Forum Ikatan Vespa Indonesia
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum Ikatan Vespa Indonesia

Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksIndeks  GalleryGallery  Latest imagesLatest images  PendaftaranPendaftaran  Login  

 

 kompresi rendah vs kompresi tinggi

Go down 
+21
obeth
h3liax
magi
tony prasetyo
VESPA-CREATOR
londotrb
ronniehusain
fahmi p150 sera
paradise2307
marcel
ad6636bb
gompal
irfanbudisatrio
toea_gila
fauzi
koenig blues
Hidayat99
Laretha
thetopan
ashari_Scott.
scooter.freaks
25 posters
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
PengirimMessage
londotrb
Pemula
londotrb


Jumlah posting : 44
Registration date : 30.01.11

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyWed 2 Feb 2011 - 21:12

dihalaman sebelumnya ada yang mengatakan perbadingan kopresinya 10 atau 11.
Berarti cara mengukur mereka salah ya? setau saya perbandingan kompresi untuk 2 tak itu di kisaran 7;1
benar gak ya.....?
Kembali Ke Atas Go down
londotrb
Pemula
londotrb


Jumlah posting : 44
Registration date : 30.01.11

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyWed 2 Feb 2011 - 21:15

VESPA-CREATOR wrote:
scooter.freaks wrote:
tanya tanya lagi ah..

saya skarang sedang coba coba dengan kompresi.. kemaren pinjem head yg sudah dipapas.. hasilnya lari +tenaga di rpm atas dapet + nafas jd panjang.. tapi masalahnya tenaga buat nanjak (torsi) kurang..
1. apakah tipikal kompresi tinggi seperti itu?
2. jika menggunakan knlpot racing apakah hasilnya lebih baik? (skrang pk knalpot standar)
3. klo mnurut brader enak yg rendah(standar) atau tinggi..? alasan..?

Arti kompresi secara harfiah adalah, PEMADATAN , jadi tekanan kompresi bisa diartikan 'menekan campuran udara dengan BBM pada ruang bakar agar padat tertekan'.

Pada saat campuran udara dengan BBM itu menjadi HAMPIR padat pada titik optimalnya (tekanan kompresi tertinggi) maka busi akan meletikkan bunga api (sekian derajat sebelum TMA/Titik Mati Atas).

Kenapa harus sebelum TMA, ini untuk mendapatkan efek MELENTING seperti anak panah lepas dari busurnya (rahasia Camshaft + Valve + Spring ada disini) sehingga piston makin terdorong dengan tenaga lebih besar.

Jadi semakin tinggi nilai / perbandingan kompresi, maka makin besar / dasyat ledakan pada ruang bakar dan ini mengakibatkan tenaga dorong dari piston yg semakin besar, ingat semakin tinggi nilai kompresi maka semakin besar nilai oktan yg dibutuhkan dari jenis BBM untuk ini.

Getaran mesin dan suaranya pun ikut besar !

Jadi bila mesin MX kita mengalami kebocoran / kehilangan kompresi maka yg terjadi adalah hilangnya tenaga atau bahkan tidak bisa hidup.

Semua teori dasar ada pada diri manusia dan alam, coba bayangkan bila manusia tidak bisa menekan, pasti tidak akan ada kehidupan lanjutan....ya toh ?

Tekanan kompresi pada mesin akan berkurang atau bahkan hilang bila ada kebocoran pada ruang bakar (ruang kompresi), dan ini bisa disebabkan oleh :

1. Ring piston patah.
2. Kesalahan pemasangan ring piston.
3. Piston cacat (retak dsb).
4. Dinding Silinder cacat/baret.
5. Mesin pernah mengalami extreem overheating.
6. Packing/gasket antara silinder head dengan silinder blok sudah cacat, patah dsb.
7. Seating Valve cacat/kotor karena kerak dsb.
8. Valve/klep cacat/retak dsb.
9. Setting camshaft yg kurang tepat.
10. Air filter pada karbu sudah terlalu kotor.
11. Busi cacat/retak atau threadnya yg cacat (selek istilah bengkelnya).
12. Timming gear/chain yg sudah cacat/kendor/aus dsb.
13. Silinder head atau bahkan silinder blok, retak (kemungkinan terjauh).


Dari beberapa kemungkinan di atas, bisa juga terjadi karena :

1. Penggunaan BBM yg tidak bersih atau kurang tepat.
2. Kurangnya perawatan pada karbu.
3. Kesalahan saat overhaul mesin atau saat ngopreknya.
4. Sistem pendingin pernah tidak bekerja dengan semestinya (fail).
5. Kesalahan pada saat setting sistem mekanis mesin.
6. Kebocoran sistem pelumasan sehingga pelumas pernah masuk ke ruang bakar.


