| ukuran spuyer normal ? | |
|
+6aan.bawono andalusia h3liax ashari_Scott. Laretha fahmi p150 sera 10 posters |
|
Pengirim | Message |
---|
fahmi p150 sera Pemula
Jumlah posting : 23 Localisation : cibinong Registration date : 06.11.10
| Subyek: ukuran spuyer normal ? Thu 23 Dec 2010 - 14:46 | |
| kawan-kawan , para senior . ane mau tanya. vespa ane PS sera 86 ..karbu 20/15. ukuran spuyer yang normal berapa ya ? | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Thu 23 Dec 2010 - 15:49 | |
| - fahmi p150 sera wrote:
- kawan-kawan , para senior . ane mau tanya. vespa ane PS sera 86 ..karbu 20/15. ukuran spuyer yang normal berapa ya ?
Karbu 20/15, ukuran spuyer standar adalah 82 dan 42 (150). | |
|
| |
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Thu 23 Dec 2010 - 19:59 | |
| - Laretha wrote:
- fahmi p150 sera wrote:
- kawan-kawan , para senior . ane mau tanya. vespa ane PS sera 86 ..karbu 20/15. ukuran spuyer yang normal berapa ya ?
Karbu 20/15, ukuran spuyer standar adalah 82 dan 42 (150). kang bisa di perjelas maksutnya.. spuyer angin berapa spuyer bensin berapa.. trimss | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Thu 23 Dec 2010 - 21:10 | |
| - Laretha wrote:
Karbu 20/15, ukuran spuyer standar adalah 82 dan 42 (150).
- ashari_Scott. wrote:
kang bisa di perjelas maksutnya.. spuyer angin berapa spuyer bensin berapa.. trimss
Mungkin ada "perbedaan istilah" yang biasanya masing-masing kita pakai. Dalam pemahaman saya, maksudnya adalah sbb. Spuyer yang besar (A) saya sebut dengan main jet. Sekalipun sebenarnya spuyer tsb terdiri dari 3 bagian, dan yang dimaksud dengan main-jet adalah bagian paling bawah. Di karbu 20/15 ukuran standarnya 82, dan di PX saya ukurannya 102. Spuyer yang kecil (B) saya sebut dengan pilot jet, dan ada juga yang menyebutnya dengan spuyer langsam. Di karbu 20/15 ukuran standarnya 42-150, dan di PX saya ukurannya 48-160. Mungkin bro Ashari bisa menambahkan, mana yang dimaksud dengan spuyer bensin dan mana yang spuyer angin. | |
|
| |
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Thu 23 Dec 2010 - 21:15 | |
| - Laretha wrote:
- Laretha wrote:
Karbu 20/15, ukuran spuyer standar adalah 82 dan 42 (150).
- ashari_Scott. wrote:
kang bisa di perjelas maksutnya.. spuyer angin berapa spuyer bensin berapa.. trimss
Mungkin ada "perbedaan istilah" yang biasanya masing-masing kita pakai. Dalam pemahaman saya, maksudnya adalah sbb.
Spuyer yang besar (A) saya sebut dengan main jet. Sekalipun sebenarnya spuyer tsb terdiri dari 3 bagian, dan yang dimaksud dengan main-jet adalah bagian paling bawah. Di karbu 20/15 ukuran standarnya 82, dan di PX saya ukurannya 102.
Spuyer yang kecil (B) saya sebut dengan pilot jet, dan ada juga yang menyebutnya dengan spuyer langsam. Di karbu 20/15 ukuran standarnya 42-150, dan di PX saya ukurannya 48-160.
Mungkin bro Ashari bisa menambahkan, mana yang dimaksud dengan spuyer bensin dan mana yang spuyer angin.
BEnsin=mainjet langsam=pilot jet.. yteahhh \m/ kang spuyer ari yang langsam gede bgt 48-160... apa berpengaruh gak pada problem ari yang langsam.a susah turun | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Thu 23 Dec 2010 - 21:24 | |
| - ashari_Scott. wrote:
kang spuyer ari yang langsam gede bgt 48-160... apa berpengaruh gak pada problem ari yang langsam.a susah turun Vespanya apa ? Di PX, saya sudah pernah pake spuyer langsam 42-140, langsam juga tetap normal setelah setelan angin diseting ulang. Hanya saja akhirnya saya tetap pilih yang standar 48-160, karena tenaga di putaran bawah dan akselerasinya lebih maknyusss | |
|
| |
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Fri 24 Dec 2010 - 10:08 | |
| | |
|
| |
h3liax Bikers
Jumlah posting : 106 Age : 47 Localisation : Kembangan,Jakarta Barat Registration date : 03.12.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Sat 25 Dec 2010 - 19:25 | |
| - Laretha wrote:
- ashari_Scott. wrote:
kang spuyer ari yang langsam gede bgt 48-160... apa berpengaruh gak pada problem ari yang langsam.a susah turun Vespanya apa ?
Di PX, saya sudah pernah pake spuyer langsam 42-140, langsam juga tetap normal setelah setelan angin diseting ulang. Hanya saja akhirnya saya tetap pilih yang standar 48-160, karena tenaga di putaran bawah dan akselerasinya lebih maknyusss izin nimbrung kang .... puentenn... sy punya karbu delorto si.20.20D (kalo gak salah liat) ..hikk..hikk... apuyer A = BE5 bawah dan 160 atas ( kebalik ???) ..truss Spuyer B = 24-140 kalo gak salah teh ... 1.kalau standardnya tuch berapa yach kedua spuyer tersebut ??? 2.Kata temen ane "deksel" ane dah "kena" ... karena ane sempet ngeluh kalo setelah di tarik koplink atau setelah jalan dan berenti pas dilampu merah sukaaa...mo mati aja tuch mesin..padahal dah di "semprot2 karbunya" ...ane pake busi NGK T6 ... maap banyak tanya .... terimakasih .. | |
|
| |
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Sat 25 Dec 2010 - 19:29 | |
| - Laretha wrote:
- fahmi p150 sera wrote:
- kawan-kawan , para senior . ane mau tanya. vespa ane PS sera 86 ..karbu 20/15. ukuran spuyer yang normal berapa ya ?
Karbu 20/15, ukuran spuyer standar adalah 82 dan 42 (150). deksel itu yang mna ya kang laretha | |
|
| |
h3liax Bikers
Jumlah posting : 106 Age : 47 Localisation : Kembangan,Jakarta Barat Registration date : 03.12.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Sat 25 Dec 2010 - 19:50 | |
| | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Sat 25 Dec 2010 - 21:10 | |
| - ashari_Scott. wrote:
deksel itu yang mna ya kang laretha
Mengenai deksel, di atas sudah ditunjukkan oleh bro H3liax. Saya juga masih belum jelas, sebenarnya yang dimaksud dengan deksel itu mananya; kesan saya sih, "deksel" adalah istilah yang dipakai oleh bengkel untuk menunjuk kepada pelampung, jarum pelampung, berikut tempatnya. Mungkin nanti ada yang lebih mengerti bisa memberi pencerahan bagi kita. - h3liax wrote:
sy punya karbu delorto si.20.20D (kalo gak salah liat) ..hikk..hikk... apuyer A = BE5 bawah dan 160 atas ( kebalik ???) ..truss Spuyer B = 24-140 kalo gak salah teh ...
1.kalau standardnya tuch berapa yach kedua spuyer tersebut ???
Ukuran spuyer standar untuk karbu 20/20, main jet = BE3-102 pilot jet = 48-160 Memakai pilot jet 42-140 memang bisa jalan normal dan lebih irit, tetapi untuk putaran bawah dan akselerasi tetap lebih mantap memakai 48-160. Gambar pilot jet / spuyer langsam (B) : - Spoiler:
Mixer main jet (spuyer A) bisa memakai BE3, juga bisa memakai BE5. Dari perbedaan karakteristiknya, untuk yang menyukai memainkan gas secara stabil di putaran bawah dan menengah, bisa memakai BE5. Sedangkan yang suka memainkan gas dari putaran bawah sampai putaran tinggi, dan sering menjalankan vespa dengan kecepatan relatif tinggi di jalanan luar kota, mungkin lebih pas memakai BE3. Gambar main jet (A) : - Spoiler:
Air corrector Mixer tube / atomizer, ukuran tersedia dari BE1 s.d. BE8, kita pakai BE3 atau BE5 Main jet, saya pakai ukuran 102, bro Koenig memakai ukuran 90; dua-duanya bisa berfungsi dengan baik. Di spuyer A, air corrector, mixer, dan main jet disambung menjadi satu, dan gabungan ketiga unsur ini kadang saya sebut dengan istilah mainjet. Walaupun sebenarnya yang disebut dengan main jet adalah bagian paling bawah saja.
Untuk sementara pemahaman saya adalah seperti itu, mungkin rekan-rekan yang lebih faham bisa mengoreksi atau melengkapinya. | |
|
| |
h3liax Bikers
Jumlah posting : 106 Age : 47 Localisation : Kembangan,Jakarta Barat Registration date : 03.12.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Sat 25 Dec 2010 - 21:52 | |
| @ kang Lareta ... makasih banyak kang...ane jd lebih " Clear " ... TOP BANGET DAH ..... - Quote :
- Di spuyer A, air corrector, mixer, dan main jet disambung menjadi satu,
dan gabungan ketiga unsur ini kadang saya sebut dengan istilah mainjet. Walaupun sebenarnya yang disebut dengan main jet adalah bagian paling bawah saja. maap ini pemahaman sy : Untuk Main Jet [urutannya] ... terdiri dr 3 bagian ....Mulai dari atas/kepala baut 1. Air Corrector .#(.....) <== 2. Mixer Tube / Atomizer . ==># BE1 s/d BE8 ... #{biasa digunakan :BE3 dan atau BE5} 3. Main Jet . ==> #{sebagai contoh : 160,102,90} HAUCHEE..... pertanyaannya adalah ... 1. Apakah ketiga bagian Main Jet itu harus tergabung rapatt..pat...??? karena waktu sy buka/bersihkan Spuyer tersebut sepertinya yg bagian tengah [Atomizer/mixer tube] agak longar...kemudian oleh teman sy ujungnya agak di "buka/bengkek" ...biar lebih "seret" lebih mencengkram/rapet dan tidak longgar lg ... 2. Hampir atau bahkan mirip dengan kejadian beberapa teman ... vespahku sepertinya begitu "ditarik" gasna ....dan dilepass....agak lama untuk "turun" atau Stasioner/langsam...sy kurang paham istilahnya ...kira2 seperti ini ....Bruumm....brummm...brummmmm..mmmmm.mmmm.mmmmm...tengg..tengg.teng...teng..teng..teng.. KENAPAKAH ini ??? apakah sama dengan kasus sebelumnya ??? Terimakasih ... | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Sat 25 Dec 2010 - 22:26 | |
| - h3liax wrote:
Untuk Main Jet [urutannya] ... terdiri dr 3 bagian ....Mulai dari atas/kepala baut 1. Air Corrector .#(.....) <== 2. Mixer Tube / Atomizer . ==># BE1 s/d BE8 ... #{biasa digunakan :BE3 dan atau BE5} 3. Main Jet . ==> #{sebagai contoh : 160,102,90} Yup. Kepala baut tsb adalah si air corrector, ukurannya 140, 150, 160 dst; kalo nggak salah paling besar adalah 200. Main Jet ukurannya 82, 88, 90, 100, 102, dst. ;kalo nggak salah paling besar adalah 118. Jadi yang 160 tsb bukan ukuran mainjet, melainkan ukuran air correctornya. - h3liax wrote:
Apakah ketiga bagian Main Jet itu harus tergabung rapatt..pat...??? karena waktu sy buka/bersihkan Spuyer tersebut sepertinya yg bagian tengah [Atomizer/mixer tube] agak longar...kemudian oleh teman sy ujungnya agak di "buka/bengkek" ...biar lebih "seret" lebih mencengkram/rapet dan tidak longgar lg ... Ya, seharusnya rapat. Karena yang lalulalang di sana adalah udara dan bensin, bahkan di sana pula banyak terjadi pertemuan dan penggabungan antara bensin dengan udara, sehingga komponen itu sendiri diberi nama "mixer tube" atau "atomizer". Jika tidak rapat, maka terjadi aliran dan jalur-jalur "liar", sehingga bisa dipastikan kinerja karburator tidak maksimal. Dalam hal per-spuyer-an, masing-masing kita punya gaya dan selera. Namun, mengingat bahwa per-spuyer-an melibatkan pengukuran presisi skala mili (bahkan mungkin di bawah mili), dan bahwa spuyer mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai alat/sarana pengabutan, dan bahwa harga spuyer masih dalam jangkauan, relatif murah, maka saya lebih setuju dengan mereka yang tidak merubah/memperbesar sendiri ukuran spuyer. Jika spuyernya bermasalah, lebih baik membeli spuyer baru sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Beidewei, sebenarnya saya termasuk kelas penggembira juga lho. So, di sini kita ngobrol-ngobrol sambil menunggu pencerahan dari mereka yang lebih ahli dalam hal ini. | |
|
| |
h3liax Bikers
Jumlah posting : 106 Age : 47 Localisation : Kembangan,Jakarta Barat Registration date : 03.12.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Mon 3 Jan 2011 - 22:41 | |
| - Laretha wrote:
- h3liax wrote:
Untuk Main Jet [urutannya] ... terdiri dr 3 bagian ....Mulai dari atas/kepala baut 1. Air Corrector .#(.....) <== 2. Mixer Tube / Atomizer . ==># BE1 s/d BE8 ... #{biasa digunakan :BE3 dan atau BE5} 3. Main Jet . ==> #{sebagai contoh : 160,102,90} Yup. Kepala baut tsb adalah si air corrector, ukurannya 140, 150, 160 dst; kalo nggak salah paling besar adalah 200. Main Jet ukurannya 82, 88, 90, 100, 102, dst. ;kalo nggak salah paling besar adalah 118. Jadi yang 160 tsb bukan ukuran mainjet, melainkan ukuran air correctornya.
- h3liax wrote:
Apakah ketiga bagian Main Jet itu harus tergabung rapatt..pat...??? karena waktu sy buka/bersihkan Spuyer tersebut sepertinya yg bagian tengah [Atomizer/mixer tube] agak longar...kemudian oleh teman sy ujungnya agak di "buka/bengkek" ...biar lebih "seret" lebih mencengkram/rapet dan tidak longgar lg ... Ya, seharusnya rapat. Karena yang lalulalang di sana adalah udara dan bensin, bahkan di sana pula banyak terjadi pertemuan dan penggabungan antara bensin dengan udara, sehingga komponen itu sendiri diberi nama "mixer tube" atau "atomizer". Jika tidak rapat, maka terjadi aliran dan jalur-jalur "liar", sehingga bisa dipastikan kinerja karburator tidak maksimal.
Dalam hal per-spuyer-an, masing-masing kita punya gaya dan selera. Namun, mengingat bahwa per-spuyer-an melibatkan pengukuran presisi skala mili (bahkan mungkin di bawah mili), dan bahwa spuyer mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai alat/sarana pengabutan, dan bahwa harga spuyer masih dalam jangkauan, relatif murah, maka saya lebih setuju dengan mereka yang tidak merubah/memperbesar sendiri ukuran spuyer. Jika spuyernya bermasalah, lebih baik membeli spuyer baru sesuai dengan ukuran yang kita inginkan.
Beidewei, sebenarnya saya termasuk kelas penggembira juga lho. So, di sini kita ngobrol-ngobrol sambil menunggu pencerahan dari mereka yang lebih ahli dalam hal ini. Sundul ... SunDul Sekali lagi terimakasih ...@kang larettha khususnya serta brodher2 lainna ... maap mungkin "rada2 nyampah".... Sekedar inpo ...aku sekitaran tanggal 2 January kemarin (2011) baru ganti Dexcel [Taiwan punya] hargana 25 rebu ...sudah dapet komplit ( plampung, jarum, ring2, gasket)... ganti saklar lampu (sebelah kanan) sekitar 40rebu [taiwan jg] ... Hasil study ...Terkadang laju motor maseh suka tersendat....apa lage kalo Boncengan ama "mantan bokin" .... atwa abis "lari" dan berenti di lampu merah suka mo mati aja mesinna ...atau lebih parah kalo macet... langsam rada " tersendat " Sepuyer main jet di bagian tengahna di lapisin pake sealtip...[takut goyang2]... Mohon masupan dari para sesepuh .... terimakasih
Terakhir diubah oleh h3liax tanggal Mon 3 Jan 2011 - 22:45, total 1 kali diubah (Reason for editing : bold) | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Mon 3 Jan 2011 - 22:53 | |
| - h3liax wrote:
Sepuyer main jet di bagian tengahna di lapisin pake sealtip...[takut goyang2]...
Pake "sealtip" maksudnya ? Dipasang di sebelah mananya ? Apakah ada menutupi lubang tertentu ? Trus "sealtip" tsb apakah ada kemungkinan bisa lepas dan terjatuh ? | |
|
| |
h3liax Bikers
Jumlah posting : 106 Age : 47 Localisation : Kembangan,Jakarta Barat Registration date : 03.12.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Mon 3 Jan 2011 - 23:02 | |
| - Laretha wrote:
- h3liax wrote:
Sepuyer main jet di bagian tengahna di lapisin pake sealtip...[takut goyang2]...
Pake "sealtip" maksudnya ? Dipasang di sebelah mananya ? Apakah ada menutupi lubang tertentu ? Trus "sealtip" tsb apakah ada kemungkinan bisa lepas dan terjatuh ?
Hmmm...mm.. kalo gak salah seh pas sambungan antara atas dan tengah ...dan sepertinya tidak nutupin lubang-lubang di sekitarnya dah ... ... kalo jatu..hmm..kayakna sech ngak..kayaknya ... aku rencanana mo ganti sekalian tuch sepuyernya ( main jet dan pilotjet ) ...kisaran berapah yach om Laretha ... ??? abis kemarin dapet duitna ngepass..pas buat beli dexcel ama switch lampu dan olie samping ... serta nambahin bensin 10rebu.. masak Otista - Kb.Jeruk nyarisss....nyedot bensin 1 literan ...(+/- 22Km).. | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Mon 3 Jan 2011 - 23:39 | |
| - h3liax wrote:
aku rencanana mo ganti sekalian tuch sepuyernya ( main jet dan pilotjet ) ...kisaran berapah yach om Laretha ... ???
masak Otista - Kb.Jeruk nyarisss....nyedot bensin 1 literan ...(+/- 22Km).. Pilotjet sekitar 8-10k, mainjet mungkin nggak jauh dari itu. Kalo 1:22, kelihatannya masih banyak peluang untuk dibikin lebih hemat. | |
|
| |
h3liax Bikers
Jumlah posting : 106 Age : 47 Localisation : Kembangan,Jakarta Barat Registration date : 03.12.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Tue 4 Jan 2011 - 3:07 | |
| - Laretha wrote:
- h3liax wrote:
aku rencanana mo ganti sekalian tuch sepuyernya ( main jet dan pilotjet ) ...kisaran berapah yach om Laretha ... ???
masak Otista - Kb.Jeruk nyarisss....nyedot bensin 1 literan ...(+/- 22Km).. Pilotjet sekitar 8-10k, mainjet mungkin nggak jauh dari itu.
Kalo 1:22, kelihatannya masih banyak peluang untuk dibikin lebih hemat. Terimakasih Bung Laretha atas infona......jadi bikin ane semangat lage buat mempelajari neh Bohay... Tadi sambil ane cuci she bohay .... iseng2 ngeliat di kolong kok buanyak olie berserakan di samping/belakang karbu dan sempet tercium bau bensin menyengattt...ternyataa..... baut setelan angin ?! ane dah DOOLL... hixx..hix.. ane coba "selimutin" pake Sealtip .... harap-harap cemazzz.... ..jrengg...mesin langsung "Menyalak" tanpa kesulitan berarti.... Tapi tetep rasa was-was menghantui...takut2 she bautna lepas waktu lage jalan.... .... Bro Laretha berapa peluang suksesnnya bila kedudukan baut setelan angin tersebut di " tambah daging "...dan berapa lama kekuatannya yach ??? mungkin fara sekuterist di F-IVI ini ada yang pernah mengalami hal serupa...mohon infona ... Terimakasih Salam hangat selalu ... | |
|
| |
h3liax Bikers
Jumlah posting : 106 Age : 47 Localisation : Kembangan,Jakarta Barat Registration date : 03.12.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Tue 4 Jan 2011 - 3:16 | |
| Ma'af para sesepuh dan handai tauland sekalian .... setelah saya tengok-tengok ternyata masalah kedudukan baut setelan angin ini telah di bahasi di F-IVI : https://forum-ivi.indonesianforum.net/t5536p15-stelin-angin-udah-dolada beberapa saran dari rekan-rekan sekalian diantaranya : dari bro Koenig Blues : - Quote :
- coba beri isarplas (selotip pipa) saya lebih menyukai cara ini dibanding mengganjalnya dengan material keras karena drat akan tambah rusak dan selotip pipa yang berwarna putih bisa mengikuti lekuk drat yang rusak sekalipun
dan juga dari bro marcel : - Quote :
- sdh coba di "ganjel" pake almunium foil ?
untuk sementara....sudah terjawab ...atawa disini mungkin ada yg mo menghibahkan karbunya untuk bohay ku ??? terimakasih semuanya ... | |
|
| |
h3liax Bikers
Jumlah posting : 106 Age : 47 Localisation : Kembangan,Jakarta Barat Registration date : 03.12.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Wed 2 Feb 2011 - 11:33 | |
| [quote="Laretha"] - h3liax wrote:
Untuk Main Jet [urutannya] ... terdiri dr 3 bagian ....Mulai dari atas/kepala baut 1. Air Corrector .#(.....) <== 2. Mixer Tube / Atomizer . ==># BE1 s/d BE8 ... #{biasa digunakan :BE3 dan atau BE5} 3. Main Jet . ==> #{sebagai contoh : 160,102,90} Yup. Kepala baut tsb adalah si air corrector, ukurannya 140, 150, 160 dst; kalo nggak salah paling besar adalah 200. Main Jet ukurannya 82, 88, 90, 100, 102, dst. ;kalo nggak salah paling besar adalah 118. Jadi yang 160 tsb bukan ukuran mainjet, melainkan ukuran air correctornya. Ada pertanyaan mengganjaal... untuk ukuran AIR CORRECTOR dalam "kasus" saya berapa yach ? (dellorto S>I20/20D)... Terimakasih ... | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Wed 2 Feb 2011 - 14:38 | |
| - h3liax wrote:
Ada pertanyaan mengganjaal... untuk ukuran AIR CORRECTOR dalam "kasus" saya berapa yach ? (dellorto S>I20/20D)...
Air corrector bro H3liax ukuran standarnya adalah 160. Jadi yang 160 tsb adalah ukuran air correctornya dan bukan ukuran mainjetnya. Nanti ketika buka karburator, coba diintip sekali lagi, berapakah ukuran mainjetnya. Mengenai atomizer yang dipakai BE5, karakternya adalah kaya di putaran rendah, kaya di putaran sedang, dan agak miskin di putaran tinggi. Jika sudah puas bisa dilanjutkan memakai BE5 tsb. Namun jika agak kurang puas di putaran tinggi, atau ingin mengujicoba, silakan memakai atomizer yang BE3, dimana karakternya adalah agak miskin di putaran rendah, kaya di putaran sedang, dan lebih kaya di putaran tinggi. | |
|
| |
h3liax Bikers
Jumlah posting : 106 Age : 47 Localisation : Kembangan,Jakarta Barat Registration date : 03.12.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Thu 3 Feb 2011 - 18:11 | |
| Terimakasih kang laretha ... atas segala penjelasan dan juga waktunya ... - Spoiler:
laretha wrote: Air corrector bro H3liax ukuran standarnya adalah 160.
Jadi yang 160 tsb adalah ukuran air correctornya dan bukan ukuran mainjetnya. Nanti ketika buka karburator, coba diintip sekali lagi, berapakah ukuran mainjetnya.
Mengenai atomizer yang dipakai BE5, karakternya adalah kaya di putaran rendah, kaya di putaran sedang, dan agak miskin di putaran tinggi. Jika sudah puas bisa dilanjutkan memakai BE5 tsb.
Namun jika agak kurang puas di putaran tinggi, atau ingin mengujicoba, silakan memakai atomizer yang BE3, dimana karakternya adalah agak miskin di putaran rendah, kaya di putaran sedang, dan lebih kaya di putaran tinggi.
Untuk saat ini seh sudah "cukup" puas dengan keadaan sekarang ... mungkin hanya kembali mencoba2 mencari settingan "hemat dan bisa ngibrit" .... karena saya maseh merasakan "boros" sepertinya 1 : 18km ... - Spoiler:
kemarin hari senin baru saja di buka "sylinder head na" udah mulai "berkerak" di lap...pake bensin dikit..amplas pake yg ukuran 1000 dikit...alhamdullilah terasa segar dan entenk ..tenkkk.tengg..teng..namun ketika memasang kembali karbu(-sebelumnya jg di "cuci") ...hmm....gak nemu lagi setingan kemarin - kemarin ...abisna...rumah setelan bautna dah DOLll... jangan bosan yach kalau saya nanya-naya lageh ... terimakasih | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Fri 4 Feb 2011 - 10:28 | |
| - h3liax wrote:
-
Untuk saat ini seh sudah "cukup" puas dengan keadaan sekarang ... mungkin hanya kembali mencoba2 mencari settingan "hemat dan bisa ngibrit" .... karena saya maseh merasakan "boros" sepertinya 1 : 18km ...
Ketika mengendari vespa, dalam prakteknya, melihat kondisi jalan dan kepadatan di sekitar, maka mesin akan lebih banyak dijalankan pada putaran rendah dan putaran sedang. Karena itu jika ingin lebih hemat bahan bakar, sebagai langkah awal boleh dicoba dua hal ini : Pertama, ganti pilot jet dengan ukuran yang lebih kecil. Gas bakar keluar lewa pilot jet selama mesin hidup, baik itu di putaran rendah, sedang, maupun tinggi. Namun di putaran rendah dan sedang, yang dominan adalah yang keluar dari pilot jet, sedangkan pada putaran tinggi yang dominan adalah gas bakar dari main jet. Karena itu penggantian pilot jet dengan ukuran yang lebih kecil akan memperhemat pemakaian bahan bakar. Perlu diingat juga, bahwa ukuran pilot jet yang terlalu kecil akan membuat vespa agak sulit hidup, karena kurangnya suplai bahan bakar ketika distater. Kedua, ganti atomizer dari BE5 ke BE3. Karakteristik dari BE5 adalah rich di putaran rendah, dan BE3 adalah lean di putaran rendah, sehingga penggantian BE5 ke BE3 akan menghemat pemakaian bahan bakar. Atomizer BE2 lebih hemat lagi pada putaran rendah jika dibandingkan dengan BE3, namun sebaiknya cukup di BE3 saja, karena pemakaian BE2 dikuatirkan akan terlalu lean. Catatan : setiap jetting, melakukan penggantian spuyer dan komponennya, maka setelan angin perlu disetting ulang. | |
|
| |
andalusia Vespa Team Junior
Jumlah posting : 951 Age : 48 Localisation : kuningan. ja-bar. phone:085224808080. NRF IVI: 160. Registration date : 03.05.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Fri 4 Feb 2011 - 10:48 | |
| nice info..'' ikut menyimak gan..'' : | |
|
| |
aan.bawono Vespa Raiders
Jumlah posting : 446 Localisation : Malang Registration date : 03.02.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Fri 4 Feb 2011 - 20:28 | |
| | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? | |
| |
|
| |
| ukuran spuyer normal ? | |
|