| koil dan busi yang bgs | |
|
+16kakakarab paradise2307 ad6636bb ronniehusain noeril Nurdin R toea_gila 0600661160 zavra liusgunawan si bontet ebenmhs WAWAN ari abednego koenig blues akaza 20 posters |
|
Pengirim | Message |
---|
paradise2307 Vespa Team Junior
Jumlah posting : 799 Age : 55 Localisation : Citayam-Depok Registration date : 24.07.08
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Thu 23 Sep 2010 - 16:41 | |
| - noeril wrote:
- toea_gila wrote:
- 0600661160 wrote:
- oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru.. jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..
ada yang perlu di periksa gak ya oom? busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.
Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor kurang sempurna?
Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:
1. Karburator
Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco.
2. Pengapian
Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? kalau timing, periksa dech platina nya udah pas pa belum
3. Kompresi
Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun bisa disebabkan karena ring piston lemah.
4. Filter udara kotor
Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.
Semoga membantu sejak beli PX bulan juli yg lalu smpe hr ini udah ganti busi 2x, PX mogok katanya si bengkel gara2 magnit kipasnya rusak, stlh dibenerin trs tukang bengkel nyaranin gnt busi, tgl 1 sept 2010 gnt busi pake kepala pnjg (NGK T6000 / bungkusnya ada gmbr EXCEL) sampe tgl 22 kemarin busi mati, hanya gara2 kubuka businya kuliat dan kupasang lg, tau2 sorenya si PX ga bs hidup pdhl paginya sblm kubuka businya si PX kuajak jln2 baek2 aja, akhirnya td pagi kubelikan busi kepala pendek (NGK T5999 / bungkusnya ada gmbr PX) si PX baru bisa jln lg. Yg tepat si PX pake busi pnjg apa pendek? Apakah gara2 kubuka businya n kubersihkan mengakibatkan busi jd mati? Stelan karbu standar pake dellorto 20/20 stelan angin 2 setengah putaran, berapa stelan angin yg pas untuk karbu PX 20/20? Trims wat para ahli perPESPAan... Menurut referensi postingan terdahulu, untuk setelan angin pada Vespa tidak bisa dipatok 2 putaran 2.5 putaran atau beberpa putaran. Pada Vespa A mungkin cocok dengan 2 putaran, pada Vespa B cocoknya mungkin pada 3 putaran. Jadi harus try & error. Mungkin dibawah saya ada tambahan. | |
|
| |
toea_gila Vespa Raiders
Jumlah posting : 315 Registration date : 13.07.07
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Fri 24 Sep 2010 - 16:56 | |
| - paradise2307 wrote:
- noeril wrote:
- toea_gila wrote:
- 0600661160 wrote:
- oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru.. jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..
ada yang perlu di periksa gak ya oom? busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.
Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor kurang sempurna?
Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:
1. Karburator
Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco.
2. Pengapian
Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? kalau timing, periksa dech platina nya udah pas pa belum
3. Kompresi
Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun bisa disebabkan karena ring piston lemah.
4. Filter udara kotor
Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.
Semoga membantu sejak beli PX bulan juli yg lalu smpe hr ini udah ganti busi 2x, PX mogok katanya si bengkel gara2 magnit kipasnya rusak, stlh dibenerin trs tukang bengkel nyaranin gnt busi, tgl 1 sept 2010 gnt busi pake kepala pnjg (NGK T6000 / bungkusnya ada gmbr EXCEL) sampe tgl 22 kemarin busi mati, hanya gara2 kubuka businya kuliat dan kupasang lg, tau2 sorenya si PX ga bs hidup pdhl paginya sblm kubuka businya si PX kuajak jln2 baek2 aja, akhirnya td pagi kubelikan busi kepala pendek (NGK T5999 / bungkusnya ada gmbr PX) si PX baru bisa jln lg. Yg tepat si PX pake busi pnjg apa pendek? Apakah gara2 kubuka businya n kubersihkan mengakibatkan busi jd mati? Stelan karbu standar pake dellorto 20/20 stelan angin 2 setengah putaran, berapa stelan angin yg pas untuk karbu PX 20/20? Trims wat para ahli perPESPAan... Menurut referensi postingan terdahulu, untuk setelan angin pada Vespa tidak bisa dipatok 2 putaran 2.5 putaran atau beberpa putaran. Pada Vespa A mungkin cocok dengan 2 putaran, pada Vespa B cocoknya mungkin pada 3 putaran. Jadi harus try & error.
Mungkin dibawah saya ada tambahan. benar, untuk setelan angin butuh sedikit "filling" dan "pendengaran"... dan hal ini didapat dari trial and error... coba dulu satu putaran... terus dilihat... gimana dampaknya pada busi... lalu dua putaran.. sampai didapat settingan yang pas.... busi dibersihkan mati...??? ini hal aneh... emang ngebersihinya pake apaan...? intinya... membersihkan busi adalah menghilangkan jelaga hitam aja... dan mengatur jarak kepala busi... sampai di dapat percikan api yang biru dan besar. kalau menurut gua, busi kepala panjang dan busi kepala pendek hanya berlaku pada ukuran head cilinder aja.. kalau head silindernya pendek.. ya.. pake busi kepala pendek.. gitu juga sebaliknya... saran gua.. coba dicek.. apakah percikan api di busi berwarna biru dan besar...?? kalau percikannya merah... berarti ada yang nggak beres... (ganti busi), tapi kalau percikannya biru tapi kecil (cek CDI dan Spul serta coil) | |
|
| |
kakakarab Pemula
Jumlah posting : 22 Age : 42 Localisation : jakarta Registration date : 24.06.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Fri 8 Oct 2010 - 13:19 | |
| - toea_gila wrote:
- 0600661160 wrote:
- oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru.. jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..
ada yang perlu di periksa gak ya oom? busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.
Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor kurang sempurna?
Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:
1. Karburator
Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco.
2. Pengapian
Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? kalau timing, periksa dech platina nya udah pas pa belum
3. Kompresi
Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun bisa disebabkan karena ring piston lemah.
4. Filter udara kotor
Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.
Semoga membantu nimbrung.. apa umur vespa dipengaruhi oleh regulator?? soalnya busi saya bisa ganti 4-5 kali dal 1 bulan... | |
|
| |
toea_gila Vespa Raiders
Jumlah posting : 315 Registration date : 13.07.07
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Fri 8 Oct 2010 - 13:34 | |
| - kakakarab wrote:
- toea_gila wrote:
- 0600661160 wrote:
- oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru.. jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..
ada yang perlu di periksa gak ya oom? busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.
Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor kurang sempurna?
Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:
1. Karburator
Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco.
2. Pengapian
Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? kalau timing, periksa dech platina nya udah pas pa belum
3. Kompresi
Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun bisa disebabkan karena ring piston lemah.
4. Filter udara kotor
Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.
Semoga membantu nimbrung.. apa umur vespa dipengaruhi oleh regulator?? soalnya busi saya bisa ganti 4-5 kali dal 1 bulan... umur vespa, relatif bro... kalau dari mas enrico dirancang 100 tahun.... tapi kalau umur spare part vespa bervariasi, kalau busi sekitar 1000 KM, coil bisa sampai 100.000 KM, kondensor sama biasanya ma umur coil, spul juga sama ma umur coil, karena memang mereka satu paket... heheheheh | |
|
| |
kakakarab Pemula
Jumlah posting : 22 Age : 42 Localisation : jakarta Registration date : 24.06.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Sat 9 Oct 2010 - 9:32 | |
| - toea_gila wrote:
- kakakarab wrote:
- toea_gila wrote:
- 0600661160 wrote:
- oom sekalian nimbrung tentang bahasan busi..
kenapa ya vespa saya sering banget ganti businya paling lama itu cuma 1 minggu dari baru.. jadi 1 minggu sekali pasti ganti busi..
ada yang perlu di periksa gak ya oom? busi cepat kalah atau mati penyebab utamanya adalah karena pembakaran kurang sempurna. Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektrode busi. Jelaga inilah yang menyebabkan umur busi menjadi kurang awet.
Jika sumber masalahnya belum teratasi maka setiap ganti busi baru, tidak lama kemudian akan mati kembali. Nah, sekarang mari kita telusuri mengapa pembakaran pada motor kurang sempurna?
Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan beberapa hal diantaranya:
1. Karburator
Penyuplai gas pembakaran ini jika jeroannya rusak seperti jarum skep, needle jet atau spuyernya aus, juga bisa menyebabkan campuran gas pembakaran terlalu kaya. Alhasil, pembakaran pun menjadi ngaco.
2. Pengapian
Sistem pengapian tugasnya menyiapkan api untuk membakar gas pembakaran (campuran udara dan bensin). Syarat api disini harus kuat dan timingnya tepat. Coba cek, apakah api yang keluar dari koil menuju busi mempunyai percikan api yang kuat? kalau timing, periksa dech platina nya udah pas pa belum
3. Kompresi
Tekanan kompresi terlalu rendah juga bisa menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Kompresi turun bisa disebabkan karena ring piston lemah.
4. Filter udara kotor
Udara merupakan salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Jika filter udara kotor, maka suplai udara yang menuju karburator juga sedikit. Akibatnya, campuran pembakaran menjadi terlalu kaya. Hasil pembakaran akan menyisakan jelaga hitam di mulut busi.
Semoga membantu nimbrung.. apa umur vespa dipengaruhi oleh regulator?? soalnya busi saya bisa ganti 4-5 kali dal 1 bulan... umur vespa, relatif bro... kalau dari mas enrico dirancang 100 tahun....
tapi kalau umur spare part vespa bervariasi, kalau busi sekitar 1000 KM, coil bisa sampai 100.000 KM, kondensor sama biasanya ma umur coil, spul juga sama ma umur coil, karena memang mereka satu paket... heheheheh maaf mas maksudnya umur busi.. dipengaruhi regulator?? hehehe | |
|
| |
keaton Bikers
Jumlah posting : 96 Registration date : 21.06.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Sat 9 Oct 2010 - 9:36 | |
| | |
|
| |
toea_gila Vespa Raiders
Jumlah posting : 315 Registration date : 13.07.07
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Mon 11 Oct 2010 - 12:49 | |
| - kakakarab wrote:
maaf mas maksudnya umur busi.. dipengaruhi regulator?? hehehe ooh... betul bro.. .kalau regulator udah soak, kemungkin api udah kagak stabil, sehinggal koil juga kebingungan dan busi lebih bingung lagi... sehinggal karena ketidak stabilan arus... busi pun cepet mati... | |
|
| |
Nurdin R Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1188 Age : 43 Localisation : Malang - Jawa Timur Registration date : 09.01.09
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Mon 11 Oct 2010 - 13:05 | |
| oooo... businya bingung..puyeng..akhirnya mati | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Mon 11 Oct 2010 - 14:50 | |
| - toea_gila wrote:
- kakakarab wrote:
maaf mas maksudnya umur busi.. dipengaruhi regulator?? hehehe ooh... betul bro.. .kalau regulator udah soak, kemungkin api udah kagak stabil, sehinggal koil juga kebingungan dan busi lebih bingung lagi... sehinggal karena ketidak stabilan arus... busi pun cepet mati... sebenarnya ini masalah yang sama dengan sebutan umur busi mengikuti umur kondensor | |
|
| |
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| |
| |
eky saputra Bikers
Jumlah posting : 63 Age : 37 Localisation : Padang Registration date : 24.05.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Fri 22 Oct 2010 - 14:52 | |
| spul yang bagus mereknya pa ya mas? | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Fri 22 Oct 2010 - 15:06 | |
| kalau tidak salah mereknya star | |
|
| |
vespasuper72 Bikers
Jumlah posting : 73 Localisation : tangsel Registration date : 25.09.09
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Mon 25 Oct 2010 - 0:45 | |
| berhubung lg pd bahas busi dan oli mo nanya nih, byk yg blg klo campuran oli itu 1lt bensin ditambah 2 tutup oli, klo gw cm 1 tutup oli doank msn enak2 aja, gmn tu bahaya ga?
sama pgn ngomentarin AOM byk yg blg lbh akurat klo kt campur sendiri, sebenernya klo ngomong soal akurat lbh akurat AOM soalnya 2% oli itu sebenernya uda kebanyakan klo hny utk kondisi stasioner, rpm rendah
klo soal kekhawatiran oli ngucur apa gak dr AOM mending AOMnya dicek, soalnya selain lbh akurat kt ga usah dikit2 nyampur oli yg kadang blepetan malah bikin ga ekonomis. Ini menurut pendpt pribadi ga tau deh bwt yg lain suka yg mana | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Mon 25 Oct 2010 - 11:36 | |
| sebenarnya saya tidak merekomendasikan takaran oli samping menggunakan tutup botol oli karena saya kurang yakin (bahaya kalau oli samping kurang, blok bisa terluka), kenapa tidak membeli gelas ukur plastic seharga 2 ribu menurut saya jauh lebih akurat daripada tutup botol oli samping.. tetapi perlu diingat tidak semua gelas plastic yang di jual di toko vespa memiliki hitungan yang sempurna dan saran saya carilah di apotik-apotik terdekat
sangat setuju dengan efektifitas system AOM | |
|
| |
0600661160 Pemula
Jumlah posting : 21 Registration date : 25.06.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Mon 25 Oct 2010 - 14:08 | |
| | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Mon 25 Oct 2010 - 14:34 | |
| AOM = Automatic Oil Mixture
pencampur oli samping otomatis seperti yang terdapat pada semua varian exkslusif dan excel serta new px di indonesia dimana pemilik vespa tidak perlu lagi menakar oli samping setiap mengisi bensin karena ada tangki khusus untuk menuang 1,5 liter oli samping disamping tutup tangki bensin | |
|
| |
vespasuper72 Bikers
Jumlah posting : 73 Localisation : tangsel Registration date : 25.09.09
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Tue 26 Oct 2010 - 8:57 | |
| emank di apotik hrg gelas ukurnya brpan om koening? upload potonya donk biar kt2 tau ukuran yg valid
oiya sama mo nanya nih vespa nyong cmn pk oli samping 1 tutup botol oli bwt 1 lier bensin, bahaya ga tuh? kedikitan ga? klo msn sih enak2 aja, warna businya malah merah bata. Bantuin ya | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Tue 26 Oct 2010 - 11:41 | |
| gelas ukur 3 ribuan sepertinya 1 tutup botol oli samping masih kurang (kalau di vespa saya ) bahaya piston macet | |
|
| |
vespasuper72 Bikers
Jumlah posting : 73 Localisation : tangsel Registration date : 25.09.09
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Tue 26 Oct 2010 - 22:27 | |
| thx bgt potonya om jd kesimpulannya gmn nih? gejala msn kurang oli samping apaan sih? saya bener2 galau nih memikirkan si semok, soalnya dulu pernah kena isepan kt si montirnya sih gara2 kurang oli samping, tp 1 tutup botol oli msn uda enak & asap ga ngebul, busi jg warnanya merah bata, pusing bgt nih | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Wed 27 Oct 2010 - 13:48 | |
| gejala mesin kurang oli samping adalah seher sering kali macet dikala meisn panas, saya menganjurkan anda untuk menambah takaran oli samping anda ini jauh lebih murah daripada anda membeli piston dan mengkorter blok mesin anda.. saya selalu menganjurkan menambahkan sedikit oli samping melebihi takaran walaupun asap akan lebih banyak ini akan baik untuk piston anda ps: vespa itu kan 2-tak jadi berasap sedikit tidak apa2 bukan | |
|
| |
eky saputra Bikers
Jumlah posting : 63 Age : 37 Localisation : Padang Registration date : 24.05.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Wed 27 Oct 2010 - 14:35 | |
| 1 liter besin, klo menggunakan gelas takar berapa ml oli mas? | |
|
| |
ronniehusain Bikers
Jumlah posting : 200 Age : 38 Localisation : semarang-temanggung-jogja-jakarta Registration date : 25.02.09
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Wed 27 Oct 2010 - 15:15 | |
| kalo menurut buku pedoman vespa 1 liter bensin dipakai 20 ml oli samping (2% perbandingan) tetapi alangkah baiknya jika campiran oli diperbesar rasionya...3-5% agar seher aman
semoga membantu | |
|
| |
vespasuper72 Bikers
Jumlah posting : 73 Localisation : tangsel Registration date : 25.09.09
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Wed 27 Oct 2010 - 23:17 | |
| @ koenig blues : thx a lot masukannya, berasap sih gpp tp klo oli samping kebanyakan ngengkol jd berulang2
@ ronniehusain : berdasarkan yg kita baca selama ini sih 2% itu uda cukup, kecuali klo lg jln jauh atau turing sih br ditambahin gpp | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs Thu 28 Oct 2010 - 11:25 | |
| kalau pengapian anda besar, cukup satu kali kickstart | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: koil dan busi yang bgs | |
| |
|
| |
| koil dan busi yang bgs | |
|