Memang cukup rumit bila dianalisa secara umum (sekilas), namun ini semua ada keterkaitannya dengan pengetahuan dasar four stroke internal combustion engine.

Untuk ngukur kompresi motor kita bisa pake alat yang namanya compression gauge, caranya ujung pengukur alat ini dipasang di lubang busi trus motor di stater beberapa detik dengan electric stater trus tinggal liat deh jarumnya di gaugenya sampe menunjukan angka yang stabil, sesuaikan sama kompresi motor waktu di cek yang ada di buku manual, tekanannya min 490kpa standar 560kpa maksimal 630 kpa di 500rpm

CARA MENAIKKAN KOMPRESI :
1. Mengganti piston dengan model racing.
2. Mendekatkan deck clearance.
3. Membubut Head.
4. Mengelas Head.
5. Membubut Blok dan Piston.

CARA MENURUNKAN KOMPRESI :
1. Merimer dome pada head.
2. Memperdalam coakan klep pada piston.
3. Membubut piston.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI :
1. Power mesin meningkat.
2. Final gear menjadi berat.
3. Power mesin terasa dari putaran bawah sampai atas.

KERUGIAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI :
1. Mesin menjadi cepat panas .
2. Engine break menjadi besar dan kasar.
3. Apabila perhitungan kompresi tidak tepat, sering terjadi detonasi.

Untuk mengetahui / menghitung perbandingan kompresi (CR) dari satu mesin, kita perlu mengetahui dulu volume silinder yang akan dikerjakan.
Penjelasan yang istimewa bro......
salut..... cuma sayang masih dicampur aduk antara 2 tak dan 4 tak....kan bikin bingung pemula seperti saya.
Kembali Ke Atas Go down
scooter.freaks
Bikers
scooter.freaks


Jumlah posting : 111
Localisation : Republik Ngayogyakarta-hadiningrat
Registration date : 07.03.10

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyWed 2 Feb 2011 - 22:01

londotrb wrote:
VESPA-CREATOR wrote:
scooter.freaks wrote:
tanya tanya lagi ah..

saya skarang sedang coba coba dengan kompresi.. kemaren pinjem head yg sudah dipapas.. hasilnya lari +tenaga di rpm atas dapet + nafas jd panjang.. tapi masalahnya tenaga buat nanjak (torsi) kurang..
1. apakah tipikal kompresi tinggi seperti itu?
2. jika menggunakan knlpot racing apakah hasilnya lebih baik? (skrang pk knalpot standar)
3. klo mnurut brader enak yg rendah(standar) atau tinggi..? alasan..?

Arti kompresi secara harfiah adalah, PEMADATAN , jadi tekanan kompresi bisa diartikan 'menekan campuran udara dengan BBM pada ruang bakar agar padat tertekan'.

Pada saat campuran udara dengan BBM itu menjadi HAMPIR padat pada titik optimalnya (tekanan kompresi tertinggi) maka busi akan meletikkan bunga api (sekian derajat sebelum TMA/Titik Mati Atas).

Kenapa harus sebelum TMA, ini untuk mendapatkan efek MELENTING seperti anak panah lepas dari busurnya (rahasia Camshaft + Valve + Spring ada disini) sehingga piston makin terdorong dengan tenaga lebih besar.

Jadi semakin tinggi nilai / perbandingan kompresi, maka makin besar / dasyat ledakan pada ruang bakar dan ini mengakibatkan tenaga dorong dari piston yg semakin besar, ingat semakin tinggi nilai kompresi maka semakin besar nilai oktan yg dibutuhkan dari jenis BBM untuk ini.

Getaran mesin dan suaranya pun ikut besar !

Jadi bila mesin MX kita mengalami kebocoran / kehilangan kompresi maka yg terjadi adalah hilangnya tenaga atau bahkan tidak bisa hidup.

Semua teori dasar ada pada diri manusia dan alam, coba bayangkan bila manusia tidak bisa menekan, pasti tidak akan ada kehidupan lanjutan....ya toh ?

Tekanan kompresi pada mesin akan berkurang atau bahkan hilang bila ada kebocoran pada ruang bakar (ruang kompresi), dan ini bisa disebabkan oleh :

1. Ring piston patah.
2. Kesalahan pemasangan ring piston.
3. Piston cacat (retak dsb).
4. Dinding Silinder cacat/baret.
5. Mesin pernah mengalami extreem overheating.
6. Packing/gasket antara silinder head dengan silinder blok sudah cacat, patah dsb.
7. Seating Valve cacat/kotor karena kerak dsb.
8. Valve/klep cacat/retak dsb.
9. Setting camshaft yg kurang tepat.
10. Air filter pada karbu sudah terlalu kotor.
11. Busi cacat/retak atau threadnya yg cacat (selek istilah bengkelnya).
12. Timming gear/chain yg sudah cacat/kendor/aus dsb.
13. Silinder head atau bahkan silinder blok, retak (kemungkinan terjauh).


Dari beberapa kemungkinan di atas, bisa juga terjadi karena :

1. Penggunaan BBM yg tidak bersih atau kurang tepat.
2. Kurangnya perawatan pada karbu.
3. Kesalahan saat overhaul mesin atau saat ngopreknya.
4. Sistem pendingin pernah tidak bekerja dengan semestinya (fail).
5. Kesalahan pada saat setting sistem mekanis mesin.
6. Kebocoran sistem pelumasan sehingga pelumas pernah masuk ke ruang bakar.


Memang cukup rumit bila dianalisa secara umum (sekilas), namun ini semua ada keterkaitannya dengan pengetahuan dasar four stroke internal combustion engine.

Untuk ngukur kompresi motor kita bisa pake alat yang namanya compression gauge, caranya ujung pengukur alat ini dipasang di lubang busi trus motor di stater beberapa detik dengan electric stater trus tinggal liat deh jarumnya di gaugenya sampe menunjukan angka yang stabil, sesuaikan sama kompresi motor waktu di cek yang ada di buku manual, tekanannya min 490kpa standar 560kpa maksimal 630 kpa di 500rpm

CARA MENAIKKAN KOMPRESI :
1. Mengganti piston dengan model racing.
2. Mendekatkan deck clearance.
3. Membubut Head.
4. Mengelas Head.
5. Membubut Blok dan Piston.

CARA MENURUNKAN KOMPRESI :
1. Merimer dome pada head.
2. Memperdalam coakan klep pada piston.
3. Membubut piston.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI :
1. Power mesin meningkat.
2. Final gear menjadi berat.
3. Power mesin terasa dari putaran bawah sampai atas.

KERUGIAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI :
1. Mesin menjadi cepat panas .
2. Engine break menjadi besar dan kasar.
3. Apabila perhitungan kompresi tidak tepat, sering terjadi detonasi.

Untuk mengetahui / menghitung perbandingan kompresi (CR) dari satu mesin, kita perlu mengetahui dulu volume silinder yang akan dikerjakan.
Penjelasan yang istimewa bro......
salut..... cuma sayang masih dicampur aduk antara 2 tak dan 4 tak....kan bikin bingung pemula seperti saya.

bner bro... saya jg bingung.. secara camshaft dan teman"nya tidak hadir di vespa...

Kembali Ke Atas Go down
magi
Vespa Raiders
magi


Jumlah posting : 341
Localisation : bandung - Yogyakarta,indonesia NRF-IVI 177
Registration date : 02.07.10

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyWed 2 Feb 2011 - 22:20

waooow affraid
serius banget nih yg lagi ngobrolin kompresi

jangan sampe depresi yaak pirat
Kembali Ke Atas Go down
http://maginugroho@ymail.com
Laretha
Vespa Raiders



Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyWed 2 Feb 2011 - 22:28

londotrb wrote:

Penjelasan yang istimewa bro......
salut..... cuma sayang masih dicampur aduk antara 2 tak dan 4 tak....kan bikin bingung pemula seperti saya.

Lha mau gimana, situ yang nyampur aduk, kemudian situ juga yang dibikin binun.
Dari depan kan tadinya ndak nyampur seperti itu study study
Kembali Ke Atas Go down
londotrb
Pemula
londotrb


Jumlah posting : 44
Registration date : 30.01.11

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyWed 2 Feb 2011 - 22:34

Laretha wrote:
londotrb wrote:

Penjelasan yang istimewa bro......
salut..... cuma sayang masih dicampur aduk antara 2 tak dan 4 tak....kan bikin bingung pemula seperti saya.

Lha mau gimana, situ yang nyampur aduk, kemudian situ juga yang dibikin binun.
Dari depan kan tadinya ndak nyampur seperti itu study study
Bro bisa kasih tau ada kalimat dari saya yang bikin campur aduk?
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders



Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyWed 2 Feb 2011 - 22:46

londotrb wrote:
Laretha wrote:
londotrb wrote:

Penjelasan yang istimewa bro......
salut..... cuma sayang masih dicampur aduk antara 2 tak dan 4 tak....kan bikin bingung pemula seperti saya.

Lha mau gimana, situ yang nyampur aduk, kemudian situ juga yang dibikin binun.
Dari depan kan tadinya ndak nyampur seperti itu study study
Bro bisa kasih tau ada kalimat dari saya yang bikin campur aduk?


Hehehe, kalimatku bersayap ya, sehingga bisa berarti beda,
sori deh kalo jadi salah arah dan jadi ndak nyambung.

Bukan kalimat bro Londotrb, tapi penjelasan2nya yang ternyata memang telah bercampur aduk.
Penjelasan yang tercampur (dari berbagai sumber) yang tidak secara spesifik berbicara mengenai vespa tersebut
memang cukup canggih, bahkan mungkin lebih canggih dari simpelnya sebuah vespa.

So, mungkin bisa kembali baca yang di halaman2 awal, di sana khusus disampaikan mengenai vespa,
dan setelah itu, yang dari berbagai sumber tadi dipilih-pilih saja yang kira-kira sreg dengan keberadaan vespa.
Dengan demikian tidak akan tercampur aduk lagi, dan tidak akan terlalu membingungkan.
Kembali Ke Atas Go down
londotrb
Pemula
londotrb


Jumlah posting : 44
Registration date : 30.01.11

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyWed 2 Feb 2011 - 23:02

Laretha wrote:
londotrb wrote:
Laretha wrote:
londotrb wrote:

Penjelasan yang istimewa bro......
salut..... cuma sayang masih dicampur aduk antara 2 tak dan 4 tak....kan bikin bingung pemula seperti saya.

Lha mau gimana, situ yang nyampur aduk, kemudian situ juga yang dibikin binun.
Dari depan kan tadinya ndak nyampur seperti itu study study
Bro bisa kasih tau ada kalimat dari saya yang bikin campur aduk?


Hehehe, kalimatku bersayap ya, sehingga bisa berarti beda,
sori deh kalo jadi salah arah dan jadi ndak nyambung.

Bukan kalimat bro Londotrb, tapi penjelasan2nya yang ternyata memang telah bercampur aduk.
Penjelasan yang tercampur (dari berbagai sumber) yang tidak secara spesifik berbicara mengenai vespa tersebut
memang cukup canggih, bahkan mungkin lebih canggih dari simpelnya sebuah vespa.

So, mungkin bisa kembali baca yang di halaman2 awal, di sana khusus disampaikan mengenai vespa,
dan setelah itu, yang dari berbagai sumber tadi dipilih-pilih saja yang kira-kira sreg dengan keberadaan vespa.
Dengan demikian tidak akan tercampur aduk lagi, dan tidak akan terlalu membingungkan.
Setuju bro.... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders



Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyWed 2 Feb 2011 - 23:31

Laretha wrote:

So, mungkin bisa kembali baca yang di halaman2 awal, di sana khusus disampaikan mengenai vespa,
dan setelah itu, yang dari berbagai sumber tadi dipilih-pilih saja yang kira-kira sreg dengan keberadaan vespa.
Dengan demikian tidak akan tercampur aduk lagi, dan tidak akan terlalu membingungkan.


Nyambung lagi sedikit, ikut menghangatkan suasana thread ini.

Sempat saya sampaikan bahwa saya lebih menyukai kompresi yang standar saja.
Alasannya, karena saya termasuk tipe orang yang agak malas mencuci vespa,
dan juga agak malas merawat mesinnya secara rutin dan detail.
Selain alasan itu, juga disebabkan oleh pemahaman saya bahwa di mesin vespa
kondisi kompresi primer tidak kalah pentingnya jika dibandingkan dengan kompresi sekunder.

Kompresi primer adalah kompresi yang terjadi di bawah piston,
dan kompresi sekunder adalah kompresi yang terjadi di atas piston.
Jadi, apa yang sudah kita bicarakan bersama dari depan adalah
"kompresi rendah vs kompresi tinggi" yang ada di kompresi sekunder.

Rahasia tenaga mesin 2 tak, termasuk vespa, adalah bukan hanya kompresi sekunder,
melainkan juga pengaturan kompresi primernya, dan knalpot yang dipergunakan.
Karena itu, imho, sebelum kita mempertinggi kompresi sekundernya,
ada baiknya membereskan terlebih dulu kompresi primer dan pembuangannya.
Demikian juga bagi yang telah mempertinggi kompresi sekundernya,
supaya hasilnya lebih maksimal,
ada baiknya memberikan perhatian ekstra bagi kompresi primer dan pembuangannya.






Kembali Ke Atas Go down
londotrb
Pemula
londotrb


Jumlah posting : 44
Registration date : 30.01.11

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyThu 3 Feb 2011 - 8:07

Betul mas Bro....
makanya diawal aku nannya yang lebih spesifik tentang kompresi itu sendiri.
Pembicaraan teman2 di sini sudah jauh banget.tapi hal yang mendasar tetntang kompresi ini belum tentu semua paham.yang paham pun belum tentu benar.

Ironis memang...di satu sisi pembahannya udah jauh, sampe ke karakter mesin ,ddan angka kompresi yang sampe 9,10,11 (angka segini buat 2 tak gak mungkin deh.terkecuali cara ngitungnya seperti 4 tak)
Disisi lain mereka gak tau dasarnya.ibarat kalau sekolah langsung ke SMA.padahal pelajaran SD belum dijalani.

salah satunya ya tentang kompresi ini.sedangkan kan kompresi sendiri ada 2 macem seperti yang bro Lareta yaitu kompresi primer(karter/bagian krug as) dan kompresi sekunder (Ruang bakar).
Lain lagi pengertian dari perbandingan komprersi.
Masing2 punya pengertian sendiri2 dan berbeda cara ngitungnya;
-Kompresi (primer dan sekunder.kalau di 4 takl gak ada komp primernya)
-Perbandingan kompresi (RC)

Bener gak ya yang saya tulis itu....kalau salah dikoreksi ya bro...... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
scooter.freaks
Bikers
scooter.freaks


Jumlah posting : 111
Localisation : Republik Ngayogyakarta-hadiningrat
Registration date : 07.03.10

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyThu 3 Feb 2011 - 18:04

Laretha wrote:
Laretha wrote:

So, mungkin bisa kembali baca yang di halaman2 awal, di sana khusus disampaikan mengenai vespa,
dan setelah itu, yang dari berbagai sumber tadi dipilih-pilih saja yang kira-kira sreg dengan keberadaan vespa.
Dengan demikian tidak akan tercampur aduk lagi, dan tidak akan terlalu membingungkan.


Nyambung lagi sedikit, ikut menghangatkan suasana thread ini.

Sempat saya sampaikan bahwa saya lebih menyukai kompresi yang standar saja.
Alasannya, karena saya termasuk tipe orang yang agak malas mencuci vespa,
dan juga agak malas merawat mesinnya secara rutin dan detail.
Selain alasan itu, juga disebabkan oleh pemahaman saya bahwa di mesin vespa
kondisi kompresi primer tidak kalah pentingnya jika dibandingkan dengan kompresi sekunder.

Kompresi primer adalah kompresi yang terjadi di bawah piston,
dan kompresi sekunder adalah kompresi yang terjadi di atas piston.
Jadi, apa yang sudah kita bicarakan bersama dari depan adalah
"kompresi rendah vs kompresi tinggi" yang ada di kompresi sekunder.

Rahasia tenaga mesin 2 tak, termasuk vespa, adalah bukan hanya kompresi sekunder,
melainkan juga pengaturan kompresi primernya, dan knalpot yang dipergunakan.
Karena itu, imho, sebelum kita mempertinggi kompresi sekundernya,
ada baiknya membereskan terlebih dulu kompresi primer dan pembuangannya.
Demikian juga bagi yang telah mempertinggi kompresi sekundernya,
supaya hasilnya lebih maksimal,
ada baiknya memberikan perhatian ekstra bagi kompresi primer dan pembuangannya.



betul bro laretha...
dari awal yg saya maksud adalah kompresi sekunder,, karena saya mencontohkannya dengan pengantian kop silinder yg dipapas.

mungkin jika yg dibahas kompresi primer maka akan berhubungan dengan sedot-semprot bensin ke ruang bakar. mungkin sampai aplikasi membran untuk menjaga kompresi primer...
bner ga ya..?? klo salah maklum.. pemula...
Kembali Ke Atas Go down
h3liax
Bikers
h3liax


Jumlah posting : 106
Age : 47
Localisation : Kembangan,Jakarta Barat
Registration date : 03.12.10

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyThu 3 Feb 2011 - 18:30

mapp neh numpank nimbrunk ...mungkin rada2 OOT kale yach ?!
saya cuman mo nanya neh kisaran budget buat ganti piston serta rumahnya berapaan yach ?! ...karena sepengetahuan sy sy punya bohay pistonna ada tulisan 4M ?! ..(ini menandakan apa yach ?)...mohon pencerahannya
maap loh...sekali lagi...maapkan lah ... jika aku....bertanya .... confused confused
terimakasih

bounce up...up bounce

[i]p.s :

untuk admin bila pertanyaan sy ini mang OOT silahkan di delete ...

trims

Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders



Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyFri 4 Feb 2011 - 10:44

h3liax wrote:

saya cuman mo sy punya bohay pistonna ada tulisan 4M ?! ..(ini menandakan apa yach ?).

4M itu ukuran dari oversize yang telah dilakukan.

Catatan : mungkin memang lebih enak bikin thread baru aja,
jadi yang mo jawab dan sharing juga lebih leluasa.


Terakhir diubah oleh Laretha tanggal Fri 4 Feb 2011 - 11:03, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders



Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyFri 4 Feb 2011 - 10:55

londotrb wrote:

Ironis memang...di satu sisi pembahannya udah jauh, sampe ke karakter mesin ,ddan angka kompresi yang sampe 9,10,11 (angka segini buat 2 tak gak mungkin deh.terkecuali cara ngitungnya seperti 4 tak)


Konon standar kompresi vespa memang lumayan tinggi; PX di kisaran 9,2 : 1

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Kompresivespa
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders



Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyFri 4 Feb 2011 - 11:02

scooter.freaks wrote:

betul bro laretha...
dari awal yg saya maksud adalah kompresi sekunder,, karena saya mencontohkannya dengan pengantian kop silinder yg dipapas.

mungkin jika yg dibahas kompresi primer maka akan berhubungan dengan sedot-semprot bensin ke ruang bakar. mungkin sampai aplikasi membran untuk menjaga kompresi primer...

Sip, nampaknya kita semua memang sepakat.

Di depan muncul "sedikit kebingungan" karena kan pada saat kita membahas vespa (vintage, 2 tak),
kok tiba-tiba muncul istilah-istilah seperti seating valve, valve/klep, camshaft, dan timing gear/chain,
tapi nampaknya "sedikit kebingunan" tsb sudah tidak ada lagi,
dan tinggal nunggu waktunya untuk minum kopi dan makan pisang goreng bersama Embarassed
Kembali Ke Atas Go down
koenig blues
Vespa Team Deluxe
koenig blues


Jumlah posting : 1079
Localisation : somewhere peaceful
Registration date : 22.01.10

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyFri 4 Feb 2011 - 12:02

Laretha wrote:
londotrb wrote:

Ironis memang...di satu sisi pembahannya udah jauh, sampe ke karakter mesin ,ddan angka kompresi yang sampe 9,10,11 (angka segini buat 2 tak gak mungkin deh.terkecuali cara ngitungnya seperti 4 tak)


Konon standar kompresi vespa memang lumayan tinggi; PX di kisaran 9,2 : 1

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Kompresivespa
hmm sepertinya kita sedang ditest oleh crew londo tech jogja.. saya rasa sudah cukup dengan apa yang dijabarkan Bung Dwika diatas, tetapi sebaliknya ada baiknya Bung Londo berbagi rahasia kompresi vespa yang konon katanya di televisi bisa mengalahkan motor batangan 2 tak Cool dan apakah bisa membuat vespa bermesin standar rotary dengan karbu 20-20 menjadi kencang dengan piston 57mm hingga setara dengan mereka yang menggunakan piston berukuran diatas 62mm beserta reed valve hanya dengan berbekal kompresi Wink

Kembali Ke Atas Go down
obeth
Bikers
obeth


Jumlah posting : 98
Localisation : LONDO HIGHTECH YOGYAKARTA - Kota Depok
Registration date : 17.11.08

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyFri 4 Feb 2011 - 16:11

Laretha wrote:
Laretha wrote:

So, mungkin bisa kembali baca yang di halaman2 awal, di sana khusus disampaikan mengenai vespa,
dan setelah itu, yang dari berbagai sumber tadi dipilih-pilih saja yang kira-kira sreg dengan keberadaan vespa.
Dengan demikian tidak akan tercampur aduk lagi, dan tidak akan terlalu membingungkan.


Nyambung lagi sedikit, ikut menghangatkan suasana thread ini.

Sempat saya sampaikan bahwa saya lebih menyukai kompresi yang standar saja.
Alasannya, karena saya termasuk tipe orang yang agak malas mencuci vespa,
dan juga agak malas merawat mesinnya secara rutin dan detail.
Selain alasan itu, juga disebabkan oleh pemahaman saya bahwa di mesin vespa
kondisi kompresi primer tidak kalah pentingnya jika dibandingkan dengan kompresi sekunder.

Kompresi primer adalah kompresi yang terjadi di bawah piston,
dan kompresi sekunder adalah kompresi yang terjadi di atas piston.
Jadi, apa yang sudah kita bicarakan bersama dari depan adalah
"kompresi rendah vs kompresi tinggi" yang ada di kompresi sekunder.

Rahasia tenaga mesin 2 tak, termasuk vespa, adalah bukan hanya kompresi sekunder,
melainkan juga pengaturan kompresi primernya, dan knalpot yang dipergunakan.
Karena itu, imho, sebelum kita mempertinggi kompresi sekundernya,
ada baiknya membereskan terlebih dulu kompresi primer dan pembuangannya.
Demikian juga bagi yang telah mempertinggi kompresi sekundernya,
supaya hasilnya lebih maksimal,
ada baiknya memberikan perhatian ekstra bagi kompresi primer dan pembuangannya.








kompresi itu apa ya mas laretha

kalau mau cari kompresi dimana ya ? dan harus pakai merek kompresi apa ya mas laretha ??


Maklum Newbie, baru punya vespa delapan belas
Kembali Ke Atas Go down
magi
Vespa Raiders
magi


Jumlah posting : 341
Localisation : bandung - Yogyakarta,indonesia NRF-IVI 177
Registration date : 02.07.10

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyFri 4 Feb 2011 - 17:17

Maklum Newbie, baru punya vespa delapan belas[/quote]

affraid
Kembali Ke Atas Go down
http://maginugroho@ymail.com
Laretha
Vespa Raiders



Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyFri 4 Feb 2011 - 17:46

obeth wrote:

kompresi itu apa ya mas laretha

kalau mau cari kompresi dimana ya ? dan harus pakai merek kompresi apa ya mas laretha ??


Maklum Newbie, baru punya vespa delapan belas


Mengenai kompresi yang itu, di halaman-halaman depan,
beberapa rekan sudah mensharingkan pemahaman dan cara-cara menghitungnya.

Selain yang itu, setahu saya juga ada kompresi yang lain.
Waktu masih tinggal di Jawa Tengah, pada saat anak tetangga ada yang sakit,
ada tetangga lainnya yang mengatakan,
"itu mbok ya anake di-kompresi dulu, supaya panase turun dan jangan sampe step".

Bro Obeth apakah pernah di-kompresi ama ortu atau tetangga ?
Terus gimana pengaruhnya, apakah setelah di-kompresi larinya jadi tambah cepat ?
Kembali Ke Atas Go down
paradise2307
Vespa Team Junior
paradise2307


Jumlah posting : 799
Age : 55
Localisation : Citayam-Depok
Registration date : 24.07.08

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyFri 4 Feb 2011 - 17:54

Laretha wrote:
obeth wrote:

kompresi itu apa ya mas laretha

kalau mau cari kompresi dimana ya ? dan harus pakai merek kompresi apa ya mas laretha ??


Maklum Newbie, baru punya vespa delapan belas


Mengenai kompresi yang itu, di halaman-halaman depan,
beberapa rekan sudah mensharingkan pemahaman dan cara-cara menghitungnya.

Selain yang itu, setahu saya juga ada kompresi yang lain.
Waktu masih tinggal di Jawa Tengah, pada saat anak tetangga ada yang sakit,
ada tetangga lainnya yang mengatakan,
"itu mbok ya anake di-kompresi dulu, supaya panase turun dan jangan sampe step".

Bro Obeth apakah pernah di-kompresi ama ortu atau tetangga ?
Terus gimana pengaruhnya, apakah setelah di-kompresi larinya jadi tambah cepat ?


Om Laretha gak ngaku Newbie juga wakakakak.......
Kembali Ke Atas Go down
Laretha
Vespa Raiders



Jumlah posting : 494
Registration date : 12.10.09

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyFri 4 Feb 2011 - 17:57

paradise2307 wrote:
Laretha wrote:
obeth wrote:

kompresi itu apa ya mas laretha

kalau mau cari kompresi dimana ya ? dan harus pakai merek kompresi apa ya mas laretha ??


Maklum Newbie, baru punya vespa delapan belas


Mengenai kompresi yang itu, di halaman-halaman depan,
beberapa rekan sudah mensharingkan pemahaman dan cara-cara menghitungnya.

Selain yang itu, setahu saya juga ada kompresi yang lain.
Waktu masih tinggal di Jawa Tengah, pada saat anak tetangga ada yang sakit,
ada tetangga lainnya yang mengatakan,
"itu mbok ya anake di-kompresi dulu, supaya panase turun dan jangan sampe step".

Bro Obeth apakah pernah di-kompresi ama ortu atau tetangga ?
Terus gimana pengaruhnya, apakah setelah di-kompresi larinya jadi tambah cepat ?


Om Laretha gak ngaku Newbie juga wakakakak.......

Ndak ah, kalo newbie terus entar dikompresi ama orang lain,
kan lebih enak kita yang ngompresnya Smile
Kembali Ke Atas Go down
obeth
Bikers
obeth


Jumlah posting : 98
Localisation : LONDO HIGHTECH YOGYAKARTA - Kota Depok
Registration date : 17.11.08

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyFri 4 Feb 2011 - 19:39

oh begitu kaka Laretha,

terimakasih kaka atas ilmu kompres mengkompresnya.

ternyata vespa juga bisa di kompres .... hihi Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
londotrb
Pemula
londotrb


Jumlah posting : 44
Registration date : 30.01.11

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptyFri 4 Feb 2011 - 20:15

obeth wrote:
oh begitu kaka Laretha,

terimakasih kaka atas ilmu kompres mengkompresnya.

ternyata vespa juga bisa di kompres .... hihi Very Happy

Lambemu bet............
Kembali Ke Atas Go down
h3liax
Bikers
h3liax


Jumlah posting : 106
Age : 47
Localisation : Kembangan,Jakarta Barat
Registration date : 03.12.10

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptySat 5 Feb 2011 - 3:26

Laretha wrote:
h3liax wrote:

saya cuman mo sy punya bohay pistonna ada tulisan 4M ?! ..(ini menandakan apa yach ?).

4M itu ukuran dari oversize yang telah dilakukan.

Catatan : mungkin memang lebih enak bikin thread baru aja,
jadi yang mo jawab dan sharing juga lebih leluasa.

Sad

Makasih OM laretha...hee..he...
langsung cabuuttt...... Basketball pale
Kembali Ke Atas Go down
VESPA-CREATOR
Pemula
VESPA-CREATOR


Jumlah posting : 25
Registration date : 20.01.11

kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 EmptySat 5 Feb 2011 - 16:37

Laretha wrote:
londotrb wrote:

Penjelasan yang istimewa bro......
salut..... cuma sayang masih dicampur aduk antara 2 tak dan 4 tak....kan bikin bingung pemula seperti saya.

Lha mau gimana, situ yang nyampur aduk, kemudian situ juga yang dibikin binun.
Dari depan kan tadinya ndak nyampur seperti itu study study

mohon maaf.

saya lupa bilang kalo saya biasa menggeluti vespa standar Drag Race/ Vespa Balap..

Jadi saya sudah membahas standar vespa yang saya ciptakan menggunakan klep, dll.

mungkin kalo anda pernah lihat balapan di pemda atau Taman Mini

anda pasti mengerti penggunaan klep di vespa saya dan juga part2 yang biasa anda jumpai di motor 4 tak akan anda temui di vespa saya.

sekali lagi saya mohon maaf telah membahas terlalu meluas.

DAN JIKA ANDA MENEMUKAN ARTIKEL SERUPA DENGAN POSTINGAN SAYA INI ITU KARENA ARTIKEL ITU MEMANG SAYA YANG MENULIS UNTUK PERTANYAAN SERUPA PADA MESIN 4 TAK.

mohon bimbingannya.


Terakhir diubah oleh VESPA-CREATOR tanggal Sat 5 Feb 2011 - 17:12, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty
PostSubyek: Re: kompresi rendah vs kompresi tinggi   kompresi rendah vs kompresi tinggi - Page 3 Empty

Kembali Ke Atas Go down
 
kompresi rendah vs kompresi tinggi
Kembali Ke Atas 
Halaman 3 dari 5Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
 Similar topics
-
» Bantu ana gan(Kompresi turun)
» WTA.. pasang seher belimbing g dpt kompresi
» Ngepot saat kecepatan tinggi
» halo semuaaaaaa senior" vespa

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ikatan Vespa Indonesia :: Otomotif :: Mesin-
Navigasi: