Forum Ikatan Vespa Indonesia
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  Latest imagesLatest images  PendaftaranPendaftaran  Login  

 

 koil dan busi yang bgs

Go down 
+16
kakakarab
paradise2307
ad6636bb
ronniehusain
noeril
Nurdin R
toea_gila
0600661160
zavra
liusgunawan
si bontet
ebenmhs
WAWAN
ari abednego
koenig blues
akaza
20 posters
Pilih halaman : Previous  1, 2
PengirimMessage
paradise2307
Vespa Team Junior
paradise2307


Jumlah posting : 799
Age : 55
Localisation : Citayam-Depok
Registration date : 24.07.08

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyThu 23 Sep 2010 - 16:41

noeril wrote:
toea_gila wrote:
0600661160 wrote:
oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru..
jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..

ada yang perlu di periksa gak ya oom?

busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.

Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor kurang sempurna?

Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:

1. Karburator

Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco.

2. Pengapian

Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? kalau timing, periksa dech platina nya udah pas pa belum

3. Kompresi

Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun bisa disebabkan karena ring piston lemah.

4. Filter udara kotor

Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.

Semoga membantu
sejak beli PX bulan juli yg lalu smpe hr ini udah ganti busi 2x, PX mogok katanya si bengkel gara2 magnit kipasnya rusak, stlh dibenerin trs tukang bengkel nyaranin gnt busi, tgl 1 sept 2010 gnt busi pake kepala pnjg (NGK T6000 / bungkusnya ada gmbr EXCEL) sampe tgl 22 kemarin busi mati, hanya gara2 kubuka businya kuliat dan kupasang lg, tau2 sorenya si PX ga bs hidup pdhl paginya sblm kubuka businya si PX kuajak jln2 baek2 aja, akhirnya td pagi kubelikan busi kepala pendek (NGK T5999 / bungkusnya ada gmbr PX) si PX baru bisa jln lg.
Yg tepat si PX pake busi pnjg apa pendek?
Apakah gara2 kubuka businya n kubersihkan mengakibatkan busi jd mati? Stelan karbu standar pake dellorto 20/20 stelan angin 2 setengah putaran, berapa stelan angin yg pas untuk karbu PX 20/20? Trims wat para ahli perPESPAan...

Menurut referensi postingan terdahulu, untuk setelan angin pada Vespa tidak bisa
dipatok 2 putaran 2.5 putaran atau beberpa putaran.
Pada Vespa A mungkin cocok dengan 2 putaran, pada Vespa B cocoknya mungkin pada 3 putaran.
Jadi harus try & error.

Mungkin dibawah saya ada tambahan.
Kembali Ke Atas Go down
toea_gila
Vespa Raiders
toea_gila


Jumlah posting : 315
Registration date : 13.07.07

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyFri 24 Sep 2010 - 16:56

paradise2307 wrote:
noeril wrote:
toea_gila wrote:
0600661160 wrote:
oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru..
jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..

ada yang perlu di periksa gak ya oom?

busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.

Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor kurang sempurna?

Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:

1. Karburator

Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco.

2. Pengapian

Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? kalau timing, periksa dech platina nya udah pas pa belum

3. Kompresi

Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun bisa disebabkan karena ring piston lemah.

4. Filter udara kotor

Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.

Semoga membantu
sejak beli PX bulan juli yg lalu smpe hr ini udah ganti busi 2x, PX mogok katanya si bengkel gara2 magnit kipasnya rusak, stlh dibenerin trs tukang bengkel nyaranin gnt busi, tgl 1 sept 2010 gnt busi pake kepala pnjg (NGK T6000 / bungkusnya ada gmbr EXCEL) sampe tgl 22 kemarin busi mati, hanya gara2 kubuka businya kuliat dan kupasang lg, tau2 sorenya si PX ga bs hidup pdhl paginya sblm kubuka businya si PX kuajak jln2 baek2 aja, akhirnya td pagi kubelikan busi kepala pendek (NGK T5999 / bungkusnya ada gmbr PX) si PX baru bisa jln lg.
Yg tepat si PX pake busi pnjg apa pendek?
Apakah gara2 kubuka businya n kubersihkan mengakibatkan busi jd mati? Stelan karbu standar pake dellorto 20/20 stelan angin 2 setengah putaran, berapa stelan angin yg pas untuk karbu PX 20/20? Trims wat para ahli perPESPAan...

Menurut referensi postingan terdahulu, untuk setelan angin pada Vespa tidak bisa
dipatok 2 putaran 2.5 putaran atau beberpa putaran.
Pada Vespa A mungkin cocok dengan 2 putaran, pada Vespa B cocoknya mungkin pada 3 putaran.
Jadi harus try & error.

