age : 46
Localisation : Pati - Jombang - Pati PP
Registration date : 15.08.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyMon 30 Aug 2010 - 14:49

toea_gila wrote:
noeril wrote:
kalo vespa PX saya pakai spuyer standar 102 businya jadi hitam legam dan kering, tp kalo pake spuyer 92 busi jd basah mesin cpt mati. Pdhl mesin yg normal businya warna merah bata, trs kalo kayak gini setelan apanya yg salah ya? Apa yg harus saya benahi? Trima kasih..

campuran oli nya terlalu banyak... bro...

lha ini om, kalo di PX bensin dan oli sampingnya kan tidak lgsg dicampur, ada tempatnya sendiri2 terpisah, trs gmn cara nyetel oli samping biar ga kebanyakan?
Kembali Ke Atas Go down
ronniehusain
Bikers
ronniehusain


Jumlah posting : 200
Age : 38
Localisation : semarang-temanggung-jogja-jakarta
Registration date : 25.02.09

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyMon 30 Aug 2010 - 15:35

noeril wrote:
toea_gila wrote:
noeril wrote:
kalo vespa PX saya pakai spuyer standar 102 businya jadi hitam legam dan kering, tp kalo pake spuyer 92 busi jd basah mesin cpt mati. Pdhl mesin yg normal businya warna merah bata, trs kalo kayak gini setelan apanya yg salah ya? Apa yg harus saya benahi? Trima kasih..

campuran oli nya terlalu banyak... bro...

lha ini om, kalo di PX bensin dan oli sampingnya kan tidak lgsg dicampur, ada tempatnya sendiri2 terpisah, trs gmn cara nyetel oli samping biar ga kebanyakan?

kalo menurut saya,...mendingan masbro nuril ga usah pake AOM (automatic oil mixer)

dengan pertimbangan AOM sudah rusak dan tidak berjalan normal

alangkah baik dan aman jika anda mencampur manual aja...(premix)

karena perbandingan bensin dan oli akan lebih akurat dan presisi jika mencampur manual

tentunya setelah oli samping di tanki AOM dikuras terlebih dahulu..

mohon koreksinya...

terima kasih
Kembali Ke Atas Go down
noeril
Bikers
noeril


Jumlah posting : 85
Age : 46
Localisation : Pati - Jombang - Pati PP
Registration date : 15.08.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyFri 3 Sep 2010 - 22:21

ronniehusain wrote:
noeril wrote:
toea_gila wrote:
noeril wrote:
kalo vespa PX saya pakai spuyer standar 102 businya jadi hitam legam dan kering, tp kalo pake spuyer 92 busi jd basah mesin cpt mati. Pdhl mesin yg normal businya warna merah bata, trs kalo kayak gini setelan apanya yg salah ya? Apa yg harus saya benahi? Trima kasih..

campuran oli nya terlalu banyak... bro...

lha ini om, kalo di PX bensin dan oli sampingnya kan tidak lgsg dicampur, ada tempatnya sendiri2 terpisah, trs gmn cara nyetel oli samping biar ga kebanyakan?

kalo menurut saya,...mendingan masbro nuril ga usah pake AOM (automatic oil mixer)

dengan pertimbangan AOM sudah rusak dan tidak berjalan normal

alangkah baik dan aman jika anda mencampur manual aja...(premix)

karena perbandingan bensin dan oli akan lebih akurat dan presisi jika mencampur manual

tentunya setelah oli samping di tanki AOM dikuras terlebih dahulu..

mohon koreksinya...

terima kasih

Oli sudah kucampur lgsg ke bensin, AOM dah kukuras hbs, tp busi kok msh item kering ya... Apa olinya msh kbykan? Ukuran akuratnya brp banding brp? 1ltr bensin, olinya berapa mili? Minta pencerahan dr temen2 smua..
Kembali Ke Atas Go down
ad6636bb
Vespa Team Deluxe
ad6636bb


Jumlah posting : 1402
Age : 49
Localisation : rest area
Registration date : 10.06.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptySat 4 Sep 2010 - 10:48

