| ukuran spuyer normal ? | |
|
+6aan.bawono andalusia h3liax ashari_Scott. Laretha fahmi p150 sera 10 posters |
|
Pengirim | Message |
---|
h3liax Bikers
Jumlah posting : 106 Age : 47 Localisation : Kembangan,Jakarta Barat Registration date : 03.12.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Sat 5 Feb 2011 - 3:40 | |
| - aan.bawono wrote:
Om itu gimana "bacana" ... hmmm..perasaannn pernah lihat ?! ... @ kang laretha ... - Spoiler:
Ketika mengendari vespa, dalam prakteknya, melihat kondisi jalan dan kepadatan di sekitar, maka mesin akan lebih banyak dijalankan pada putaran rendah dan putaran sedang. Karena itu jika ingin lebih hemat bahan bakar, sebagai langkah awal boleh dicoba dua hal ini :
Pertama, ganti pilot jet dengan ukuran yang lebih kecil. Gas bakar keluar lewa pilot jet selama mesin hidup, baik itu di putaran rendah, sedang, maupun tinggi. Namun di putaran rendah dan sedang, yang dominan adalah yang keluar dari pilot jet, sedangkan pada putaran tinggi yang dominan adalah gas bakar dari main jet. Karena itu penggantian pilot jet dengan ukuran yang lebih kecil akan memperhemat pemakaian bahan bakar. Perlu diingat juga, bahwa ukuran pilot jet yang terlalu kecil akan membuat vespa agak sulit hidup, karena kurangnya suplai bahan bakar ketika distater.
Kedua, ganti atomizer dari BE5 ke BE3. Karakteristik dari BE5 adalah rich di putaran rendah, dan BE3 adalah lean di putaran rendah, sehingga penggantian BE5 ke BE3 akan menghemat pemakaian bahan bakar. Atomizer BE2 lebih hemat lagi pada putaran rendah jika dibandingkan dengan BE3, namun sebaiknya cukup di BE3 saja, karena pemakaian BE2 dikuatirkan akan terlalu lean.
Catatan : setiap jetting, melakukan penggantian spuyer dan komponennya, maka setelan angin perlu disetting ulang. Terimakasih banyak atas ilmu na...mohon untuk gak bosen2 menjawab dan menjelaskan pertanyaa2 dr saya ... Terimakasih semuanya ... up... ..up
Terakhir diubah oleh h3liax tanggal Sat 5 Feb 2011 - 3:42, total 1 kali diubah (Reason for editing : spoiler) | |
|
| |
aan.bawono Vespa Raiders
Jumlah posting : 446 Localisation : Malang Registration date : 03.02.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Mon 7 Feb 2011 - 7:08 | |
| contoh bacanya : pespa ane spartan (PX200E) di karbu tertulis 24/24E berarti standarnya : B3(ESS)=MainJet ukuran 118 (yg paling bawah, spuyer bensin) B1(AIR)=Air Corecctor ukuran 160 (posisi diatas) B2(DIF)=Atomizer ukuran BE3 (posisi ditengah, banyak lobang) RALENTI=spuyer langsam ukuran 55/160
kalo salah mohon dikoreksi, ane jg belajar dari bro Laretha
sedikit share kemaren spartanku settingannya gak enak, tanya sana-sini ketemu ukuran diatas, trus beli dan pasang disetting2 tetep aja gak enak ??????? bawa ke markas dan kebetulan ada spartan, pinjem spuyer dan pasang dispartanku stater ck...ck....ck... dari suaranya udah beda...... coba bawa lari ck...ck...ck....ck.....ck......ck....ck gila bener spartan larinya TERNYATA ada satu hal yang menurut saya sangat berpengaruh yaitu tulisan INC dan Spaco menurut pengalaman saya meskipun ukurannya sama tapi merek Spaco hasilnya tidak bisa maksimal
yang jadi masalahnya sekarang spuyer ukuran diatas merk INC dimalang gak ada rata2 merk spaco dan merk pasuruan dan sekarang saya pake spuyer dg ukuran gado2 tapi merknya lebih byk INC B1 = 140 (INC) B2 = BE3 (INC) B3 = 118 (spaco) lubang diperbesar spuyer langsam 48/160 (INC) dan hasilnya lebih baik drpd semua pakai spaco dg berbagai model settingan, karbu saya Dell'orto 24/24E saya lagi butuh spuyer INC ukuran diatas mohon bantuannya
| |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Mon 7 Feb 2011 - 7:55 | |
| - aan.bawono wrote:
TERNYATA ada satu hal yang menurut saya sangat berpengaruh yaitu tulisan INC dan Spaco menurut pengalaman saya meskipun ukurannya sama tapi merek Spaco hasilnya tidak bisa maksimal
yang jadi masalahnya sekarang spuyer ukuran diatas merk INC dimalang gak ada rata2 merk spaco dan merk pasuruan dan sekarang saya pake spuyer dg ukuran gado2 tapi merknya lebih byk INC B1 = 140 (INC) B2 = BE3 (INC) B3 = 118 (spaco) lubang diperbesar spuyer langsam 48/160 (INC) dan hasilnya lebih baik drpd semua pakai spaco dg berbagai model settingan, karbu saya Dell'orto 24/24E saya lagi butuh spuyer INC ukuran diatas mohon bantuannya INC itu bawaanya Dell'orto, sedangkan Spaco itu buatan India, dan keduanya memang berbeda dalam standar kepresisian. Sangat beruntung jika bisa mendapatkan yang INC, karena memang sulit mendapatkannya. Ketika ganti pilot jet, saya pernah mengalami kesulitan mencari yang INC, dapatnya justru yang merk abal-abal (katanya buatan Taiwan). Mungkin pas "hoki", memakai yang abal-abal tsb Vespa saya oke-oke saja, sehingga sampai hari ini belum berburu spuyer lagi. Beberapa rekan senior di sini sangat memperhatikan hal per-spuyer-an, dan bagi mereka INC tersebut merupakan suatu keharusan. cmiiw | |
|
| |
paradise2307 Vespa Team Junior
Jumlah posting : 799 Age : 55 Localisation : Citayam-Depok Registration date : 24.07.08
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Mon 7 Feb 2011 - 8:42 | |
| untuk spuyer langsam ada pengaruhnya gak antara yang ada lubangnya diatas dgn yg gak ada lubang diatasnya. | |
|
| |
VESPA-CREATOR Pemula
Jumlah posting : 25 Registration date : 20.01.11
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Mon 7 Feb 2011 - 15:11 | |
| - Quote :
- Hasil study ...
Terkadang laju motor maseh suka tersendat....apa lage kalo Boncengan ama "mantan bokin" .... atwa abis "lari" dan berenti di lampu merah suka mo mati aja mesinna ...atau lebih parah kalo macet... langsam rada " tersendat "
Sepuyer main jet di bagian tengahna di lapisin pake sealtip...[takut goyang2]...
Mohon masupan dari para sesepuh .... terimakasih jangan pernah gunakan seal tape yang biasa digunakan pada pipa/kran pada main jet atau pilo tjet, karena di saat anda mengencangkan main jet atau pilot jet, besar kemungkinan bagian seal tape akan tersobek dan masuk ke dalam lubang main jet / pilot jet, yang akan berakibat ??? (silahkan anda coba sendiri).. | |
|
| |
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Mon 7 Feb 2011 - 15:31 | |
| - VESPA-CREATOR wrote:
-
- Quote :
- Hasil study ...
Terkadang laju motor maseh suka tersendat....apa lage kalo Boncengan ama "mantan bokin" .... atwa abis "lari" dan berenti di lampu merah suka mo mati aja mesinna ...atau lebih parah kalo macet... langsam rada " tersendat "
Sepuyer main jet di bagian tengahna di lapisin pake sealtip...[takut goyang2]...
Mohon masupan dari para sesepuh .... terimakasih jangan pernah gunakan seal tape yang biasa digunakan pada pipa/kran pada main jet atau pilo tjet, karena di saat anda mengencangkan main jet atau pilot jet, besar kemungkinan bagian seal tape akan tersobek dan masuk ke dalam lubang main jet / pilot jet, yang akan berakibat ??? (silahkan anda coba sendiri).. GUA PERNAH NYOBA 'MJ" SAMA"PJ" DI KASIH SEAL TIP.. EH TERNYATA ROBEK .. MENYELIP DI SALURAN BENSIN SERTA LUBANG LANGSAM.. ALHASIL NGEMPOS.. BENSIN KAYA TEKOR... SIALAN.. BUTUH 3JAM BUAT NGAMBIL ROBEKAN SEALTIP...
| |
|
| |
tony prasetyo Bikers
Jumlah posting : 89 Localisation : Pakujaya-Tangerang Registration date : 28.12.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Mon 7 Feb 2011 - 16:25 | |
| - paradise2307 wrote:
- untuk spuyer langsam ada pengaruhnya gak antara yang ada lubangnya diatas dgn yg gak ada lubang diatasnya.
Saya mencoba menjawab karena pernah menggunakan kedua pilot jet yang disebutkan diatas: 1. Yang nggak ada lobang diatas: membutuhkan bukaan gas yang besar bila ingin langsam walaupun tarikan tetep lancar dengan ukuran mainjet & setelan yang pas tapi bensin jadi boros. 2. Yang ada lobang diatasnya: tidak membutuhkan bukaan gas yang besar bila ingin langsam, bensin lebih irit bila dibandingkan penggunaan pilot jet tanpa lobang diatasnya Berdasarkan pengalaman diatas, ternyata selama ini saya salah mengaplikasikan ukuran pilot jet yang nggak ada lobang diatasnya, setelah saya kembalikan ke ukuran yang standart untuk karburator 20/20 D akhirnya borosnya bensin di vespa saya jadi berkurang Mudah2an ada yang bisa mengoreksi dengan apa saya sampaikan diatas...... | |
|
| |
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Tue 8 Feb 2011 - 15:48 | |
| - tony prasetyo wrote:
- paradise2307 wrote:
- untuk spuyer langsam ada pengaruhnya gak antara yang ada lubangnya diatas dgn yg gak ada lubang diatasnya.
Saya mencoba menjawab karena pernah menggunakan kedua pilot jet yang disebutkan diatas: 1. Yang nggak ada lobang diatas: membutuhkan bukaan gas yang besar bila ingin langsam walaupun tarikan tetep lancar dengan ukuran mainjet & setelan yang pas tapi bensin jadi boros. 2. Yang ada lobang diatasnya: tidak membutuhkan bukaan gas yang besar bila ingin langsam, bensin lebih irit bila dibandingkan penggunaan pilot jet tanpa lobang diatasnya
Berdasarkan pengalaman diatas, ternyata selama ini saya salah mengaplikasikan ukuran pilot jet yang nggak ada lobang diatasnya, setelah saya kembalikan ke ukuran yang standart untuk karburator 20/20 D akhirnya borosnya bensin di vespa saya jadi berkurang Mudah2an ada yang bisa mengoreksi dengan apa saya sampaikan diatas...... iya bener bgt .. saya setuju .. dengan mengganti spuyer langsam tanpa lubang di atas.a maka bensin lebih irit.. dan lebih responsif.. (pengalaman.) jadi irit juga gak selalu otak atik spuyer bensin ujung bawah.a saja... | |
|
| |
dhit Pemula
Jumlah posting : 13 Localisation : bandung Registration date : 10.02.11
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Sat 12 Feb 2011 - 21:52 | |
| - Laretha wrote:
- ashari_Scott. wrote:
deksel itu yang mna ya kang laretha
Mengenai deksel, di atas sudah ditunjukkan oleh bro H3liax. Saya juga masih belum jelas, sebenarnya yang dimaksud dengan deksel itu mananya; kesan saya sih, "deksel" adalah istilah yang dipakai oleh bengkel untuk menunjuk kepada pelampung, jarum pelampung, berikut tempatnya. Mungkin nanti ada yang lebih mengerti bisa memberi pencerahan bagi kita.
- h3liax wrote:
sy punya karbu delorto si.20.20D (kalo gak salah liat) ..hikk..hikk... apuyer A = BE5 bawah dan 160 atas ( kebalik ???) ..truss Spuyer B = 24-140 kalo gak salah teh ...
1.kalau standardnya tuch berapa yach kedua spuyer tersebut ???
Ukuran spuyer standar untuk karbu 20/20, main jet = BE3-102 pilot jet = 48-160
Memakai pilot jet 42-140 memang bisa jalan normal dan lebih irit, tetapi untuk putaran bawah dan akselerasi tetap lebih mantap memakai 48-160.
Gambar pilot jet / spuyer langsam (B) :
- Spoiler:
Mixer main jet (spuyer A) bisa memakai BE3, juga bisa memakai BE5. Dari perbedaan karakteristiknya, untuk yang menyukai memainkan gas secara stabil di putaran bawah dan menengah, bisa memakai BE5. Sedangkan yang suka memainkan gas dari putaran bawah sampai putaran tinggi, dan sering menjalankan vespa dengan kecepatan relatif tinggi di jalanan luar kota, mungkin lebih pas memakai BE3.
Gambar main jet (A) :
- Spoiler:
Air corrector Mixer tube / atomizer, ukuran tersedia dari BE1 s.d. BE8, kita pakai BE3 atau BE5 Main jet, saya pakai ukuran 102, bro Koenig memakai ukuran 90; dua-duanya bisa berfungsi dengan baik.
Di spuyer A, air corrector, mixer, dan main jet disambung menjadi satu, dan gabungan ketiga unsur ini kadang saya sebut dengan istilah mainjet. Walaupun sebenarnya yang disebut dengan main jet adalah bagian paling bawah saja.
Untuk sementara pemahaman saya adalah seperti itu, mungkin rekan-rekan yang lebih faham bisa mengoreksi atau melengkapinya.
om vespa saya vespa s th 76 .. saya pake karbu px 20/20 -spuyer A saya pake : atas 160 dan bawah 98 -sdang kan spuyer B saya pake : 42 tapi ko masih ngeberebet aja ia om . jadi tenaga nya ga keluar smua.. tolong om pencerahan nya?? makasih.... | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Sat 12 Feb 2011 - 22:51 | |
| - dhit wrote:
om vespa saya vespa s th 76 .. saya pake karbu px 20/20 -spuyer A saya pake : atas 160 dan bawah 98 -sdang kan spuyer B saya pake : 42
tapi ko masih ngeberebet aja ia om . jadi tenaga nya ga keluar smua..
Letikan api di kabel koil dan busi apakah berwarna biru ? Dan apakah waktu pengapiannya sudah coba disetting ke standar ? Jika waktu pengapian dan letikan apinya bagus, dan jika memang tidak ada kebocoran di "antara karbu dan dudukannya di mesin", maka pilot jetnya (spuyer B) coba pakai yang 48. Bisa pinjam teman dulu untuk mencoba, atau jika langsung beli harganya di kisaran 10 k. | |
|
| |
dhit Pemula
Jumlah posting : 13 Localisation : bandung Registration date : 10.02.11
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Sun 13 Feb 2011 - 1:28 | |
| - Laretha wrote:
Letikan api di kabel koil dan busi apakah berwarna biru ? Dan apakah waktu pengapiannya sudah coba disetting ke standar ?
Jika waktu pengapian dan letikan apinya bagus, dan jika memang tidak ada kebocoran di "antara karbu dan dudukannya di mesin", maka pilot jetnya (spuyer B) coba pakai yang 48.
Bisa pinjam teman dulu untuk mencoba, atau jika langsung beli harganya di kisaran 10 k. kalo warna letikan api sih . warna biru !! tapi saya pake koil mobil excelent th 81 .. apa kah itu berpeharuh om?? tapi ntar saya coba dulu . spuyer B pake ukuran 48 ... | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Sun 13 Feb 2011 - 20:28 | |
| - dhit wrote:
- Laretha wrote:
Letikan api di kabel koil dan busi apakah berwarna biru ? Dan apakah waktu pengapiannya sudah coba disetting ke standar ?
Jika waktu pengapian dan letikan apinya bagus, dan jika memang tidak ada kebocoran di "antara karbu dan dudukannya di mesin", maka pilot jetnya (spuyer B) coba pakai yang 48.
Bisa pinjam teman dulu untuk mencoba, atau jika langsung beli harganya di kisaran 10 k. kalo warna letikan api sih . warna biru !! tapi saya pake koil mobil excelent th 81 .. apa kah itu berpeharuh om??
tapi ntar saya coba dulu . spuyer B pake ukuran 48 ... Boleh coba pilot jet ke 48, atau bisa coba dulu ganti koil standar, karena mungkin saja penyebab ngaberebet (tidak stabil) tersebut bersumber dari koil mobil tsb. Setahu saya, voltase yang dihasilkan oleh koil mobil jauh lebih tinggi dari voltase yang dihasilkan oleh koil vespa, sehingga jika ingin lebih baik, perlu juga diupgrade kabel busi dan jenis busi yang dipergunakan. | |
|
| |
dhit Pemula
Jumlah posting : 13 Localisation : bandung Registration date : 10.02.11
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? Sun 13 Feb 2011 - 22:04 | |
| - Laretha wrote:
Boleh coba pilot jet ke 48, atau bisa coba dulu ganti koil standar, karena mungkin saja penyebab ngaberebet (tidak stabil) tersebut bersumber dari koil mobil tsb.
Setahu saya, voltase yang dihasilkan oleh koil mobil jauh lebih tinggi dari voltase yang dihasilkan oleh koil vespa, sehingga jika ingin lebih baik, perlu juga diupgrade kabel busi dan jenis busi yang dipergunakan. ok . ntar saya coba dulu ganti koil nya sama spuyernya !! maksih ni broo informasinya .. hatur nuhun ! | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: ukuran spuyer normal ? | |
| |
|
| |
| ukuran spuyer normal ? | |
|