Mungkin dibawah saya ada tambahan.

benar, untuk setelan angin butuh sedikit "filling" dan "pendengaran"... dan hal ini didapat dari trial and error... coba dulu satu putaran... terus dilihat... gimana dampaknya pada busi... lalu dua putaran.. sampai didapat settingan yang pas....

busi dibersihkan mati...??? ini hal aneh... emang ngebersihinya pake apaan...? intinya... membersihkan busi adalah menghilangkan jelaga hitam aja... dan mengatur jarak kepala busi... sampai di dapat percikan api yang biru dan besar.

kalau menurut gua, busi kepala panjang dan busi kepala pendek hanya berlaku pada ukuran head cilinder aja.. kalau head silindernya pendek.. ya.. pake busi kepala pendek.. gitu juga sebaliknya...

saran gua.. coba dicek.. apakah percikan api di busi berwarna biru dan besar...?? kalau percikannya merah... berarti ada yang nggak beres... (ganti busi), tapi kalau percikannya biru tapi kecil (cek CDI dan Spul serta coil)
Kembali Ke Atas Go down
kakakarab
Pemula
kakakarab


Jumlah posting : 22
Age : 42
Localisation : jakarta
Registration date : 24.06.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyFri 8 Oct 2010 - 13:19

toea_gila wrote:
0600661160 wrote:
oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru..
jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..

ada yang perlu di periksa gak ya oom?

busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.

Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor kurang sempurna?

Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:

1. Karburator

Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco.

2. Pengapian

Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? kalau timing, periksa dech platina nya udah pas pa belum

3. Kompresi

Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun bisa disebabkan karena ring piston lemah.

4. Filter udara kotor

Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.

Semoga membantu

nimbrung..
apa umur vespa dipengaruhi oleh regulator?? soalnya busi saya bisa ganti 4-5 kali dal 1 bulan...
Kembali Ke Atas Go down
toea_gila
Vespa Raiders
toea_gila


Jumlah posting : 315
Registration date : 13.07.07

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyFri 8 Oct 2010 - 13:34

kakakarab wrote:
toea_gila wrote:
0600661160 wrote:
oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru..
jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..

ada yang perlu di periksa gak ya oom?

busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.

Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor kurang sempurna?

Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:

1. Karburator

Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco.

2. Pengapian

Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? kalau timing, periksa dech platina nya udah pas pa belum

3. Kompresi

Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun bisa disebabkan karena ring piston lemah.

4. Filter udara kotor

Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.

Semoga membantu

nimbrung..
apa umur vespa dipengaruhi oleh regulator?? soalnya busi saya bisa ganti 4-5 kali dal 1 bulan...

umur vespa, relatif bro... kalau dari mas enrico dirancang 100 tahun....

tapi kalau umur spare part vespa bervariasi, kalau busi sekitar 1000 KM, coil bisa sampai 100.000 KM, kondensor sama biasanya ma umur coil, spul juga sama ma umur coil, karena memang mereka satu paket... heheheheh
Kembali Ke Atas Go down
kakakarab
Pemula
kakakarab


Jumlah posting : 22
Age : 42
Localisation : jakarta
Registration date : 24.06.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptySat 9 Oct 2010 - 9:32

toea_gila wrote:
kakakarab wrote:
toea_gila wrote:
0600661160 wrote:
oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru..
jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..

ada yang perlu di periksa gak ya oom?

busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.

Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor kurang sempurna?

Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:

1. Karburator

Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco.

2. Pengapian

Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? kalau timing, periksa dech platina nya udah pas pa belum

3. Kompresi

Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun bisa disebabkan karena ring piston lemah.

4. Filter udara kotor

Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.

Semoga membantu

nimbrung..
apa umur vespa dipengaruhi oleh regulator?? soalnya busi saya bisa ganti 4-5 kali dal 1 bulan...

umur vespa, relatif bro... kalau dari mas enrico dirancang 100 tahun....

tapi kalau umur spare part vespa bervariasi, kalau busi sekitar 1000 KM, coil bisa sampai 100.000 KM, kondensor sama biasanya ma umur coil, spul juga sama ma umur coil, karena memang mereka satu paket... heheheheh

maaf mas maksudnya umur busi.. dipengaruhi regulator?? hehehe
Kembali Ke Atas Go down
keaton
Bikers
keaton


Jumlah posting : 96
Registration date : 21.06.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptySat 9 Oct 2010 - 9:36

wah berita pagi yang hangat?good info?ijin nyimak ja?hheeee Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool
Kembali Ke Atas Go down
toea_gila
Vespa Raiders
toea_gila


Jumlah posting : 315
Registration date : 13.07.07

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyMon 11 Oct 2010 - 12:49

kakakarab wrote:


maaf mas maksudnya umur busi.. dipengaruhi regulator?? hehehe

ooh... betul bro.. .kalau regulator udah soak, kemungkin api udah kagak stabil, sehinggal koil juga kebingungan dan busi lebih bingung lagi... sehinggal karena ketidak stabilan arus... busi pun cepet mati...
Kembali Ke Atas Go down
Nurdin R
Vespa Team Deluxe
Nurdin R


Jumlah posting : 1188
Age : 43
Localisation : Malang - Jawa Timur
Registration date : 09.01.09

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyMon 11 Oct 2010 - 13:05

oooo... businya bingung..puyeng..akhirnya mati lol!
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyMon 11 Oct 2010 - 14:50

toea_gila wrote:
kakakarab wrote:


maaf mas maksudnya umur busi.. dipengaruhi regulator?? hehehe

ooh... betul bro.. .kalau regulator udah soak, kemungkin api udah kagak stabil, sehinggal koil juga kebingungan dan busi lebih bingung lagi... sehinggal karena ketidak stabilan arus... busi pun cepet mati...
sebenarnya ini masalah yang sama dengan sebutan umur busi mengikuti umur kondensor Wink
Kembali Ke Atas Go down
ashari_Scott.
Vespa Team Junior
ashari_Scott.


Jumlah posting : 597
Age : 74
Registration date : 13.10.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyWed 13 Oct 2010 - 18:17

koenig blues wrote:
ari abednego wrote:
koenig blues wrote:
ari abednego wrote:
koenig blues wrote:
ari abednego wrote:
koenig blues wrote:
untuk koil yang bagus ya danmotor Razz dan untuk busi itu selera, untuk saya berhubung semua vespa saya kompresinya sedikit tinggi saya memakai busi NGK T5

bro, busi NGK T5 brp duit? dipasaran msh byk beredar ga?
NGK T5229 busi kepala pendek lho (untuk motor standar pakai yang kepala panjang bisa NGK bisa denso), harganya10 ribu dan masih banyak yang jual (recommended toko spare part yang bisa dipercaya karena akhir2 ini mulai oli hingga busi banyak yang palsu)

Sekarang yg byk beredar NGK T5999 bro...bagus ga ne? soalnya minggu kemaren ke otista nanya NGK T5 dikasihnya NGK T5999 trus...harganya jg 10rb...
maaf maaf kesalahan ada pada saya yang telah tahunan selalu menyebut T5 kepada toko langganan dan mereka langsung paham, yang betul adalah yang bung ari beli NGK T5999.

ps: saya pakai busi itu tahunan dan tidak ada masalah

mav nie ikut nimbrung...
kalo koil yang tak layak paki kaya gimana ea kondisi api.a

Horee...berarti bener donk yg saya beli...tp kan masalah awet tergantung dr pengapian jg y bro...bagus ato tidak pengapiannya...bener g om?
betul, selama koil, kondensor anda dan platina terjaga dengan baik maka busi bisa tahunan (juga setelan pembakaran yang tepat)

ps: yang terpenting jangan suka ngebut dengan vespa (sesekali saja) maka keseluruhan mesin anda pasti awet Smile
Kembali Ke Atas Go down
eky saputra
Bikers
eky saputra


Jumlah posting : 63
Age : 37
Localisation : Padang
Registration date : 24.05.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyFri 22 Oct 2010 - 14:52

spul yang bagus mereknya pa ya mas?
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyFri 22 Oct 2010 - 15:06

kalau tidak salah mereknya star
Kembali Ke Atas Go down
vespasuper72
Bikers
vespasuper72


Jumlah posting : 73
Localisation : tangsel
Registration date : 25.09.09

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyMon 25 Oct 2010 - 0:45

berhubung lg pd bahas busi dan oli mo nanya nih, byk yg blg klo campuran oli itu 1lt bensin ditambah 2 tutup oli, klo gw cm 1 tutup oli doank msn enak2 aja, gmn tu bahaya ga?

sama pgn ngomentarin AOM byk yg blg lbh akurat klo kt campur sendiri, sebenernya klo ngomong soal akurat lbh akurat AOM soalnya 2% oli itu sebenernya uda kebanyakan klo hny utk kondisi stasioner, rpm rendah

klo soal kekhawatiran oli ngucur apa gak dr AOM mending AOMnya dicek, soalnya selain lbh akurat kt ga usah dikit2 nyampur oli yg kadang blepetan malah bikin ga ekonomis. Ini menurut pendpt pribadi ga tau deh bwt yg lain suka yg mana
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyMon 25 Oct 2010 - 11:36

sebenarnya saya tidak merekomendasikan takaran oli samping menggunakan tutup botol oli karena saya kurang yakin (bahaya kalau oli samping kurang, blok bisa terluka), kenapa tidak membeli gelas ukur plastic seharga 2 ribu menurut saya jauh lebih akurat daripada tutup botol oli samping.. tetapi perlu diingat tidak semua gelas plastic yang di jual di toko vespa memiliki hitungan yang sempurna dan saran saya carilah di apotik-apotik terdekat

sangat setuju dengan efektifitas system AOM
Kembali Ke Atas Go down
0600661160
Pemula



Jumlah posting : 21
Registration date : 25.06.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyMon 25 Oct 2010 - 14:08

sori oom AOM apaan ya?
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyMon 25 Oct 2010 - 14:34

AOM = Automatic Oil Mixture

pencampur oli samping otomatis seperti yang terdapat pada semua varian exkslusif dan excel serta new px di indonesia dimana pemilik vespa tidak perlu lagi menakar oli samping setiap mengisi bensin karena ada tangki khusus untuk menuang 1,5 liter oli samping disamping tutup tangki bensin
Kembali Ke Atas Go down
vespasuper72
Bikers
vespasuper72


Jumlah posting : 73
Localisation : tangsel
Registration date : 25.09.09

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyTue 26 Oct 2010 - 8:57

emank di apotik hrg gelas ukurnya brpan om koening?
upload potonya donk biar kt2 tau ukuran yg valid

oiya sama mo nanya nih vespa nyong cmn pk oli samping 1 tutup botol oli bwt 1 lier bensin, bahaya ga tuh? kedikitan ga? klo msn sih enak2 aja, warna businya malah merah bata. Bantuin ya
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyTue 26 Oct 2010 - 11:41

gelas ukur 3 ribuan
sepertinya 1 tutup botol oli samping masih kurang (kalau di vespa saya Wink ) bahaya piston macet


koil dan busi yang bgs - Page 2 Epsn1475
Kembali Ke Atas Go down
vespasuper72
Bikers
vespasuper72


Jumlah posting : 73
Localisation : tangsel
Registration date : 25.09.09

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyTue 26 Oct 2010 - 22:27

thx bgt potonya om

jd kesimpulannya gmn nih? gejala msn kurang oli samping apaan sih?
saya bener2 galau nih memikirkan si semok, soalnya dulu pernah kena isepan kt si montirnya sih gara2 kurang oli samping, tp 1 tutup botol oli msn uda enak & asap ga ngebul, busi jg warnanya merah bata, pusing bgt nih Question
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyWed 27 Oct 2010 - 13:48

gejala mesin kurang oli samping adalah seher sering kali macet dikala meisn panas, saya menganjurkan anda untuk menambah takaran oli samping anda ini jauh lebih murah daripada anda membeli piston dan mengkorter blok mesin anda.. saya selalu menganjurkan menambahkan sedikit oli samping melebihi takaran walaupun asap akan lebih banyak ini akan baik untuk piston anda

ps: vespa itu kan 2-tak jadi berasap sedikit tidak apa2 bukan Wink
Kembali Ke Atas Go down
eky saputra
Bikers
eky saputra


Jumlah posting : 63
Age : 37
Localisation : Padang
Registration date : 24.05.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyWed 27 Oct 2010 - 14:35

1 liter besin, klo menggunakan gelas takar berapa ml oli mas?
Kembali Ke Atas Go down
ronniehusain
Bikers
ronniehusain


Jumlah posting : 200
Age : 38
Localisation : semarang-temanggung-jogja-jakarta
Registration date : 25.02.09

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyWed 27 Oct 2010 - 15:15

kalo menurut buku pedoman vespa 1 liter bensin dipakai 20 ml oli samping (2% perbandingan)
tetapi alangkah baiknya jika campiran oli diperbesar rasionya...3-5% agar seher aman

semoga membantu
Kembali Ke Atas Go down
vespasuper72
Bikers
vespasuper72


Jumlah posting : 73
Localisation : tangsel
Registration date : 25.09.09

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyWed 27 Oct 2010 - 23:17

@ koenig blues : thx a lot masukannya, berasap sih gpp tp klo oli samping kebanyakan ngengkol jd berulang2

@ ronniehusain : berdasarkan yg kita baca selama ini sih 2% itu uda cukup, kecuali klo lg jln jauh atau turing sih br ditambahin gpp
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 EmptyThu 28 Oct 2010 - 11:25

kalau pengapian anda besar, cukup satu kali kickstart Wink
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty
PostSubyek: Re: koil dan busi yang bgs   koil dan busi yang bgs - Page 2 Empty

Kembali Ke Atas Go down
 
koil dan busi yang bgs
Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 2Pilih halaman : Previous  1, 2
 Similar topics
-
» koil mobil yang bagus bt vespa
» pasangan yang bagus yang gimana yaa
» [ask] koil mobil d vespa
» >>>>KOIL<<<<
» tegangan koil ???

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia :: Otomotif :: Mesin-
Navigasi: