| kompresi rendah vs kompresi tinggi | |
|
+21obeth h3liax magi tony prasetyo VESPA-CREATOR londotrb ronniehusain fahmi p150 sera paradise2307 marcel ad6636bb gompal irfanbudisatrio toea_gila fauzi koenig blues Hidayat99 Laretha thetopan ashari_Scott. scooter.freaks 25 posters |
|
Pengirim | Message |
---|
scooter.freaks Bikers
Jumlah posting : 111 Localisation : Republik Ngayogyakarta-hadiningrat Registration date : 07.03.10
| Subyek: kompresi rendah vs kompresi tinggi Tue 4 Jan 2011 - 16:36 | |
| tanya tanya lagi ah..
saya skarang sedang coba coba dengan kompresi.. kemaren pinjem head yg sudah dipapas.. hasilnya lari +tenaga di rpm atas dapet + nafas jd panjang.. tapi masalahnya tenaga buat nanjak (torsi) kurang.. 1. apakah tipikal kompresi tinggi seperti itu? 2. jika menggunakan knlpot racing apakah hasilnya lebih baik? (skrang pk knalpot standar) 3. klo mnurut brader enak yg rendah(standar) atau tinggi..? alasan..? | |
|
| |
ashari_Scott. Vespa Team Junior
Jumlah posting : 597 Age : 74 Registration date : 13.10.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Tue 4 Jan 2011 - 16:56 | |
| yang sedang -sedang saja... karena berlebihan itu tidak baik.. dan kekurangan juga tidak baik | |
|
| |
thetopan Vespa Team Junior
Jumlah posting : 604 Age : 45 Localisation : Bandung - Jakarta - Padang - Yogyakarta Registration date : 02.11.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Tue 4 Jan 2011 - 17:23 | |
| - scooter.freaks wrote:
- tanya tanya lagi ah..
saya skarang sedang coba coba dengan kompresi.. kemaren pinjem head yg sudah dipapas.. hasilnya lari +tenaga di rpm atas dapet + nafas jd panjang.. tapi masalahnya tenaga buat nanjak (torsi) kurang.. 1. apakah tipikal kompresi tinggi seperti itu? 2. jika menggunakan knlpot racing apakah hasilnya lebih baik? (skrang pk knalpot standar) 3. klo mnurut brader enak yg rendah(standar) atau tinggi..? alasan..? tergantung medan bray, kalo penuh tanjakan, jalanan macet, atau jalanan rusak pasti beda2.. so bener kata bung ari. yg sedang2 aja biar cocok untuk semua medan yg penting dia setia. kecuali ente emang buat balapan. | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Tue 4 Jan 2011 - 17:58 | |
| - scooter.freaks wrote:
- tanya tanya lagi ah..
saya skarang sedang coba coba dengan kompresi.. kemaren pinjem head yg sudah dipapas.. hasilnya lari +tenaga di rpm atas dapet + nafas jd panjang.. tapi masalahnya tenaga buat nanjak (torsi) kurang.. 1. apakah tipikal kompresi tinggi seperti itu? 2. jika menggunakan knlpot racing apakah hasilnya lebih baik? (skrang pk knalpot standar) 3. klo mnurut brader enak yg rendah(standar) atau tinggi..? alasan..? Ikut nampang di pejwan : 1. Kompresi tinggi tidak harus seperti itu. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari kompresi yang dipertinggi, perlu juga diseting ulang : - pengapian - jetting - knalpot 2. Knalpot racing hasilnya bisa lebih baik, setidaknya suaranya lebih nyaring sehingga kita mengendarainya lebih pede (nggak nyambung ya?) 3. Mirip dengan pendapat di atas, kita sesuaikan saja dengan kebutuhan dan pemakaian. | |
|
| |
Hidayat99
Jumlah posting : 2 Localisation : Cikijing simpang tiga Tasik - Cirebon Registration date : 04.12.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Tue 4 Jan 2011 - 20:32 | |
| Mumpung ada jalan.., istilah jetting!? Mungkinkah yg dimaksud pilotjet/mainjet tolong diperjelas gak faham nee., | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Wed 5 Jan 2011 - 11:50 | |
| sepertinya hanya saya yang berbeda sendiri :/ saya suka kompresi tinggi bahkan setinggi yang bisa saya capai dengan silinder blok original dan piston ukuran nol saya entah itu menghadapi macetnya jalanan jakarta ataupun tingginya medan pegunungan bahkan extremenya suhu udara di luar sana saya tetap setia memakai kompresi tertinggi yang bisa dicapai mesin standar untuk vespa-vespa saya, adapun untuk penyesuaian di medan yang berbeda menjadi tanggung jawab tangan kanan saya yang kadang di bantu oleh penyesuaian bukaan kopling di tangan kiri, lain daripada itu praktek berbicara lebih baik di banding teori | |
|
| |
fauzi Bikers
Jumlah posting : 114 Age : 34 Registration date : 04.06.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Wed 5 Jan 2011 - 12:07 | |
| manfaat kompresi tinggi apa yaaa???
cara menaikkan kompresi biar tinggi bagaimana?? | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Wed 5 Jan 2011 - 12:42 | |
| - Hidayat99 wrote:
- Mumpung ada jalan.., istilah jetting!? Mungkinkah yg dimaksud pilotjet/mainjet tolong diperjelas gak faham nee.,
Dalam hal karburator, "jetting" adalah tindakan menyeting karburator, sehingga karburator mampu mencapai kinerja maksimal untuk mesin yang bersangkutan, yaitu mampu menghasilkan pengkabutan (perpaduan bensin dan udara) ideal, dan mampu memberikan suplai gas bakar sesuai dengan yang dibutuhkan. Jetting dilakukan dengan cara menyesuaikan, merubah, mengganti spuyer-spuyer yang ada, hingga tercapi kinerja maksimal yang diharapkan. | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Wed 5 Jan 2011 - 13:16 | |
| - fauzi wrote:
- manfaat kompresi tinggi apa yaaa???
Dengan kompresi yang lebih tinggi, tenaga ledakan (hasil pembakaran) yang dihasilkan lebih besar. Sehingga jika disertai dengan setingan-setingan yang tepat, maka tenaga mesin akan meningkat, baik di putaran bawah sampai ke putaran tinggi. Hal di atas juga diiringi oleh : - Mesin menjadi cepat panas . - Getaran mesin bertambah - Engine break menjadi besar dan kasar. - Apabila perhitungan kompresi dan pengapian tidak tepat, sering terjadi detonasi. - Pada saat menembus batasan kompresi tertentu, perlu memakai bahan bakar dengan oktan lebih tinggi. | |
|
| |
toea_gila Vespa Raiders
Jumlah posting : 315 Registration date : 13.07.07
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Wed 5 Jan 2011 - 14:51 | |
| - scooter.freaks wrote:
- tanya tanya lagi ah..
saya skarang sedang coba coba dengan kompresi.. kemaren pinjem head yg sudah dipapas.. hasilnya lari +tenaga di rpm atas dapet + nafas jd panjang.. tapi masalahnya tenaga buat nanjak (torsi) kurang.. 1. apakah tipikal kompresi tinggi seperti itu? 2. jika menggunakan knlpot racing apakah hasilnya lebih baik? (skrang pk knalpot standar) 3. klo mnurut brader enak yg rendah(standar) atau tinggi..? alasan..? betul, meningkatkan kompresi adalah cara umum yang paling banyak digunakan bagi para brothers untuk meningkatkan performa mesin si semok. salah satu cara meningkatkan kompresi adalah memapas head silinder. memang ada cara lain, misalkan memperbesar ruang intake mesin, sehingga campuran udara dan bensin yang masuk lebih banyak. tipikal kompresi tinggi seharusnya (intinya setuju dengan tulisa bro di atas) : 1. tenaga lebih besar, mengapa...? karena volume kubah ruang bakar menjadi mengecil dan membuat tekanan menjadi meningkat, yang dapat menghasilkan ledakan tenaga yang juga lebih kuat. jadi, baik menanjak ataupun menurut nggak masalah. setuju dengan Bro Ebeth, hanya perlu bermain pada posisi gigi aja. 2. rasio kompresi dinaikkan otomatis suhu pada mesin juga akan lebih cepat meningkat dengan drastis / lebih panas, untuk itu, usahakan sirip kipas dan tutup mesin masih ok plus oli mesin agak di banyakin dan kualitas ring piston, piston dan silinder lumayan bagus (nilai pemuaian yang sedikit dalam kondisi panas). 3. (setuju dengan bro laretha) Kompresi mesin yang tinggi butuh bahan bakar dengan beroktan tinggi. Dan biasanya, untuk kendaraan dengan rasio kompresi diatas 9 :1 (jangan tanya gua gimana ngitung kompresinya.. hehehe nilai fisika dan matematika gua jelek) sudah tidak bisa lagi memakai bahan bakar beroktan rendah seperti bensin premium karena jika tetap menggunakannya akan menimbulkan gejala knocking atau ngelitik yang dapat merusak mesin. knalpot : knalpot berfungsi untuk membuang gas. Pada knalpot racing, dimana terdapat chamber, maka sisa pembakaran yang berkecepatan dan bertekanan sangat tinggi pada header pipe nya (leher Knalpot)di buang dan berkumpul di perut knalpot (chamber) sehingga lebih dari sebagian akan balik (efek turbulensi) ke header, sehingga membuat tekanan lebih tinggi lagi dan menciptakan kompresi baru (yg lebih tinggi) sehingga power up hingga 30% ~ 35 % dengan hitungan yang tepat. pada gas buang sebenarnya masih terdapat sisa BBM yg belum terbakar jadi kalau turbulen akan membalikan sisa tersebut ke ruang bakar sehingga pembakaran akan bertambah sekaligus menciptakan tenaga daya dorong yang tinggi jadi kecepatan motor pun bertambah Dengan desain dan hitungan yang baik (heheh... mendingan trial and error, pusing ngitung-ngitung) dan benar dari knalpot yang tentunya harus lebih baik dari standar, tenaga mesin bisa naik antara 10 hingga 20% bahkan 30% hanya dengan memakai knalpot high performance yang dirancang khusus dengan tujuan meningkatkan performa secara optimal. Knalpot dengan suara mirip sepeda motor balap yang dijual di pasaran umum (tanpa hitungan dan makanya murah)untuk berbagai merek tanpa mengerti teknologinya, di jamin tidak akan meningkatkan performa tenaga mesin. Hanya memperbesar desibel polusi suaranya (kebisingan suara), jadi sekali lagi bising bukan berarti motor jadi kenceng (mungkin hanya perasaan saja kenceng) heheh.. terkadang pelajaran fisika diperlukan di motor heheh... sayang sekali... nilai fisika gua dibawah 5, jadi untuk hitung - menghitung kita serahkan ke ahlinya.. hahahha menurut gua pribadi, lebih enak kompresi yang rendah, kenapa...?? 1. gua nggak suka ngebut klo bawa vespa 2. bisa pake bahan bakar bersubdisi (premium) 3. nggak perlu banyak berhenti (karena mesin kagak kepanasan) 4. trek jalan yang gua lalui juga lurus-lurus saja 5. kualitas spare part bisa pake yang KW3 atau KW2 6. nggak boros oli samping | |
|
| |
irfanbudisatrio Pemula
Jumlah posting : 11 Age : 31 Localisation : bekasi Registration date : 26.10.10
| Subyek: Contoh knalpot nya apaan bang? Kaya sito racing gitu? Wed 5 Jan 2011 - 15:47 | |
| - toea_gila wrote:
- scooter.freaks wrote:
- tanya tanya lagi ah..
saya skarang sedang coba coba dengan kompresi.. kemaren pinjem head yg sudah dipapas.. hasilnya lari +tenaga di rpm atas dapet + nafas jd panjang.. tapi masalahnya tenaga buat nanjak (torsi) kurang.. 1. apakah tipikal kompresi tinggi seperti itu? 2. jika menggunakan knlpot racing apakah hasilnya lebih baik? (skrang pk knalpot standar) 3. klo mnurut brader enak yg rendah(standar) atau tinggi..? alasan..? betul, meningkatkan kompresi adalah cara umum yang paling banyak digunakan bagi para brothers untuk meningkatkan performa mesin si semok. salah satu cara meningkatkan kompresi adalah memapas head silinder. memang ada cara lain, misalkan memperbesar ruang intake mesin, sehingga campuran udara dan bensin yang masuk lebih banyak.
tipikal kompresi tinggi seharusnya (intinya setuju dengan tulisa bro di atas) :
1. tenaga lebih besar, mengapa...? karena volume kubah ruang bakar menjadi mengecil dan membuat tekanan menjadi meningkat, yang dapat menghasilkan ledakan tenaga yang juga lebih kuat. jadi, baik menanjak ataupun menurut nggak masalah. setuju dengan Bro Ebeth, hanya perlu bermain pada posisi gigi aja.
2. rasio kompresi dinaikkan otomatis suhu pada mesin juga akan lebih cepat meningkat dengan drastis / lebih panas, untuk itu, usahakan sirip kipas dan tutup mesin masih ok plus oli mesin agak di banyakin dan kualitas ring piston, piston dan silinder lumayan bagus (nilai pemuaian yang sedikit dalam kondisi panas).
3. (setuju dengan bro laretha) Kompresi mesin yang tinggi butuh bahan bakar dengan beroktan tinggi. Dan biasanya, untuk kendaraan dengan rasio kompresi diatas 9 :1 (jangan tanya gua gimana ngitung kompresinya.. hehehe nilai fisika dan matematika gua jelek) sudah tidak bisa lagi memakai bahan bakar beroktan rendah seperti bensin premium karena jika tetap menggunakannya akan menimbulkan gejala knocking atau ngelitik yang dapat merusak mesin.
knalpot :
knalpot berfungsi untuk membuang gas. Pada knalpot racing, dimana terdapat chamber, maka sisa pembakaran yang berkecepatan dan bertekanan sangat tinggi pada header pipe nya (leher Knalpot)di buang dan berkumpul di perut knalpot (chamber) sehingga lebih dari sebagian akan balik (efek turbulensi) ke header, sehingga membuat tekanan lebih tinggi lagi dan menciptakan kompresi baru (yg lebih tinggi) sehingga power up hingga 30% ~ 35 % dengan hitungan yang tepat.
pada gas buang sebenarnya masih terdapat sisa BBM yg belum terbakar jadi kalau turbulen akan membalikan sisa tersebut ke ruang bakar sehingga pembakaran akan bertambah sekaligus menciptakan tenaga daya dorong yang tinggi jadi kecepatan motor pun bertambah
Dengan desain dan hitungan yang baik (heheh... mendingan trial and error, pusing ngitung-ngitung) dan benar dari knalpot yang tentunya harus lebih baik dari standar, tenaga mesin bisa naik antara 10 hingga 20% bahkan 30% hanya dengan memakai knalpot high performance yang dirancang khusus dengan tujuan meningkatkan performa secara optimal.
Knalpot dengan suara mirip sepeda motor balap yang dijual di pasaran umum (tanpa hitungan dan makanya murah)untuk berbagai merek tanpa mengerti teknologinya, di jamin tidak akan meningkatkan performa tenaga mesin. Hanya memperbesar desibel polusi suaranya (kebisingan suara), jadi sekali lagi bising bukan berarti motor jadi kenceng (mungkin hanya perasaan saja kenceng)
heheh.. terkadang pelajaran fisika diperlukan di motor heheh... sayang sekali... nilai fisika gua dibawah 5, jadi untuk hitung - menghitung kita serahkan ke ahlinya.. hahahha
menurut gua pribadi, lebih enak kompresi yang rendah, kenapa...?? 1. gua nggak suka ngebut klo bawa vespa 2. bisa pake bahan bakar bersubdisi (premium) 3. nggak perlu banyak berhenti (karena mesin kagak kepanasan) 4. trek jalan yang gua lalui juga lurus-lurus saja 5. kualitas spare part bisa pake yang KW3 atau KW2 6. nggak boros oli samping
| |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Wed 5 Jan 2011 - 16:03 | |
| sebenarnya apa yang dikatakan Bang Ari dan Bung Dwika sudah tepat tapi sayangnya hanya berlaku pada baby blue saja (knocking) pada vespa-vespa saya yang lain dengan kompresi diatas 10:1 saya tetap masih bisa memakai premium (walau oli samping memang saya boros) tetapi mesin saya tidak bergetar serta keiritan saya terjamin (harap diingat saya maniak spuyer 90) untuk semua vespa saya memang tampilan menjadi hal yang tidak saya prioritaskan dan menfokuskan semua asa kepada mesin, oleh karena itu saya tidak menemui masalah dengan vespa yang di cat 70 ribu tetapi lain cerita untuk mesin, semua harus aslinya dan tidak ada pergantian parts dengan kw2 maupun kw1 inilah rahasia mengapa saya tidak menemui masalah dengan kompresi tinggi mengapa menurut saya kompresi tinggi itu menyenangkan, karena dengan sedikit putaran gas vespa saya sudah bisa berlari dengan bertenaga dan saya bisa sesuka hati saya start di gigi berapapun dari posisi diam, ini memiliki keuntungan tersendiri untuk saya dimana saya bisa meminimalkan human error di setiap perpindahan gigi terutama dari gear 1 menuju 2 dan memperpanjang usia gigi silang saya karena pada prakteknya saya lebih banyak menggunakan gigi 3 dan 4 walaupun kondisi jalanan macet dan padat merayap dan saya tidak perlu takut kalah lari dengan vespa-vespa yang bersuara lebih gagah dari knalpot danmotor saya sprint veloce 74 saya dengan kompresi diatas rata-rata tapi mesin standar pabrikan sprint veloce 1974 | |
|
| |
toea_gila Vespa Raiders
Jumlah posting : 315 Registration date : 13.07.07
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Wed 5 Jan 2011 - 16:12 | |
| | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Wed 5 Jan 2011 - 17:14 | |
| @ bro Ebeth, bro Ari, & rekan scooterist yang sudah mempraktekkannya :
Vespa dengan kompresi dibuat tinggi, maka timing pengapian seharusnya juga diset ulang. Nah, jika vespa tsb pengapiannya memakai CDI ori, adakah cara untuk menyiasatinya ? Atau dibiarkan seperti bawaanya saja ? | |
|
| |
scooter.freaks Bikers
Jumlah posting : 111 Localisation : Republik Ngayogyakarta-hadiningrat Registration date : 07.03.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Wed 5 Jan 2011 - 20:51 | |
| untuk menanjak memang harus bermain dengan tangan kanan.. tp saya merasakan bahwa tenaga angkat (torsi) untuk stop & go di tanjakan agak kurang, sehingga vespa saya harus meraung cukup tinggi(kampas kopling tdk ada masalah).
enaknya kompresi tinggi ketika kita membelah jalanan padat tanpa perlu sering oper gigi..
memang suhu mesin menjadi lebih panas dan suara knalpot lebih keras.. tapi getaran mesin malah lebih halus dari biasanya.
untuk bahan bakar dan oli samping saya tidak terlalu khawatir. karena hanya menaikan kompresi sedikit saja.. saya mengunakan bensin premium dan oli samping mesrania yg di campur dengan oli mesin stp 10w(sisa servis mobil) 50:50 dan hasilnya sangat memuaskan.. digeber +10 km dengan gas hampir dipelintir habis sanggup mengejar y*m*h* v*x**n pada jalan antar kota tanpa gejala ngejam sperti yg sering sy alami sebelumnya.. | |
|
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Thu 6 Jan 2011 - 11:08 | |
| untuk jalan menanjak diperlukan momentum (saya mengambil contoh jalan menanjak menuju puncak tepat sebelum hotel rindu alam) baik itu vespa dengan kompresi rendah atau tinggi sekalipun dan disinilah kemampuan tangan kanan dan kiri bekerja sama bedanya kompresi rendah bisa berlari dari dari awal tanjakan hingga puncak dengan gigi rendah dan saya menanjak dari bawah dengan gigi tertinggi dan sampai di puncak dengan gigi 2 (pada dasarnya tergantung derajat ketinggian jalan yang menanjak) untuk mesin cdi standarnya sudah bagus tapi memang lebih bagus setelannya dirubah tapi saya tidak akan membahas itu disini kecuali anda siapkan 2 buah electronik cadangan | |
|
| |
fauzi Bikers
Jumlah posting : 114 Age : 34 Registration date : 04.06.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Fri 7 Jan 2011 - 16:42 | |
| - Laretha wrote:
- fauzi wrote:
- manfaat kompresi tinggi apa yaaa???
Dengan kompresi yang lebih tinggi, tenaga ledakan (hasil pembakaran) yang dihasilkan lebih besar. Sehingga jika disertai dengan setingan-setingan yang tepat, maka tenaga mesin akan meningkat, baik di putaran bawah sampai ke putaran tinggi.
Hal di atas juga diiringi oleh : - Mesin menjadi cepat panas . - Getaran mesin bertambah - Engine break menjadi besar dan kasar. - Apabila perhitungan kompresi dan pengapian tidak tepat, sering terjadi detonasi. - Pada saat menembus batasan kompresi tertentu, perlu memakai bahan bakar dengan oktan lebih tinggi.
kalo utk vespa pemakaian setiap hari bagusan kompresi tinggi atau stelan standart aja broo?? | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Fri 7 Jan 2011 - 17:04 | |
| - fauzi wrote:
kalo utk vespa pemakaian setiap hari bagusan kompresi tinggi atau stelan standart aja broo?? Wah, yang gini nich susah jawabnya Mungkin sekedar buat pertimbangan praktis adalah sbb. Jika orangnya senang ngoprek, sedikit banyak mengenal dasar-dasar permesinan, dan rajin me- maintenance vespanya, maka kompresi tinggi akan memberikan nilai tambah yang bisa dimanfaatkan dan dinikmati. Tapi kalo orangnya nggak seneng ngoprek, suka naik vespa tetapi kurang menikmati permesinannya, dan yang bersangkutan boro-boro me- maintenance, nyuci vespanya aja males, imho kompresi standar lebih cocok bagi karakter seperti itu, karena dengan yang standar dia akan lebih bisa memanfaatkan dan menikmatinya. | |
|
| |
gompal Bikers
Jumlah posting : 51 Localisation : Cilendek, BOGOR Registration date : 11.12.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Fri 7 Jan 2011 - 17:12 | |
| berarti Teknik bawa nya pun bisa sangat berpengaruh dong ya..? | |
|
| |
toea_gila Vespa Raiders
Jumlah posting : 315 Registration date : 13.07.07
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Fri 7 Jan 2011 - 18:45 | |
| - fauzi wrote:
- Laretha wrote:
- fauzi wrote:
- manfaat kompresi tinggi apa yaaa???
Dengan kompresi yang lebih tinggi, tenaga ledakan (hasil pembakaran) yang dihasilkan lebih besar. Sehingga jika disertai dengan setingan-setingan yang tepat, maka tenaga mesin akan meningkat, baik di putaran bawah sampai ke putaran tinggi.
Hal di atas juga diiringi oleh : - Mesin menjadi cepat panas . - Getaran mesin bertambah - Engine break menjadi besar dan kasar. - Apabila perhitungan kompresi dan pengapian tidak tepat, sering terjadi detonasi. - Pada saat menembus batasan kompresi tertentu, perlu memakai bahan bakar dengan oktan lebih tinggi.
kalo utk vespa pemakaian setiap hari bagusan kompresi tinggi atau stelan standart aja broo?? walaubagaimana pun juga... mas enrico udah memperhitungkan mana yang lebih baik untuk kita... hehehe.. back to nature.. kalau gua pribadi pake yang standar. men-tuning mesin diatas standar ada beberapa konsekwensinya... misalnya... ada beberapa spare parts yang umurnya menjadi lebih pendek... apalagi sekarang... kualitas spare partnya jarang yang KW1... hihihih... | |
|
| |
scooter.freaks Bikers
Jumlah posting : 111 Localisation : Republik Ngayogyakarta-hadiningrat Registration date : 07.03.10
| |
| |
koenig blues Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1079 Localisation : somewhere peaceful Registration date : 22.01.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Sat 8 Jan 2011 - 11:38 | |
| selama parts mesin masin asli memang lebih baik main standar Bung Yoel dan percayalah peningkatan tenaga dengan mengoptimalkan potensi mesin standar (tanpa pergantian parts racing) lebih menyenangkan karena kekuatan material bahan berbeda dengan parts aftermarket alasan mengapa banyak mekanik vespa mancanegara yang mengganti parts mereka dengan produk aftermarket adalah karena sulitnya untuk mereka menemukan parts asli bawaan pabrik di negara mereka dan blok seperti pinasco walaupun membuat laju menjadi kencang hanya bisa bertahan 10.000km dan setelah itu harus di ganti lagi bandingkan dengan blok pabrikan saya yang sudah melewati angka 100.000km tanpa perlu penggantian piston atapun ring walau dengan kompresi tinggi intinya adalah kreatifitas mengoptimalkan apa yang kita punya, sebagai contoh saya sebutkan satu kegagalan pabrikan perakitan vespa, pada desain awal filter karbu vespa karya enrico piaggio ada hal yang mendorong pasokan bensin mengalir lancar dan menjadikan larinya lebih responsif tapi seiring waktu hal tersebut dilupakan dan produk yang keluar setelahnya tidak menambahkan hal tersebut pada desain mereka maka saya mengembalikan performanya kembali dengan memodifikasi filter udara saya hasilnya spuyer 90 saya bisa serasa spuyer 105 tanpa perlu merubah setelan karburator saya selamat berkarya rekan-rekan | |
|
| |
ad6636bb Vespa Team Deluxe
Jumlah posting : 1402 Age : 49 Localisation : rest area Registration date : 10.06.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Sat 8 Jan 2011 - 13:12 | |
| - scooter.freaks wrote:
- untuk menanjak memang harus bermain dengan tangan kanan.. tp saya merasakan bahwa tenaga angkat (torsi) untuk stop & go di tanjakan agak kurang, sehingga vespa saya harus meraung cukup tinggi(kampas kopling tdk ada masalah).
enaknya kompresi tinggi ketika kita membelah jalanan padat tanpa perlu sering oper gigi..
memang suhu mesin menjadi lebih panas dan suara knalpot lebih keras.. tapi getaran mesin malah lebih halus dari biasanya.
untuk bahan bakar dan oli samping saya tidak terlalu khawatir. karena hanya menaikan kompresi sedikit saja.. saya mengunakan bensin premium dan oli samping mesrania yg di campur dengan oli mesin stp 10w(sisa servis mobil) 50:50 dan hasilnya sangat memuaskan.. digeber +10 km dengan gas hampir dipelintir habis sanggup mengejar y*m*h* v*x**n pada jalan antar kota tanpa gejala ngejam sperti yg sering sy alami sebelumnya.. wahlah cmn mau ngbut aja repot lupas mesin vespa PS mu ganti sama mesin DAF,apa SCANIA dijamin puas anak muda gak sayang sama barang antik | |
|
| |
Laretha Vespa Raiders
Jumlah posting : 494 Registration date : 12.10.09
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Sat 8 Jan 2011 - 13:51 | |
| - koenig blues wrote:
pada desain awal filter karbu vespa karya enrico piaggio ada hal yang mendorong pasokan bensin mengalir lancar dan menjadikan larinya lebih responsif tapi seiring waktu hal tersebut dilupakan dan produk yang keluar setelahnya tidak menambahkan hal tersebut pada desain mereka maka saya mengembalikan performanya kembali dengan memodifikasi filter udara saya hasilnya spuyer 90 saya bisa serasa spuyer 105 tanpa perlu merubah setelan karburator saya
selamat berkarya rekan-rekan Berarti betul perasaan saya selama ini. Setelah bongkar-bongkar sekian banyak artikel mengenai karburator, saya merasa ada sesuatu dengan filter udara Hanya sayangnya, selain baru sedikit data yang saya peroleh berkenaan dengan "filter udara" tsb, saya juga tidak memiliki/mengetahui prototype disain awalnya. Sehingga sampai hari ini hal tsb masih menjadi PR buat saya. | |
|
| |
marcel Bikers
Jumlah posting : 90 Registration date : 10.12.10
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi Sun 9 Jan 2011 - 15:06 | |
| | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi | |
| |
|
| |
| kompresi rendah vs kompresi tinggi | |
|