NGK DENSO CAMPION DLL SEMUA SAMA SAJA BAGUS NYA
Kembali Ke Atas Go down
ronniehusain
Bikers
ronniehusain


Jumlah posting : 200
Age : 38
Localisation : semarang-temanggung-jogja-jakarta
Registration date : 25.02.09

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyMon 6 Sep 2010 - 9:05

noeril wrote:
ronniehusain wrote:
noeril wrote:
toea_gila wrote:
noeril wrote:
kalo vespa PX saya pakai spuyer standar 102 businya jadi hitam legam dan kering, tp kalo pake spuyer 92 busi jd basah mesin cpt mati. Pdhl mesin yg normal businya warna merah bata, trs kalo kayak gini setelan apanya yg salah ya? Apa yg harus saya benahi? Trima kasih..

campuran oli nya terlalu banyak... bro...

lha ini om, kalo di PX bensin dan oli sampingnya kan tidak lgsg dicampur, ada tempatnya sendiri2 terpisah, trs gmn cara nyetel oli samping biar ga kebanyakan?

kalo menurut saya,...mendingan masbro nuril ga usah pake AOM (automatic oil mixer)

dengan pertimbangan AOM sudah rusak dan tidak berjalan normal

alangkah baik dan aman jika anda mencampur manual aja...(premix)

karena perbandingan bensin dan oli akan lebih akurat dan presisi jika mencampur manual

tentunya setelah oli samping di tanki AOM dikuras terlebih dahulu..

mohon koreksinya...

terima kasih

Oli sudah kucampur lgsg ke bensin, AOM dah kukuras hbs, tp busi kok msh item kering ya... Apa olinya msh kbykan? Ukuran akuratnya brp banding brp? 1ltr bensin, olinya berapa mili? Minta pencerahan dr temen2 smua..

1 liter banding 20 ml...atau gampangnya aja 1 liter bensin dicampur 2 tutup botol oli samping standar (hampir semua tutup botol oli ukurannya sama)

semoga membantu
Kembali Ke Atas Go down
noeril
Bikers
noeril


Jumlah posting : 85
Age : 46
Localisation : Pati - Jombang - Pati PP
Registration date : 15.08.10

koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs EmptyThu 23 Sep 2010 - 15:00

toea_gila wrote:
0600661160 wrote:
oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru..
jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..

ada yang perlu di periksa gak ya oom?

busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.

Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor kurang sempurna?

Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:

1. Karburator

Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco.

2. Pengapian

Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? kalau timing, periksa dech platina nya udah pas pa belum

3. Kompresi

Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun bisa disebabkan karena ring piston lemah.

4. Filter udara kotor

Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.

Semoga membantu
sejak beli PX bulan juli yg lalu smpe hr ini udah ganti busi 2x, PX mogok katanya si bengkel gara2 magnit kipasnya rusak, stlh dibenerin trs tukang bengkel nyaranin gnt busi, tgl 1 sept 2010 gnt busi pake kepala pnjg (NGK T6000 / bungkusnya ada gmbr EXCEL) sampe tgl 22 kemarin busi mati, hanya gara2 kubuka businya kuliat dan kupasang lg, tau2 sorenya si PX ga bs hidup pdhl paginya sblm kubuka businya si PX kuajak jln2 baek2 aja, akhirnya td pagi kubelikan busi kepala pendek (NGK T5999 / bungkusnya ada gmbr PX) si PX baru bisa jln lg.
Yg tepat si PX pake busi pnjg apa pendek?
Apakah gara2 kubuka businya n kubersihkan mengakibatkan busi jd mati? Stelan karbu standar pake dellorto 20/20 stelan angin 2 setengah putaran, berapa stelan angin yg pas untuk karbu PX 20/20? Trims wat para ahli perPESPAan...
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





koil dan busi yang bgs Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs Empty

Kembali Ke Atas Go down
 
koil dan busi yang bgs
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» koil mobil yang bagus bt vespa
» pasangan yang bagus yang gimana yaa
» [ask] koil mobil d vespa
» >>>>KOIL<<<<
» tegangan koil ???

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia :: Otomotif :: Mesin-
Navigasi: